by

Biaya Cat Velg Mobil, Jangan Asal Murah!

Masih banyak pemilik mobil yang yang belum mengetahui biaya cat velg mobil dan akhirnya membiarkan kondisi warna velg menjadi kusam karena faktor usia pakai. Padahal biaya cat velg mobil tidak terlalu mahal.

Bagi pemilik mobil, kondisi velg mobil yang mulai kusam akan membuat risih karena cukup mengganggu dan mempengaruhi penampilan mobil. Beberapa pemiliknya melakukan pengecatan sendiri namun nyatanya hasilnya tidak sesuai ekspektasi.

Mengecat velg mobil memang terlihat mudah, namun jika tidak biasa melakukannya hasilnya tentu kurang memuaskan dan tidak awet. Lebih baik serahkan ke bengkel khusus cat velg mobil atau bisa juga ke toko velg mobil yang menerima jasa pengecatan ulang.

“Selain itu, beberapa pemilik mobil juga ada yang belum tahu bahwa cat velg berbeda dengan repair velg. Dikiranya kalau repair velg itu juga termasuk cat velg, memang beberapa bengkel atau toko velg menawarkan paket reparasi include pengecatan. Namun tidak semua seperti itu, reparasi biayanya sendiri, dan pengecatan juga biayanya sendiri,” kata Sonny selaku pemilik toko velg dibilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan. (17/9/2021).

Kisaran harga pengecatan velg mobil

biaya cat velg mobil
Setidaknya siapkan uang tunai 10 persen dari total biaya perjalanan

Biaya cat velg mobil tergantung dari bagian mana yang akan dicat dan jenis warnanya. Hal tersebut yang mempengaruhi besaran harganya.

Baca juga  Velg Forged Untuk Mobil, Hanya Sultan yang Bisa Beli?

Bengkel atau toko cat yang hasil garapannya rapi, biasanya memang mematok harga agak mahal, itu karena proses pengecatan tidak serta merta langsung disempot namun harus dibongkar dulu velgnya. Nah, proses bongkar velg itu ada biayanya karena tidak bisa sembarangan dilakukan,” imbuh Sonny.

Biaya cat velg mobil satuan

Untuk biaya cat velg mobil umumnya dipatok kisaran Rp 500 ribuan untuk satu velg. Sebelum proses pengecatan, velg akan dibongkar dahulu setiap bagiannya agar hasilnya lebih rapi dan merata.

“Velg itu ada beberapa konstruksi, ada yang satu, dua, bahkan tiga konstruksi. Muka velg dipisahkan dulu, kemudian bibir velg dan dilanjutkan dengn barell velg,” jelas Sonny.

Biaya pengecatan velg mobil paket

Selain dihitung satuan, biaya cat velg mobil juga ada yang menawarkan sistem paket. Umumnya paket yang ditawarkan adalah biaya perbaikan ringan seperti penyok atau peyang, serta polish.

“Untuk paket perbaikan dan cat velg, harga yang dipatok kisaran Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan untuk satu set alias empat velg,” terang Sonny.

Proses pengecatan velg mobil

biaya cat velg mobil
ilustrasi velg mobil

Bongkar konstruksi velg

Langkah pertama dalam melakukan pengecatan velg adalah membongkar konstruksi velg, mulai dari bibir velg, muka velg dan barell velg. Setelah selesai dibongkar kemudian dilanjutkan dengan membersihkan dan mencuci velg agar semua kotoran hilang sebelum dilakukan pengectan.

Baca juga  5 Velg Mobil Terbaik yang Cocok Untuk Modifikator

Menyiapkan cat warna dan menyemprotkan

Setelah velg dicuci dan dibersihkan, kemudian berlanjut dengan menyiapkan komposisi warna yang diinginkan. Setelah itu proses pengecatan bisa dimulai.

“Kasih jarak kurang lebih 10 cm antara alat semprot dan velgnya, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Semprotkan secara merata dan ulang beberapa kali sesuai kebutuhan,” imbuh Sonny.

Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan velg tersebut. Saat benar-benar sudah kering, dilanjutkan dengan menyemprotkan cat penutup atau clear dan kemudian kembali dikeringkan.

Langkah selanjutnya adalah memoles velg dengan cairan khusus agar hasil pengecatan benar-benar optimal dan bertahan lama.

Pemasangan kembali konstruksi velg

Saat proses pengecatan sudah selesai, langkah terakhir adalah memasang kembali konstruksi velg. Pemasangan konstruksi velg juga tidak bisa sembarangan, sebab jika asal-asalan bisa menggores hasil pengecatan pada velg tersebut.

Cara merawat velg agar tetap awet

biaya cat velg mobil
velg harus rajin dibersihkan agar warnanya tetap kinclong

Selain bodi mobil dan interior, bagian kaki-kaki mobil seperti velg juga akan terlihat apik jika dirawat dengan rutin. Karena posisinya dibwah dan memang seringbersentuhan langsung dengan debu dan kotoran lain, maka merawat velg harus sering dilakukan agar warna tetap terjaga dan fungsi velg tetap optimal.

Baca juga  7 Ciri Velg Replika Mobil, Jangan Salah Beli!

Membersihkan velg

Banyak pemilik mobil yang abai untuk urusan membersihkan velg. Karena posisinya di bawah dan rentan terkena kotoran maka velg juga rentan menjadi kusam warnanya jika jarang dibersihkan.

Kotoran yang dibiarkan telalu lama menempel akan susah dihilangkan. Bahkan jika jarang dibersihkan, bagian baut velg juga rentan karatan.

Hindari jalan rusak

Siapapun juga tidak mau melewati jaln rusak saat mengemudikan mobil. namun jika memang diharuskan melewati jalanan yang rusak, baiknya saat melewati jalan yang rusak kecepatan mobil dikurangi alias jangan ngebut.

Hal tersebut tentunya untuk menghindari velg menjadi peyang atau bahkan bisa pecah jika benturan yang terjadi sangat kencang.

Tekanan angin ban sesuai

Tekanan angin pada ban juga salah satu cara merawat velg. Sebab jika tekanan angin telalu rendah maka velg akan cepat rusak yang disebabkan velg akan menoopang bobot mobil tanpa bantuan dari angin yang ada pada ban.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya cat velg mobil. untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru