oleh

6 Cara Cuci Mobil Yang Benar, Jangan Salah Langkah

Musim penghujan telah tiba, para pemilik mobil tentunya akan melakukan aktivitas mencuci mobil agar tampilannya selalu mengilap. Walau demikian, cara mencuci mobil yang benar tidak bisa sembarangan dilakukan.

Misalnya seperti penggunaan sabun atau sampo mobil, material kain lap, serta lokasi tempat pencucian. Bahkan kualitas air juga menjadi salah satu dari cara cuci mobil yang benar.

Mengulas cara cuci mobil yang benar memang tetap menarik untuk dibahas, sebab kenyataanya masih banyak pemilik mobil yang belum tahu tahapan atau Langkah-langkahnya. Akibatnya mobil bukan menjadi bersih dan mengkilap malah timbul baret tipis atau muncul jamur pada bagian kaca mobil.

“Banyak pemilik mobil masih melakukan kesalahan yang diulang-ulang dalam mencuci mobil. Yang paling sering adalah hanya menggunakan satu kain lap untuk mengeringkan, umumnya hanya menggunakan chamois (kanebo). Padahal untuk mengeringkan mobil yang selesai dicuci setidaknya menggunakan 3 kain lap, untuk bagian bodi, bagian kaca, serta bagian velg dan ban,” terang Afif, salah satu koordinator car wash dibilangan Cirendeu pada Minggu (19/12/2021).

Nah, untuk mengetahui lebih jauh penjelasan mengenai cara cuci mobil yang benar, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan Peralatan Cuci Mobil

cara cuci mobil yang benar
Siapkan peralatan cuci mobil dengan lengkap

Langkah pertama cara cuci mobil yang benar adalah dengan menyiapkan peralatan untuk mencuci mobil. Seperti ember, selang, shampoo mobil, sikat serta kanebo dan beberapa kain lap.

Oh ya, untuk penggunaan sampo mobil juga tidak sembarangan. Jika mobil sering dicuci dan kotorannya ringan maka gunakan sampo yang kandungan deterjennya kecil. Sementara jika mobil jarang dicuci dan kotorannya tergolong bandel gunakan sampo yang kandungan deterjennya lebih tinggi agar mudah merontokkan kotoran yang menempel.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

Kemudian isi salah satu ember dengan air serta tuangkan sampo mobil secukupnya (sesuai anjuran takaran dari produknya). Jangan lupa gunakan selang dengan ukuran panjang cukup agar bisa menjangkau ke semua bagian mobil.

Selain itu, tekanan air dari selang juga harus diperhatikan. Baiknya tekanan air yang keluar dari selang harus cukup kuat agar mudah membersihkan bagian bawah mobil serta merontokkan kotoran yang menempel.

2. Cuci Mobil di Tempat Teduh

cara cuci mobil yang benar
Cuci mobil di tempat yang teduh atau beratap

Setelah menyiapkan semua peralatan, hal penting sebelum melakukan cuci mobil adalah lokasi cuci mobil. Cari tempat teduh yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari secara langsung saat melakukan cuci mobil. Sebab, paparan sinar matahari tersebut bisa menimbulkan kerak dan jamur pada bagian bodi dan kaca mobil.

Lalu jangan pula cuci mobil dalam kondisi mesin masih panas, alias baru saja digunakan. Terlebih untuk mesin dengan teknologi turbo. Hal tersebut justru bisa membuat kerusakaan di bagian mesin. Jadi ada baiknya selain cuci di tempat yang tidak terkena matahari langsung, kamu juga perlu dinginkan mesin terlebih dulu. 

3. Siram/Semprotkan Air ke Seluruh Bagian Mobil

cara cuci mobil yang benar
Semprotkan air bersih ke seluruh bagian mobil

Selanjutnya, lanjutkan dengan semprotkan air melalui selang yang ada ke seluruh bagian mobil. Atur tekanan air sesuai kebutuhan. Misalnya untuk kondisi bodi dan kaca mobil dengan kotoran yang menempel tergolong ringan, tekanan air jangan terlalu kuat.

Baca juga  Cuci Mobil Tanpa Air, Bisa Bersih?

Tapi jika ada kotoran yang membandel menempel di mobil tekanan air bisa ditambahkan agar air yang keluar dari selang bisa lebih kencang. Meski begitu air yang keluar dari selang baiknya diatur dengan settingan menyebar agar tidak merusak cat mobil.

4. Pakai Sampo Mobil

cara cuci mobil yang benar
ilustrasi cuci mobil

Setelah sekujur mobil dipastikan telah disemprot air dengan merata, langkah cara cuci mobil yang benar selanjutnya adalah dengan menyiramkan air sampo. Ingat sampo harus disebar ke seluruh bagian mobil secara merata.

Kemudian lanjutkan dengan menggosok dengan menggunakan busa atau sponge. Oh ya, gunakan busa yang berbeda saat menggosok bagian bodi, ban, dan kaca mobil. Hal tersebut untuk menghindari baret halus pada kaca serta bodi mobil.

“Selain kain lap untuk mengeringkan, pemilik mobil juga masih sering menggunakan busa yang sama untuk menggosok setelah air sampo disiramkan. Itu bisa membuat bagian kaca muncul baret halus. Akan lebih baik menggunakan 3 busa, 1 untuk menggosok bagian kaca, 2 untuk bagian bodi tengah dan atas serta 3 untuk bagian bodi bawah seperti bumper dan area sekitarnya,” imbuh Afif.

5. Bilas Dengan Air Bersih

cara cuci mobil yang benar

Setelah disiram air shampoo dan digosok secara merata, Langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotkan kembali air bersih untuk membilasnya. Semprotkan secara merata dengan tekanan air yang disesuaikan.

Selain bagian bodi, kaca dan atas mobil, bagian velg dan sepatbor juga jangan sampai luput untuk disemprot air bersih. Pastikan semua air shampoo sudah tidak ada yang menempel pada seluruh bagian mobil.

Baca juga  Plus Minus Cuci Mobil Otomatis, Cepat Tapi Kurang Detail

Sebab jika ada yang tertinggal dan mengendap bisa menimbulkan munculnya jamur pada kaca dan bodi mobil.

6. Keringkan Mobil Dengan Beberapa Kain Lap

cara cuci mobil yang benar
Jangan cuma gunakan satu lap untuk mengeringkan mobil setelah dicuci

Langkah terakhir cara cuci mobil yang benar adalah dengan mengeringkan mobil menggunakan kain lap bersih. Gunakan chamois (kanebo) untuk langkah awal mengeringkan mobil. Keringkan dahulu bagian atas mobil yang kemudian dilanjutkan bagian bodi mobil dan terakhir bagian bumper, velg dan ban.

Jangan lupa jika kanebo berubah warna karena menyerap air yang masih ada kotorannya, cuci dahulu kanebo tersebut hingga kondisinya bersih kembali. Untuk bagian kaca mobil, gunakan kain micro fiber untuk menghindari baret pada bagian kacanya.

Itu belum selesai, setelah dilap dengan kanebo secara merata, lap kembali secara merata bagian atas dan bodi mobil dengan menggunakan kain lap bersih berbahan katun. Keringkan secara merata hingga tidak ada air yang mengendap dibagian-bagian sudut mobil seperti sudut pintu dan velg.

Oh ya, jangan lupa buka semua pintu mobil saat proses pengeringan. Kemudian utuk bagian interior copot semua karpet dan cuci bersih. Kemudian gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran-dan debu yang ada.

Oh ya, jangan lupa ban disemir agar tampilannya lebih kece. Namun jangan berlebihan saat menggunakan semir tersebut, secukupnya saja. Sebab jika berlebihan resikonya kotoran akan mudah menempel.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara cuci mobil yang benar. Jangan sampai salah langkah ya. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru