Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Omzet Tempat Cuci Mobil Pasca Mudik Lebaran Meroket, Untung 3 kali Lipat!

by Firdaus Ali
Omset tempat cuci mobil pasca mudik lebaran

Omzet tempat cuci mobil pasca mudik lebaran naik drastis. Hal ini wajar, sebab pemilik mobil tentunya ingin mobilnya kembali bersih setelah menempuh perjalanan jauh.

Salah satu tempat cuci mobil di Cinere yang kami temui mengungkapkan bahwa harga naik mulai dari tanggal 13 sampai 21 April 2024. Meski kenaikan harganya tergolong wajar tentu membuat omzet tempat cuci mobil satu ini meningkat.

“Harga naik dari tanggal 12 sampai 21 April 2024, ya karena musim lebaran saja. Nanti setelahnya harga normal kembali. Rata-rata naik Rp 5 ribu. Untuk cuci standar sekarang Rp 40 ribu, cuci kolong Rp 45 ribu dan cuci kolong dan mesin Rp 50 ribu. Itu untuk mobil ukuran standar ya, seperti Avanza atau Innova, kalau untuk Alphard dan yang lebih besar lagi harganya beda,” jelas Arifin, kasir tempat cuci mobil di Cinere (19/4).

Tempat Cuci Mobil 24 Jam Terdekat di Jakarta Barat

Arifin juga membeberkan bahwa konsumen yang datang ke tempat cuci mobilnya naik 3 kali lipat. Karenanya sang pemilik tempat cuci mobil juga menambah karyawan sebagai langkah antisipasi.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

“Total tempat kami muat untuk 10 mobil, 5 untuk cuci standar, 3 cuci kolong dan sisanya untuk pengeringan. Ya rata-rata sehari ada lebih dari 100 mobil, kalau weekend bisa 2 kali lipat. Bos saya juga sudah antisipasi dengan menambah karyawan yang langsung didatangkan dari daerah Jawa Tengah,” imbuh Arifin.

Jika kita coba hitung simulasi pendapatan selama 10 hari dari tempat cuci mobil itu bisa mencapai Rp 90 juta. Adapun penghitungannya didapat sebagai berikut:

  • Rp 45.000 (harga cuci 1 mobil standar) x 100 mobil (1 hari) x 10 hari (12-21 April 2024) = Rp 90.000.000,-

Tips Singkat Perawatan Mobil Pasca Mudik Lebaran

Ramainya tempat cuci mobil pasca mudik lebaran merupakan hal yang wajar. Sebab pemilik mobil tentunya ingin kendaraanya kembali bersih dan kempling setelah melakukan perjalanan jauh. Selain dicuci, ada juga hal-hal lain yang wajib diperhatikan pasca mudik, diantaranya adalah:

  • Periksa Oli Mesin

Pelumas punya peran vital untuk melindungi mesin. Volume oli mesin tidak boleh kurang, caranya dengan dengan cek via tongkat pengukur atau dipstick.

Baca juga  6 Cara Cuci Mobil Yang Benar, Jangan Salah Langkah

Pastikan tidak ada perubahan warna oli mesin yang menandakan ada masalah. Apalagi kalau sampai warnanya berubah menjadi coklat susu sebagai indikator pelumas tercampur air.

  • Cek Volume Air Radiator

Dengan tugas utama sebagai pendingin mesin mobil, pastikan air radiator tidak habis dengan mengecek tabung cadangannya. Periksa pula adanya kebocoran pada selang dan rumah radiator. Apalagi ada kemungkinan radiator terkena lontaran kerikil dalam perjalanan mudik.

  • Cek Kondisi Minyak rem

Kemudian tips menjaga mobil tetap prima setelah mudik adalah cek kondisi rem. Rem dapat berfungsi optimal bila minyak rem masih bagus. Pastikan volume minyak rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Omset tempat cuci mobil pasca mudik lebaran naik drastis. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika