Thursday, February 9, 2023
Banner

5 Cara Cuci Mesin Mobil yang Aman, Mudah Banget!

by Tigor Sihombing
cara cuci mesin mobil

Berikut kami sampaikan cara cuci mesin mobil yang aman, serta mudah dikerjakan sendiri dari rumah. Apalagi saat ini, mungkin sebagian dari kita baru saja menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga.

Biasanya dalam saat liburan, kita menggunakan mobil dengan jarak tempuh ratusan hingga ribuan kilometer untuk menuju tempat-tampat wisata terbaik. Sesudahnya, tentu saja mobil akan kotor setelah melewati rute dengan berbagai macam kondisi medan.

Nah ritual yang wajib dilakukan setelah ini tentu saja mencuci mobil. Tapi selain kolong, bodi mobil, komponen mesin juga harus mendapatkan perhatian. Salah satu cara merawat mesin adalah dengan mencucinya, agar tidak kotor dan berdebu.

Mesin mobil yang bersih, sesungguhnya mencerminkan mobil yang kondisinya prima. Selain itu, ruang mesin yang bersih juga mencegah permasalhan lain seperti menjadi sarang tikus, atau bahkan serangga yang bisa mengakibatkan kerusakan di sistem kelistrikan.

Mesin Mobil Boleh Dicuci?

Permasalahannya, memang boleh mencuci mesin mobil? Pemilik mobil terkadang ragu untuk mencuci ruang mesin mobilnya sendiri. Padahal hal ini harus dilakukan, tapi dengan cara yang aman dan benar.

Oleh karena itulah, kami beberkan tips cuci mesin mobil secara detail lewat artikel ini. Sebelum mencuci, akan lebih baik persiapkan dulu peralatan yang bakal kamu gunakan. Sebut saja ada lap microfiber, sabun khusus cuci mobil, dan kuas kecil untuk angkat kotoran di celah-celah pinggir mesin. Untuk lebih lengkapnya berikut cara mencuci mesin mobil yang aman:

Baca juga  Biaya Perbaikan Kaca Mobil Retak, Murah!

1. Pastikan Karet – Karet Seal Tidak Getas

Seal Mesin dan soket

Pastikan juga soket-soket serta relay kelistrikan yang berada dalam ruang mesin masih merekat kencang.

Mengutip laman Auto2000, cara cuci mesin mobil dengan aman yang pertama adalah dengan memastikan karet – karet seal yang menutupi beberapa komponen pada mesin tidak getas. Pasalnya bila getas, saat dicuci bisa menyebabkan kebocoran dan mengakibatkan kerusakan.

Jadi, kamu pastikan dulu kondisi karet-karet di area mesin aman, terlebih untuk mobil-mobil tua. Hal ini tentunya untuk mencegah jangan sampai air meresap ke beberapa komponen pada mesin mobil. Selain itu pastikan juga soket-soket kelistrikan yang berada dalam ruang mesin masih merekat kencang.

Di dalam ruang mesin juga terdapat rumah relay. Nah, rumah relay ini bagi beberapa mobil yang sudah berumur tutupnya sering mengalami getas, dan tidak mengunci sempurna. Jika kondisinya sudah demikian sebaiknya lebih berhati-hati, dengan cara membungkusnya dengan plastik agar tidak terkena air.

Selanjutnya perhatikan posisi lubang intake, supaya tidak dilalui air. Untuk aki, serta alternator selama dialiri air yang mengalir tidak perlu dikhawatirkan. Asalkan dilap kembali sampai benar-benar kering.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

2. Siram Dengan Air Mengalir dan Sabunkan

cara cuci mesin mobil

Gunakan cairan pembersih khusus mobil dengan kandungan PH seimbang. Berbeda dengan cairan pembersih piring atau pakaian yang cenderung asam.

Tips Mencuci mesin mobil yang terbaik adalah dalam kondisi mesin yang dingin. Setelah memastikan hal itu, langsung siram mesin dengan air mengalir.

Selanjutnya mulailah dengan menyabuni mesin dan beberapa komponen di sekitarnya dengan lap microfiber. Untuk celah-celah yang sulit dijangkau, sebaiknya gunakan kuas kecil. Dengan kuas, kotoran di sela-sela mesin bisa terangkat dengan baik, sehingga setelah dicuci, mesin mobil jadi bersih sempurna.

3. Segera Bilas Mesin Mobil

cara cuci mesin mobil

Dengan membilasnya secara langsung meminimalisir hal tersebut, makanya perlu dilakukan berulang-ulang hingga semua komponen rata dibersihkan.

Jangan sampai mengering, sebaiknya bilas mesin dengan air mengalir agar tidak meninggalkan bercak sabun. Selanjutnya kembali lanjutkan membersihkan komponen-komponen di sekitar mesin lainnya, dan ulangi sampai ruang mesin dan kap benar-benar bersih.

Kenapa dilakukan secara bertahap dan berkali-kali, supaya sabun tidak terlalu lama menempel pada mesin dan tidak mengering. Dengan membilasnya secara langsung, meminimalisir hal tersebut, makanya perlu dilakukan berulang-ulang hingga semua komponen mesin rata dibersihkan.

Baca juga  5 Daftar Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir

4. Keringkan Mesin Mobil dengan Lap Microfiber

cara cuci mesin mobil

Proses mengeringkan bagian mesin memang harus dilakukan dengan tidak tergesa-gesa. Hal ini supaya air-air yang menempel pada cekah dan kabel-kabel mesin kering seluruhnya.

Setelah mesin mobil benar-benar bersih, langsung bilas dengan air. Selanjutnya keringkan dan lap menggunakan kain microfiber yang banyak tersedia di pasaran.

Selanjutnya pastikan kondisi mesin sudah kering dan tidak ada air yang tersisa. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan korsleting pada mesin mobil kamu. Cek bagian soket atau konektor. Pastikan celah-celah komponen-komponen juga sudah mengering.

Proses mengeringkan bagian mesin memang harus dilakukan dengan tidak tergesa-gesa. Hal ini supaya air-air yang menempel pada cekah dan kabel-kabel mesin kering seluruhnya.

5. Nyalakan Mesin

cara cuci mesin mobil

Tidak ada salahnya juga untuk menyalakan AC agar kompresos berputar dan air-air pada kipas dan belt bisa kering seutuhnya.

Setelah mesin dan kap mobil bagain dalam sudah dilap kering, ada baiknya memanaskan mobil dengan menutup kembali kap mesinnya.

Hal ini supaya ruang meisn menjadi panas dan menjatuhkan sisa-sisa air yang menempel pada bagian mesin yang sulit dijangkau. Tidak ada salahnya juga untuk menyalakan AC agar kompresos berputar dan air-air pada kipas dan belt bisa kering seutuhnya.

Demikian ulasan terkait cara cuci mesin mobil. Kiranya bisa menjadi sumber panduan dalam mencuci mesin mobil sendiri di rumah dengan aman. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika