oleh

5 Cara Ampuh Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Sebagai salah satu pelindung pada mobil, kaca merupakan komponen yang penting dan patut diperhatikan perawatannya. Jangan sampai ada baret pada kaca mobil, karena dapat mengganggu pandangan kamu dalam berkendara.

Tidak selamanya baret tampak sebagai tanda garis. Ada pula indikasi lain yang sering dihadapi oleh pemilk mobil, seperti kaca kusam. Kondisi ini sebenarnya baret pada kaca, tapi memang tidak terlalu parah.

Penyebab paling umum baret pada kaca mobil adalah penggunaan wiper. Alat penyeka air hujan ini, kalau karetnya sudah getas, bisa menyebabkan goresan di kaca. Oleh karenanya, rajinlah merawat wiper dan ganti karet penyeka secara berkala.

Jika kaca mobil kamu sudah terlajur baret atau tergores, apa yang harus dilakukan? Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk menghilangkan baret pada kaca mobil.

Diharapkan dengan tips ringan ini, kamu bisa kembali mendapatkan pandang menjaga pandangan yang lebih jelas saat berkendara.

Tips yang kami berikan ini tidak sulit, kamu sebagai pemilik mobil, secara mudah mampu mengaplikasikan dan mencobanya di rumah sewaktu senggang. Terlebih, alat yang perlu dipersiapkan tidaklah susah, melainkan bisa didapat dari sekitar kamu.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sampaikan 5 tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan baret kaca mobil:

Baca juga  5 Cara Parkir Mundur yang Mudah Untuk Pemula

1. Kompon Bisa Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Tips hilangkan baret pada kaca mobil
Kompon bisa digunakan untuk menghilangkan baret kaca mobil

Salah satu cara yang sering digunakan untuk memperbaiki kaca mobil yang baret adalah dengan menggunakan kompon. Penggunaan kompon ini selain bisa memperbaiki bodi mobil yang tergores, juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil.

Penggunaan kompon sebagai penghilang baret sudah banyak yang merekomnedasikan, mulai dari orang biasa sampai pemilik salon kecantikan mobil.

Untuk penggunaannya, tuangkan kompon secukupnya pada kaca yang baret tersebut. Setelah itu, kamu bisa mulai mengelap kaca yang sudah dilapisi kompon dengan cara perlahan. Ingat, penggunaan kompon untuk kaca tersebut jangan terlalu banyak.

Gunakan secukupnya, karena kompon ini memiliki kandungan minyak yang cukup banyak. Meski bisa mengembalikan kaca yang baret, namun jika penggunaan kompon terlalu banyak akan menimbulkan efek kusam akibat kandungan minyak dalam kompon tersebut.

2. Coba Pakai Pasta Gigi 

Tips bersihkan baret pada kaca mobil
Pasta gigi bisa untuk mengikis baret kaca mobil

Selain kompon yang bisa menghilangkan baret pada kaca mobil, tips lainnya yang dapat kamu coba adalah menggunakan pasta gigi yang biasa kita gunakan untuk menggosok gigi. Penggunaan odol ini juga banyak direkomendasikan oleh orang yang sudah membuktikan bahwa cara ini terbukti ampuh.

Dalam mengoleskan pasta gigi untuk menghilangkan baret, kamu juga harus menggunakan seperlunya. Setelah diolehkan ke permukaan kaca, usaplah permukaan kaca tersebut dengan lap kering yang lembut dengan perlahan, sampai baret hilang.

Baca juga  6 Rekomendasi Derek Mobil 24 Jam, Catat Teleponnya!

Jika baret pada kaca mobil belum hilang, kamu harus mengulangnya lagi sampai baret tersebut hilang dari permukaan kaca.

3. Cerium Oxide Ampuh Untuk Hilangkan Baret Kaca Mobil

Cerium Oxcide bisa bersihkan baret pada kaca mobil
Cerium Oxcide bisa bersihkan baret pada kaca mobil

Selain kompon dan pasta gigi yang bisa dipercaya untuk menghilangkan baret pada kaca mobil selanjutnya adalah cerium oxide. Bahan kimia ini berbentuk serbuk, di mana penggunaannya biasanya ditujukan untuk membuat kaca mobil lebih mengkilap.

Namun, bahan ini juga memiliki fungsi lain dan dipercaya mampu membersihkan baret pada kaca mobil. Dalam penggunaannya, pertama-tama kamu harus membersihkan kaca tersebut dari debu dan kotoran.

Setelah kaca dibersihkan, campurkan cerium oxide ini dengan air secukupnya dan usahakan jangan terlalu kental. Setelah dicampur, kamu bisa langsung memoleskan cairan ini dengan menggunakan kain microfiber sembari ditekan yang bertujuan untuk memasukan cairan tersebut ke dalam baret kaca tersebut.

4. Gunakan Amonia 

Ammonia bisa hilangkan baret pada kaca
Amonia bisa hilangkan baret pada kaca

Cara lain yang juga bisa diaplikasikan dalam menghilangkan baret pada kaca adalah menggunakan cairan amonia. Dalam penggunaannya, cairan ini merupakan cairan kimia yang keras, sehingga kamu harus berhati-hati saat memoleskan cairan ini ke permukaan kaca.

Baca juga  4 Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Tertutup Rapat

Mengenai takarannya, kamu dapat mencampurkan setengah liter air dengan setengah ons amonia lalu diaduk sampai larut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan kain lembut dan celupkan kedalam gabungan cairan amonia yang sudah dicampur dengan air tadi.

Selanjutnya kamu boleh menggosokkan kain ke bagian kaca yang terdapat goresan. Ulangi proses penggosokan amonia dengan kain jika baret pada kaca belum juga pudar.

5. Kunjungi Bengkel Sebagai Cara Terakhir

tips hilangkan baret pada kaca
untuk hasil terbaik kunjungi bengkel untuk bersihkan baret pada kaca

Meski kami sudah memberikan beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil, namun kamu juga harus memperhatikan seberapa parah baret yang ada pada kaca tersebut. Ketika baret yang ada di kaca masih terbilang minor, mungkin masih bisa dilakukan dengan empat cara di atas.

Tetapi, jika baret yang ada di kaca mobil kamu sudah cukup parah, sejatinya kamu harus mendatangi workshop atau bengkel kaca terdekat. Hal ini juga untuk meminimalisir adanya kerusakan lagi ketika kamu melakukan perawatan sendiri.

Dengan mengunjungi bengkel terdekat, kamu juga tinggal terima beres karena pekerjaannya juga akan maksimal. Hanya saja memang ada biaya yang perlu dikeluarkan lebih banyak, dibanding melakukannya secara mandiri.

Untuk informasi terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru