Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

13 Rekomendasi Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Pas Buat Keluarga!

by Deni Ferlindungan
mobil bekas Rp 70 jutaan

Kamu sedang cari mobil bekas Rp 70 jutaan? Tenang saja, uang segitu sudah lebih dari cukup untuk memiliki kendaraan impian. 

Beragam mobil bekas dengan harga Rp 70 jutaan dijajakan di Indonesia, mulai dari model city car, hatchback, sampai dengan MPV keluarga yang punya 3 baris bangku. Jika mencari tahun muda, bisa pilih mobil-mobil low cost green car (LCGC) yang memang dari model barunya saja sudah dijual murah.

Kemudian untuk pilihan transmisinya, banyak pula mobil matic Rp 70 jutaan yang bisa dipilih seperti contohnya Nissan Grand Livina lansiran 2008 hingga Toyota Avanza G tahun 2004. Jadi, kamu tidak terpatok dengan mobil transmisi manual saja.

Penasaran dengan daftar kendaraan yang dapat kamu pilih? Berikut rekomendasi 10 mobil bekas harga Rp 70 jutaan. Kami juga memberi penjelasan soal keunggulannya. Simak bahasan lengkap di bawah ini:

1. Nissan Grand Livina 1.5 XV 2008

Mobil Bekas Rp 70 Jutaan

Nissan Grand Livina, mobil keluarga yang harganya sudah di bawah Rp 100 jutaan

Rekomendasi mobil bekas Rp 70 jutaan yang pertama adalah Nissan Grand Livina 1.5 varian XV produksi 2008. Berdasarkan penelusuran Moladin, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 70 juta – 85 jutaan. Semua itu tergantung kondisi mobil yang dijajakan.

Grand Livina XV memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya mampu menampung banyak penumpang. Pasalnya Nissan Grand Livina memiliki konfigurasi bangku 3 baris, yang mampu menampung hingga 7-penumpang. Dari sisi kabinnya pun cukup lapang untuk mengakomodir kebutuhan keluarga.

Kelebihan mobil ini adalah dari sisi kenyamanan kabin. Bila kondisinya bagus, berada di dalam rasanya begitu senyap. Kemudian bantingan suspensinya juga sangat berkualitas.

Hanya saja, salah satu kekurangannya adalah performa. Kebanyakan masalah yang ditemui adalah mesin ngelitik. Padahal dari sisi kapasitas sudah cukup.

Di atas kertas mesin berkapasitas 1.498 cc 4-silinder bertenaga maksimal 100 PS yang bekerja pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncak data pabrikan mencatat 134 Nm pada 4.000 rpm.

Digabungkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Selain itu kamu juga bisa pilih mobil matic Rp 70 jutaan lainnya dari Nissan Livina, misal yang type X-Gear dengan pilihan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan, dengam harga serupa.

Kalau akhirnya jadi beli. Biasanya, kamu perlu siapkan uang lebih untuk membereskan persoalan mesin ngelitik. Persoalan lain adalah kaki-kaki. Maka dari itu, test drive dulu sebelum benar-benar menggelontorkan uang.

2. Suzuki Splash GL 2011

Suzuki Splash GL 2011 pilihan mobil seharga Rp 70 jutaan

Suzuki Splash, city car lawas yang kini harganya murah

Pilihan mobil kedua dengan bujet Rp 70 jutaan mungkin kamu bisa memilih Suzuki Splash varian GL lansiran 2011. Rata-rata mobil ini dipasarkan dengan banderol mulai Rp 72 juta hingga Rp 89 jutaan.

Suzuki Splash GL 2011 memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Hal ini beralasan, mengingat mesin yang ditawarkan hanya berkubikasi 1.197 cc 4 silinder. Tenaga yang dihasilkan sebesar 85 ps dengan torsi 113 Nm.

Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan oleh Suzuki Splash berkat hadirnya teknologi drive-by-wire dan sistem sensor ECM (electronic control module).

Buat kamu yang menginginkan mobil dengan bodi yang simple dan kecil, rasanya Suzuki Splash bisa jadi salah satu pilihan. Karena dari sisi desain pun masih cukup modern, serta sudah dilengkapi dengan sejumlah teknologi terkini.

3. Daihatsu Xenia Li 2007

Daihatsu Xenia Li 2007

Xenia Li 2007

Mobil keluarga Rp 70 jutaan yang wajib dipertimbangkan lainnya adalah Daihatsu Xenia bekas tahun 2007. Menyoal durabilitas, tentunya Daihatsu Xenia dikenal memiliki mesin yang ‘bandel’.

Jika kamu memiliki bujet sekitar Rp 67 juta hingga Rp 75 jutaan, kamu bisa meminang Daihatsu Xenia Li produksi 2007. Inilah rekomendasi mobil bekas Rp 70 jutaan selanjutnya. 

Kelebihan Xenia, perawatan tentu lebih mudah, karena suku cadang untuk mobil ini mudah dicari dan harganya tergolong terjangkau. Daya tampungnya penumpang pun mencapai 7-orang. Biasanya mobil satu ini kerap menjadi salah satu pilihan masyarakat yang mendambakan mobil keluarga yang efisien.

Baca juga  5 Tips Beli Mitsubishi Pajero Sport Bekas, Agar Tidak Menyesal

Konsumsi bahan bakarnya pun irit, karena masih menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 62 hp dan torsi 90 Nm.

Meski secara kapasitas mesin kecil, namun kamu tak perlu khawatir dengan performa mesin mobil ini. Karena masih kuat melewati jalanan menanjak ataupun turunan. Hal ini disebabkan Xenia masih menggunakan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

4. Toyota Avanza G 2004

Toyota Avanza G 2004

Avanza G 2004

Toyota Avanza bekas ternyata harganya lumayan terjangkau. MPV ini masuk dalam kategori mobil 3 baris Rp 70 jutaan. Lebih khususnya untuk Toyota Avanza G lansiran 2004, yang saat ini dipasarkan dengan harga Rp 71 juta hingga Rp 83 jutaan.

Avanza lawas ini tentunya bisa jadi salah satu solusi buat kamu yang menginginkan mobil keluarga dengan harga terjangkau. Sama seperti Daihatsu Xenia perawatannya mobil satu ini juga tentunya mudah.

Ketersediaan suku cadang dari berbagai merek pun bisa kamu dapatkan dengan mudah. Selain itu, sejumlah fitur yang sudah tersedia di mobil ini meliputi fitur AC Double Blower untuk menunjang kenyamanan di dalam kabin.

Toyota Avanza dilengkapi dengan mesin berkode K3-VE berkapasitas 1.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimal sebesar 120 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Lalu untuk transmisi tersedia opsi manual dan matik.

Bagaimana, tertarik dengan Toyota Avanza bekas Rp 70 jutaan? 

5. Datsun Go+ Panca 2014-2015

Datsun Go Panca 2014

Datsun Go Panca+ Panca salah satu pelopor LCGC di Indonesia

Mobil bekas harga Rp 70 jutaan selanjutnya datang dari kelas Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan. Biasanya mobil ini dipilih oleh masyarakat yang ingin upgrade dari kendaraan roda dua ke roda empat. Satu di antara LCGC yang mungkin bisa jadi pilihan adalah Datsun Go+ seken produksi 2015.

Kondisi bekas, Datsun Go+ Panca biasa ditawarkan dengan banderol Rp 62 juta hingga Rp 85 jutaan. Kembali lagi, tergantung dengan kondisi mobil yang dipasarkan.

Terlebih mobil keluarga ini sudah tidak dipasarkan di Indonesia. Alhasil Datsun Go+ Panca bisa jadi koleksi kamu yang menginginkan mobil murah, yang lumayan oke menunjang kebutuhan sehari-hari.

Datsun Go Panca dibekali dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1.198 cc yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 67 hp dengan torsi 104 Nm. Untuk urusan kenyamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur power steering untuk menunjang kenyamanan berkendara.

Mobil bekas harga Rp 70 jutaan ini punya kapasitas angkut penumpang hingga 7-orang penumpang dan punya 3 baris bangku. Dengan kata lain, Datsun Go+ Panca lumayan baik untuk digunakan sebagai transportasi sehari-hari untuk keluarga.

6. Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R

Karimun Wagon R produksi 2014-2016 dijual mulai Rp 60 jutaan

Suzuki Karimun Wagon R jadi salah satu mobil LCGC terbaik di Indonesia saat ini. Mobil ini menawarkan desain mungil yang cocok dipakai dijalanan perkotaan yang padat dan sering macet.

Dalam kondisi bekas, untuk Suzuki Karimun Wagon R produksi 2014-2016 dijual dengan harga Rp 60 juta sampai Rp 79 jutaan.

Karimun Wagon R memiliki mesin yang efisien untuk urusan konsumsi bahan bakarnya. Tak hanya itu, sejumlah fitur juga sudah tersedia seperti AC head unit double din untuk varian GX, sementara pada varian GL masih single din yang terkoneksi dengan USB, Aux, radio dan CD.

Di varian GA masih radio standar, namun sudah terintegrasi dengan USB. Lumayan menghibur ketika menghadapi kepadatan Ibu Kota.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Eropa Bekas

Wagon R dipersenjatai mesin berkode K10B berkapasitas 988cc 3-silinder DOHC yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 68 dk dengan torsi 90 Nm.

Lansiran 2015 ke atas, sudah tersedia dua pilihan, yakni transmisi 5-percepatan manual dan juga AGS (Auto Gear Shift).

7. Daihatsu Ayla X 2015

Daihatsu Ayla X 2015, pilihan mobil seharga Rp 70 jutaan

Daihatsu Ayla X 2015

Pilihan mobil bekas harga Rp 70 jutaan yang ketujuh adalah Daihatsu Ayla tipe X keluaran 2015. Kendaraan ini merupakan kelas LCGC, sekaligus rival kuat Datsun Go Panca dan juga Suzuki Karimun Wagon R. Harga yang ditawarkan dengan banderol Rp 74 juta hingga Rp 84 juta.

Apabila kamu ingin menebus Daihatsu Ayla X 2015, mobil ini dijejali mesin bertipe 1KR-DE EFI, berkapasitas 998 cc 3 silinder DOHC dengan tenaga yang sebesar 65 dk dengan torsi 85,3 Nm. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi manual dan otomatis.

Daihatsu Ayla juga nyaman dikendarai dan perawatannya tergolong sangat mudah. Terlebih suku cadang mudah di cari dan harganya cukup murah.

Ayla tipe X sudah dilengkapi dengan gril dengan aksen krom, spoiler, side body moulding, fog lamp, electric mirror, black out pillar dan pelek berukuran 14 inci model 6 spokes alloy.

Interiornya menawarkan head unit single din, yang sudah terkoneksi dengan USB, AUX, radio, dan CD.

8. Honda Jazz produksi 2006 

Honda Jazz 2006 mobil seharga Rp 70 jutaan

Honda Jazz kini banyak dicari karena desainnya yang khas anak muda

Honda Jazz keluaran 2006 kini harganya sudah cukup terjangkau. Buat kamu yang ingin membeli mobil berjenis hatchback, tentunya mobil ini bisa jadi pilihan. Harganya berkisar Rp 72 juta hingga Rp 80 jutaan.

Mengingat dari sisi teknologi yang ditawarkan sudah mumpuni. Di mana Honda Jazz 2006 dilengkapi teknologi i-DSI yang dikenal memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit.

Pabrikan pun mendesain mobil ni dengan kabin yang cukup luas dan memiliki kemampuan akselerasi responsif dengan mengandalkan mesin 1.5 Liter 4 Silinder 16 Katup SOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 87 dk dengan torsi sebesar 128 Nm.

Dari sisi interior pun sudah cukup nyaman, karena sudah dilengkapi dengan head unit model double din. Jadi bisa menunjang kenyamanan ketika berkendara.

9. Toyota Vios G 2004

mobil bekas Rp 70 jutaan

Toyota Vios kini sudah dijual di bawah Rp 100 juta

Punya mobil sedan, dengan harga Rp 70 jutaan, bukan hanya mimpi saja. Karena Toyota Vios tipe G produksi 2004 kini dipasarkan dengan rentang harga Rp 60 juta hingga Rp 77 jutaan. Tergantung kondisi mobil.

Sedan berukuran kompak ini memiliki mesin yang tangguh, irit dan bertenaga. Soal durabilitas tak perlu diragukan, karena mesin itu sudah terbukti melalui Toyota Limo yang merupakan kembaran Vios yang biasa digunakan untuk taksi.

Sparepart Vios pun murah dan mudah didapat. Mesinnya memiliki kapasitas 1.5 Liter dengan tenaga sebesar 107 hp dan torsi 141 Nm.

Dengan begitu, kamu bisa menjadikan mobil ini menjadi salah satu pilihan mobil seharga Rp 70 jutaan yang patut jadi pertimbangan kamu meminangnya.

10. Toyota Kijang LGX Tahun 2000

Toyota Kijang LGX - mobil Rp 70 jutaan

Toyota Kijang, mobil keluarga masih dicari hingga saat ini

Memiliki bujet Rp 70 jutaan, namun menginginkan mobil keluarga yang tak ketinggalan zaman. Toyota Kijang LGX produksi 2000 bisa jadi pilihan buat kamu.

Kijang LGX 2000 ditawarkan dalam dua pilihan mesin diesel dan bensin. Sayangnya harga Kijang LGX Diesel punya banderol yang lebih tinggi, sekitar Rp 55 juta hingga Rp 79 jutaan. Harga tersebut tidak mengikat, karena melihat kondisi mobil yang dijual. Namun yang pasti, jika kamu menginginkan Kijang LGX bermesin diesel umumnya harga lebih tinggi. Bahkan bisa menyentuh Rp 80 jutaan.

Kelebihan Toyota Kijang LGX adalah memiliki tenaga besar yang bisa diandalkan untuk melewati berbagai medan. Kabinnya juga luas dan perawatannya sangat mudah.

Baca juga  Daftar Harga Honda CR-V Bekas, Mulai Rp 60 Juta

Secara spesifikasi, Toyota Kijang LGX dilengkapi mesin berkode 7K. Mesin ini berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder. Sedangkan yang varian diesel memakai mesin 2L berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder.

Keunggulan mobil ini, tentunya mudah untuk urusan perawatannya. Harga jual kembalinya pun cenderung stabil, bahkan di beberapa daerah bisa dibilang punya harga tinggi.

Ketersediaan spare part pun melimpah, dengan harga yang terjangkau. Mesin 7K dari Kijang terkenal bandel, awet, dan tak rewel.

Mesin Kijang ini kerap digunakan untuk dijadikan mesin pengganti. Kelebihan lain yang bisa dibanggakan adalah kabinnya yang lapang, sehingga bisa dibilang sebagai patokan kabin MPV saat ini.

Baca juga:

11. Panther LM 2006

mobil bekas Rp 70 jutaan - isuzu panther

Isuzu Panther, mobil keluarga Rp 70 jutaan

Mobil second Rp 70 jutaan terbaik yang layak dipertimbangkan adalah Isuzu Panther LM tahun 2006. Untuk urusan mesin, Isuzu Panther sudah tidak diragukan. Model LM merupakan kodel kelas menengah Isuzu Panther dengan tampilan yang terbilang belum ketinggalan zaman.

Mobil bekas Isuzu Panther dibekali tipe mesin 4JA1 2.500cc turbo berbahan bakar diesel. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 80 horsepower dan mencapai porsi puncak 130 Nm. Dari sisi transmisi, mobil Isuzu Panther tersedia dengan manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Suspensi depan dari Isuzu Panther menggunakan MacPherson Strut dan suspensi belakang dengan Per Daun.

Pada interior Posisi dashboard mobil Isuzu Panther menyatu dengan head unit, yang dilengkapi panel instrumen yang sederhana. Panel instrumen terdiri dari pemutar radio, CD, AUX, dan USB. Bagian Multi-Information Display (MID) menggunakan anlaog.

Adapun kekurangan mobil ini adlah minim fitur keselamatan. Hanya ada alarm mobil yang menyatu dengan kunci dan parking sensor. Sudah disematkan juga seat belt sebagai fitur standar keselamatan penumpang Isuzu Panther. Alhasil, fitur di SUV ini bisa dikatakan masih minim tanpa beberapa pengaman fitur pasif lain seperti air bag.

Di pasaran mobil bekas, model ini dijual dengan harga Rp 70-78 jutaan tergantung kondisi.

12. Daihatsu Terios 2008-2012

mobil bekas Rp 70 jutaan - daihatsu terios

Terios generasi pertama ada yang dijual Rp 70 jutaan

Mobil harga Rp 70 jutaan berikutnya adalah Daihatsu terios lansiran 2008-2012. Banderolnya di pasaran mulai Rp 70-80 jutaan.

Daihatsu Terios adalah SUV termurah yang ada saat ini. Modelnya masih cukup diminati melihat populasinya yang kerap tersedia di beberapa showroom mobkas dan di market place.

Mobil Daihatsu Terios bermasin 1.500 cc, berdaya 109 hp ada yang tipe transmisi manual dan juga matik. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Harga Terios tersebut cukup variatif bergantung pada varian, kodisi dan pilihan transmisinya. Sudah pasti semakin istimewa penampilan dan didukung surat-surat yang hidup harganya pun semakin tinggi.

13. Toyota Rush 2007

mobil bekas Rp 70 jutaan - toyota rush

Rush adalah kembaran Terios

Mobil harga Rp 70 jutaan berikutnya adalah Toyota Rush. Harga Toyota Rush 2007 di market place dibuka dengan bandrol termurah Rp 78 juta. Tentunya lebih mahal dari Daihatsu Terios sedikit jika tahunnya sama.

Untuk mesin juga memiliki kesamaan dengan Terios yakni 1.500 cc, berdaya 109 dk. Model generasi pertama ini secara desain masih terbilang baik alias belum tertingal jaman.

Jika kamu yang ingin berburu Toyota Rush 2007 perhatian juga kekurangannya. Seperti bantingan suspensi yang keras.

Karena ini mobil bekas, perlu juga dicermati atap Rush yang rentan bocor saat turun hujan atau habis dicuci. Umumnya sumber kebocoran berasal dari balik karet-karet yang ada di atap dan antara lubang roof rail.

Apabila mendapati unit yang ternyata muncul kebocoran, segera perbaiki. Penyebabnya bisa saja baut roof rail kendor atau yang lainnya seperti karet pelindungnya sudah getas. Bila dibiarkan, atap yang bocor berpengaruh kepada plafon ke depannya yang jadi cepat rusak.

Itulah tadi rekomendasi mobil bekas harga Rp 70 jutaan yang bisa kamu pilih. Satu yang perlu diingat dari membeli mobil bekas, siapkan bujet lebih untuk perbaikan kendaraan. Setidaknya 30 persen dari harga beli kendaraan kamu. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif. (Rewrite/Tigor Sohombing)

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika