oleh

Sejarah Nissan Elgrand, MPV Mewah Pesaing Alphard

Sejarah Nissan Elgrand menarik untuk dibahas. Walau tidak lagi dipasarkan di Indonesia, namun peminatnya masih banyak. Sebab mobil ini punya kenyamanan dan kemewahan layaknya Toyota Alphard.

Hadir di Tanah Air, Elgrand awalnya didatangkan oleh importir umum (IU). Itu pun mulai generasi kedua atau Elgrand E51. Sementara Elgrand generasi pertama, tidak masuk Indonesia.

Kemudian barulah pada 2010, Elgrand generasi ketiga atau E52 dijual secara resmi oleh pemegang merek Nissan di Indonesia. Hanya saja memang tidak bertahan lama. Sekitar tahun 2018, Elgrand hilang dari website Nissan Indonesia.

Elgrand E50 Tidak Masuk Indonesia

sejarah nissan elgrand
Nissan Elgrand E50 (generasi pertama)

Secara global, sejarah Nissan Elgrand pertama kali meluncur pada tahun 1997 di Jepang dengan kode bodi E50. Mobil MPV ini mengusung mesin berkubikasi 3.5L dengan perpaduan transmisi otomatis 5-percepatan.

Hasilnya, tenaga maksimum yang bisa diraih diklaim mencapai 170 hp 3600 rpm dan torsi puncaknya 353 Nm pada putaran mesin 1.800 rpm. Soal dimensi, Elgrand generasi awal ini mempunyai panjang 4.740 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.940 mm.

Tampilan Elgrand E50 kental dengan konsep boxy khas Jepang. Dimana beberapa bagian dari eksteriornya didominasi desain kotak. Desain mengkotak tersebut bisa dilihat dari lampu utama dengan dimensi besar bergaya kotak yang dibelah list krom, sehingga terlihat seperti lampu susun.

Kemudian pada bagian grill desainnya cukup sederhana, yaitu garis horizontal dengan aksen krom memadukan dari desain lampu utamanya. Sementara itu, desain sampingnya terlihat sperti Toyota Alphard generasi pertama.

Namun begitu, pada bagian belakang, desain dari Elgrand E50 terbilang unik. Dimana lampu belakangnya berdimensi kecil, Nampak dengan balutan list krom. Hal tersebut berbeda jaug dengan kaca belakangnya yang dimensinya cukup besar.

Baca juga  Suzuki Landy 2020 Dijual Rp300 Jutaan, Alphard Paket Hemat!

Sejarah Nissan Elgrand Dimulai Oleh E51 (Generasi Kedua)

sejarah nissan elgrand
Nissan Elgrand E51

Nissan Elgrand resmi masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2002 yang merupakan generasi kedua dengan kode bodi E51. Saat itu yang menjual MPV premium ini hanya Importir Umum (IU).

Nissan Elgrand E51 mengusung dua pilihan mesin, 3.5L V6 VQ35DE dan 2.5 VQ25DE dengan transmisi otomatis 5-percepatan. Hasilnya, mobil ini diklaim mampu meraih kecepatan maksimum 237 dk serta torsi puncak 353 Nm (3.5L) dan 183 dk dan torsinya 183 Nm (2.5L).

Masuknya Nissan Elgrand ke Indonesia melalui importir umum tersebut berkisar di tahun 2002. Kehadirannya tentu menjadi pilihan menarik di premium MPV selain Toyota Alphard.

Bukan tanpa alasan, Elgrand E51 hadir dengan desain yang mewah dan modern. Dimana desain lampu yang besar kompak dikombinasikan dengan grill horizontal beraksen krom dengan logo Nissan dibagian tengahnya.

Kemudian pada bagian bumpernya juga terdapat foglamp yang dibungkus dengan aksen krom yang menyelaraskan desain grill dan lampu utamanya.

Pada bagian belakangnya, Elgrand E51 mengusung desain yang lebih mewah dari generasi sebalumnya. Yaitu ukuran kaca yang besar dan dibawahnya terdapat lampu reflector berwarna merah menjulur horizontal dengan tulisan Elgrand di tengahnya.

Untuk dimensinya, Elgrand E51 mempunyai panjang 4.835 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.910 mm. Sementara itu untuk jarak sumbu rodanya di angka 3.430 mm dan berat kosongnya 2.135 kg.

Masuk ke dalam interior, Elgrand E51 menyuguhkan aura kemewahan. Dimana material jok terbuat dari kulit serta terdapat aksen wood panel di beberapa bagian.

Pada bagian dashboard, desainnya terlihat futuristic. Hal tersebut dapat dilihat dari desain panel instrument cluster yang menyatu dengan panel layar display infotainment. Meski begitu, menu pada head unit masih menggunakan huruf kanji dan agak sulit dioperasikan.

Baca juga  7 Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz, Jangan Salah Beli

Pada bagian konsol tengah terdapat pengaturan audio, climate control, tuas transmisi, serta dibawahnya terdapat laci-laci penyimpanan berukuran cukup besar. Sedangkan pada area setir terdapat tombol multifungsi yang berguna untuk mengatur audio.

Pada bagian fiturnya, Elgrand E51 sudah menggunakan sistem elektrik untuk membuka pintu tengah kanan dan kirinya. Selain itu untuk menambah kesan mewah fitur sunroof juga sudah disematkan.

Nah, untuk fitur keselamatan, mobil ini sudah mengadopsi ABS, EBD, Vehicle Dynamic Control, serta kamera 360 derajat. Di sisi lain mobil ini juga memiliki sistem keselamatan Dual airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.

Nissan Elgrand E52 Hadir Resmi Lewat Pemegang Merek (Generasi Ketiga)

sejarah nissan elgrand
Nissan Elgrand E52

Sejarah Nissan Elgrand berlanjut di tahun 2010 dengan meluncurnya generasi ketiga dengan kode bodi E52. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mendatangkan versi mesin 2.5L (VQ25DE). Sementara para importir umum mendatangkan versi mesin 3.5L (VQ35DE).

Desain eksterior generasi ketiga ini jauh lebih mewah dan elegan dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Hal tersebut dapat terlihat dari desain depan yang didominasi dengan aksen krom sampai menyentuh bagian bumpernya.

Pada bagian lampu depan desainnya lebih sipit, ditambah adanya foglamp pada bagian sudut bumper yang dibalut aksen krom.

Desain belakngnya juga tampil lebih trendy. Dimana lampu sein terlihat seperti menyatu dengan lampu reflektor yang menjulur sepanjang pintu bagasinya. Sementara untuk lampu belakangnya didesain mungil yang posisinya berada di bawah dari lampu sein.

Baca juga  Daftar Harga Nissan Elgrand Bekas, Mulai Rp 100 Juta

Untuk bagian interior, Elgrand E52 didominasi warna hitam. Mulai dari sarung jok yang berbahan kulit hingga bagian dashboard dan doortrim yang menggunakan material soft touch.

Untuk hiburan, terdapat head unit berukuran 5 inchi yang bisa mengakomodasi sistem audio dan kamera parkir. Oh ya, pada setirnya juga sudah disematkan tombol yang terkoneksi dengan head unit untuk mengoperasikan sistem audio. Oh ya, tak lupa fitur sunroof juga masih dipertahankan untuk menegaskan bahwa Elgrand E52 merupakan MPV mewah.

Selanjutnya, untuk fitur sudah disematkan enam SRS Airbag serta fitur keselamatan lain seperti sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) Traction Control System (TCS), dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

Nissan Elgrand Facelift (2015 – 2018)

sejarah nissan elgrand
Nissan Elgrand E52 Facelift

Sejarah Nissan Elgrand E52 kembali terukir dengan hadirnya versi facelift. Hadir di tahun 2015, namun hanya mengusung mesin 2.5L. sedangkan versi mesin 3.5L sudah tidak dipasarkan lagi alias discontinue.

Perbedaan dengan versi prefacelift yang paling signifikan adalah pada bagian velgnya. Meski sama-sama menggunakan ring 18 inci, namun desain versi facelift lebih mewah dengan dual tone. Untuk interior, dan lainnya, Nissan Elgrand E52  versi facelift masih sama dengan sebelumnya.

“Sekilas perbedaan Elgrand E52 facelift memang tidak begitu kelihatan. Namun jika diperhatikan bagian velg dan grill depan ada ubahan, lebih mewah,” terang Bobby, salah satu penjual mobil bekas dibilangan Cirendeu. (20/2/2022).

Hingga akhirnya Elgrand pun tidak lagi dijual oleh Nissan di Tanah Air. Penyebabnya tidak lain karena produk ini kalah pamor dari Toyota Alphard.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sejarah Nissan Elgrand. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru