by

Cara Membuat Shampo Mobil Dengan Biaya Hemat

Cara Membuat Shampo Mobil – Menjaga kebersihan kendaraan tentunya menjadi tugas semua pemilik kendaraan, baik mobil maupun motor. Jika kondisi bersih, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri buat kamu.

Di samping itu, mobil berpenampilan bersih juga bisa enak dipandang. Bukan cuma oleh kamu, tapi juga oleh orang lain yang melihatnya. Tidak lupa, kebersihan kendaraan juga mampu meningkatkan kepercayaan diri saat berkendara.

Di Indonesia, mobil masih tergolong sebagai barang mewah, yang memiliki harga mahal. Oleh karenanya, kamu wajib merawat agar tidak sia-sia sudah mengeluarkan banyak uang untuk beli mobil. 

Perawatan paling simple tentunya di bagian luar kendaraan atau eksterior. Cara mudahnya dengan rajin mencuci, terlebih saat kendaraan habis terkena hujan atau lumpur. Tentunya dalam proses mencuci kendaraan, dibutuhkan bahan pembersih khusus atau yang juga dikenal dengan shampo mobil.

Racik Shampo Mobil di Rumah

Shampo mobil atau car wash soap, bisa juga digunakan untuk mencuci motor. Menariknya dalam memperoleh shampo mobil, tidak melulu dengan cara beli. Kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Cara membuat shampo mobil pun  mudah dan dapat lakukan di rumah. Bahan-bahan untuk membuat shampoo mobil juga mudah didapatkan dipasaran. Kamu bisa membeli dari berbagai macam merek, harganya pun ternyata terjangkau.

Dengan membuat shampo mobil sendiri, tentunya bisa lebih hemat. Bahkan bisa kita jadikan sebagai ladang usaha. Tinggal pasarkan secara online, kemungkinan shampo mobil buatan kamu dibeli orang semakin tinggi.

Daftar bahan-bahan membuat shampoo mobil dan cara yang wajib diketahui:

  1. Caustic Soda 5.5 gr
  2. ABS (Alkyl Benzene Sulfonat) 50 gr
  3. Cottoclarine BM 120 gr
  4. Sodium Sulfat 60 gr
  5. Dewisil Liquid 1 cc
  6. Aquadest 890 cc
  7. Enzym AR 2 gr
  8. Trilon 0.5 gr
  9. Dimethicone 350 cps 3 cc
  10. Silbione 3 cc
  11. TX-100 30 cc
  12. Emulgent T 5 cc
  13. Sodium Chloride 5 gr
  14. Pewarna Biru Acid Stable secukupnya
Baca juga  7 Tips Berkendara Aman Saat Hujan untuk Pengendara Mobil

Tahapan Cara Membuat Shampo Mobil

cara membuat shampo mobil
Membuat shampo mobil bisa dilakukan di rumah

Cara membuat shampo mobil yang pertama, siapkan Caustic Soda sebanyak 5.5 gr + Aquadest 100 cc, lalu aduk hingga larut. Selanjutnya kamu bisa tambahkan ABS 50 gr, aduk kembali hingga rata.

Setelah rata, masukan Cottoclarine BM 120 gr dan kembali aduk hingga larutan rata. Langkah selanjutnya kamu siapkan Sodium Cloride sebanyak 5 gr + 100 cc Aquadest dan lakukan pengadukan hingga merata.

Pastikan seluruh bahan-bahan sudah larut, dan kamu bisa menyiapkan Enzym AR 2 gr + Trilon 0.5 gr + Sodium Sulfat 60 gr + Aquadest 690 cc. Tak lupa kamu juga bisa masukan Dewisil Liquid, lalu aduk kembali hingga larut.

Seluruh larutan yang sudah kamu campurkan, pastikan sudah larut. Hingga akhirnya kamu bisa menambahkan Dimethicone 350 cps = 3 cc, lalu masukan Silbione 3 cc dan aduk kembali hingga rata secara menyeluruh.

Langkah selanjutnya larutan yang sudah kamu lakukan, bisa ditambahkan TX100 sebanyak 30 cc, dan aduk kembali sampai merata. Dilanjutkan kamu bisa masukkan Emulgent T 5 cc , dan pewarna secukupnya, lalu aduk.

Bila ingin menghasilkan busa berwarna kamu bisa campurkan EDTA sebanyak 20 gr.

Mengenal bahan-bahan yang digunakan untuk membuat shampo mobil

bahan-bahan membuat shampo mobil

  • Caustic Soda merupakan basa kuat, yang berfungsi sebagai penetral ABS.
  • ABS (Alkyl Benzene Sulfonat) adalah bahan pembentuk sabun, bila direaksikan dengan caustic soda akan menghasilkan base sabun dan berfungsi sebagai pembersih yang kuat dan berbusa banyak.
  • Cottoclarine BM adalah surfactant yang digunakan untuk membersihkan kotoran dan merupakan bahan pembersih yang menghasilkan busa dengan gelembung besar.
  • Sodium Sulfat bertugas untuk membantu proses pelarutan ABS dan membantu untuk mengentalkan.
  • Dewisil Liquid sebagai pengawet shampo mobil.
  • Enzym AR. Berfungsi sebagai pelarut kotoran/debu yang menempel pada kendaraan dan menjaga agar debu yang sudah terlarut dalam air tidak menempel lagi.
  • Trilon, tugas utamanya membantu mengikat ion-ion.
  • Dimethicone 350 cps, merupakan bahan pengkilap yang bisa mengkilapkan mobil, sifatnya sulit larut dalam shampoo mobil. Untuk itu dalam penggunaannya bisa digabung dengan silbione.
  • Silbione adalah dimethicone copolyol yang berfungsi untuk mengkilapkan mobil. Bisa larut dalam air, tapi harganya lebih mahal dari pada dimethicone.
  • TX-100, merupakan surfactant non ionic yang mempunyai daya bersih dan sekaligus bisa mengkilapkan mobil. Busanya sedikit dan bersifat kesat.
  • Emulgent T, memiliki fungsi untuk menetralkan pH shampoo mobil, agar tidak terjadi korosive pada mobil yang digunakan.
  • Sodium Chloride, bertugas membantu proses pelarutan cottoclarine ke dalam air dan juga membantu untuk mengentalkan.
  • Aquades, berfungsi sebagai pelarut bahan-bahan dasar pembuatan shampoo mobil.
Baca juga  Ketahui Fungsi Power Steering dan Cara Merawatnya

Alternatif bahan membuat shampo mobil yang Lebih Sederhana

Shampo mobil
Shampo mobil menggunakan bahan dengan bujet efisien

Membuat shampo mobil, ternyata bisa menggunakan cara yang lebih sederhana. Bahan-bahan tersebut mungkin kamu gunakan sehari-hari. Biaya untuk membuatnya ternyata lebih ekonomis.

Pun begitu, busa yang dihasilkan ternyata cukup maksimal dan hasil pencucian ternyata memuaskan. Hasilnya mirip dengan cuci salju yang mungkin kamu temui di jasa pencucian mobil.

Setidaknya dengan membuat bahan sendiri tentunya kamu, bisa lebih ekonomis dan juga lebih puas dalam merawat kendaraan kamu.

Terlebih jika untuk usaha saja pencucian mobil yang mungkin sedang kamu rintis. Mungkin dapat sangat bermanfaat, karena dengan bujet minim kamu bisa menghasilkan shampo atau cuci salju. Dengan bahan sederhana. Bahannya pun sangat mudah didapat.

Ingin tahu cara membuat shampo mobil dengan bahan sederhana, simak tulisan di bawah ini:

Bahan-bahan alternatif dalam membuat shampo mobil

  • Wings Biru atau Sunlight
  • Rinso 1 sachet
  • Shampo Pantene atau Lifeboy 1 sachet
  • Minyak goreng 10 sendok makan
  • Gliserin 100 ml (jika ada)
  • Garam 250 gram
  • Molto atau Downy 1 sachet
Baca juga  Beda Surat Tilang Biru dan Merah? Kamu Wajib Tahu

Alat yang perlu dipersiapkan

  1. Panci
  2. Wadah Penampan
  3. Pengaduk
  4. Botol Kemasan 1500ml

Cara Membuat Shampo Dengan Bahan Seadanya

Mencuci mobil
Mencuci mobil dapat meningkatkan tampilan

Siapkan air panas 1 liter, lalu larutkan dulu Wings biru dan Rinso kedalam air panas. Kamu harus mengira-ngira, tidak sampai 1 liter.

Cara membuat shampo mobil yang sederhana selanjutnya, tambahkan garam, minyak goreng, dan gliserin. Jika gliserin tidak ada pun tak apa-apa, karena gliserin hanya bertugas sebagai pelembut saja.

Pastikan seluruhnya sudah masuk, lalu aduk seluruh bahan-bahan hingga larut. Setelah itu kamu bisa tambahkan shampo pantene atau lifeboy dan molto sebagai pewangi.

Bila terlihat sudah merata, tambahkan sedikit air panas lagi dan kamu bisa menambahkan air sekitar 5 liter. Setelah itu kemas dalam botol air mineral besar, dan selanjutnya bisa kamu gunakan.

Untuk memaksimalkan busa pada air, sebaiknya kamu simpan selama 2 hari terlebih dahulu, baru digunakan. Karena semakin lama tersimpan, busa yang di hasilkan semakin melimpah.

Jika ingin membuat shampoo mobil dengan skala besar, mungkin trik paling mudah kamu bisa tambahkan bahan-bahannya, seperti 1 botol Shampo ukuran 10ml atau 100ml, 1 Wing sachet atau sunlight 10ml.

Siapkan juga 2 buah Rinso Sachet, 100 ml minyak goreng, 100 ml Gliserin, 250 gr Garam, 2 sachet Molto atau Downy, dan 10 liter air.

Kalau kamu ingin menghasilkan larutan yang kental, bisa menambahkan pengental seperti bahan Camperlan.

Semoga tips mengenai cara membuat shampo mobil ini dapat bermanfaat buat kamu. Selama mencoba!

Baca juga: 

Terbaru