by

6 MPV Premium Terbaik di Indonesia, Buat Para Sultan!

MPV premium terbaik di Indonesia, tidak hanya Toyota Alphard. Pilihannya cukup berlimpah, baik itu dari merek Jepang, Korea Selatan, hingga Eropa.

Batas MPV mewah yang kami maksud di sini, harganya di atas Rp 800 juta. Lalu di dalam kabinnya punya fitur yang sangat nyaman untuk berkendara bersama keluarga.

Opsinya yang sekarang ada di pasar otomotif Tanah Air antara lain, Hyundai Staria, Mercedes-Benz V-Class, Lexus LM 350, Honda Odyssey, hingga Toyota Vellfire. Tentu saja tidak ketinggalan Toyota Alphard sebagai primadona.

Mau tahu lebih detail soal pilihan MPV Premium terbaik di Indonesia tahun 2021, simak bahasan di bawah ini:

1. Hyundai Staria

MPV premium terbaik di indonesia - hyundai staria
Tersedia dua varian Hyundai Staria: Signature 9 dan Signature 7

Bisa dikatakan, Hyundai Staria merupakan pendatang baru MPV premium terbaik di Indonesia. Mobil keluarga tersebut meluncur pertama kali pada akhir Agustus 2021.

Staria hadir dengan beragam keunikan. Sebut saja tampilannya yang futuristik, kemudian mesin yang digendongnya juga berbahan bakar solar.

Maka dari itu, Hyundai Staria merupakan satu-satunya MPV premium terbaik di Indonesia yang pakai mesin diesel. Kubikasinya di atas kertas 2.2-liter turbo. Mampu melontarkan torsi puncak 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm dan tenaga maksimal 177 PS pada 3.800 rpm.

Di Indonesia Staria tersedia dalam dua varian yaitu Signature 9 yang dijual Rp 888 juta (OTR Jakarta) dan Signature 7 Rp 1,02 miliar (OTR Jakarta). Varian Staria Signature 7 lebih mahal, karena punya bangku baris kedua yang sangat nyaman dengan relaxation seat yang mempunyai fitur penghangat dan pendingin serta sandaran kaki.

Baca juga  Panduan Modifikasi Calya, Biar Tidak Mirip Taksi Online

Ada pula tambahan sistem audio dari BOSE, sekaligus berbagai teknologi keselamatan aktif. Kekurangannya Signature 7 cuma bisa menampung 7-orang di dalam kabin.

Hanya saja bukan berarti Staria Signature 9 tidak punya keunggulan. Varian ini memiliki jumlah bangku lebih banyak, sehingga bisa menampung 9-orang. Lalu bangku baris kedua bisa diputar, sehingga menciptakan kondisi saling berhadapan dengan bangku baris ketiga.

2. Mercedes-Benz V-Class

mpv premium terbaik di indonesia - mercedes-benz v-class
V-Class merupakan satu-satunya MPV Premium asal Jerman yang dijual di Indonesia

Pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz juga memiliki produk MPV premium terbaik di Indonesia yang bernama V-Class. Tersedia dua varian yang dipasarkan yaitu V 260 LWB seharga Rp 1,599 miliar dan V 260 XLWB Rp 1,609 miliar.

Kedua varian itu berbeda dari sisi dimensi. Pada varian XLWB, panjangnya mencapai 5.370 mm sehingga membuat ruang kabin lebih luas dan nyaman untuk penumpang. Sementara varian LWB cuma memiliki panjang 5.140 mm.

Bicara fitur kenyamanan, tidak perlu diragukan lagi ada table package dan sistem audio Burmester dengan 15 speaker dan satu kotak refleks bass. Joknya juga dilengkapi kulit Nappa. Total di dalam kabin, bisa menampung 7-orang.

Sementara untuk jantung mekanisnya, tidak beda. Mercedes-Benz V-Class pakai kubikasi 1.991 cc empat silinder berbahan bakar bensin. Jantung emkanis itu bisa melontarkan torsi puncak 350 Nm dan tenaga 211 hp.

3. Toyota Alphard

mpv premium terbaik di indonesia - toyota alhoard
Salah satu mobil mewah yang banyak dipunya oleh orang kaya Indonesia adalah Toyota Alphard

Pilihan MPV premium terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Toyota Alphard. Kenyamanan kabin Alphard sudah diakui oleh banyak konsumen Tanah Air, terbukti dari penjualannya yang begitu laris.

Baca juga  5 Fakta Menarik Mitsubishi Xpander Black Edition

Di Indonesia, mobil keluarga 7-seater ini tersedia dalam tiga varian: 2.5 G, 2.5 X, dan 3.5 Q. Pada varian paling mewah atau Q, terdapat tambahan fitur seperti pemanas dan pendingin. Kemudian Toyota Safety Sense (TSS) di varian Q juga lebih lengkap fitur-fiturnya.

Sesuai namanya pula, Alphard 3.5 Q memiliki performa lebih mantap. Hal ini disebabkan mesin yang digendongnya berkubikasi 3.456 cc dengan konfigurasi enam silinder. Sementara varian 2.5 G dan 2.5 X sama-sama mengandalkan mesin 2.494 cc empat silinder.

Harga Toyota Alphard di Indonesia mulai dari Rp 1,065 miliaran. Tertarik punya?

4. Toyota Vellfire

toyota alphard dan vellfire 2021
Paras Toyota Vellfire lebih sporty dibanding Alphard

MPV premium terbaik di Indonesia yang satu ini sama-sama keluaran Toyota. Bisa dikatakan, Vellfire adalah kembaran Alphard. Hanya saja punya tampilan yang lebih sporty.

Ciri khas Vellfire bisa kamu lihat dari eksteriornya yang dipenuhi desain garis-garis horizontal. Kemudian interiornya pakai panel kayu gelap kehitaman. Di bagian speedometer, ada ring warna merah untuk menyelaraskan kesan sporty.

Bicara mesin, Toyota Vellfire cuma tersedia dalam kubikasi 2.5 liter. Kemudian untuk harganya tembus Rp 1,247 miliar.

5. Lexus LM 350

mpv premium terbaik di indonesia, lexus lm
Kabin Lexus LM tersedia dalam konfigurasi 4-seater

Kalau menurut kamu Toyota Alphard sudah sangat mewah, maka kembarannya yang lain yaitu Lexus LM 350 jauh lebih mewah. Di Indonesia, MPV mewah yang satu ini tersedia dalam varian 4-seater dan 7-seater.

Di varian 4-seater, Lexus menghadirkan kabin yang disebut sebagai private sanctuary. Ciri khasnya punya kaca pembatas antara bangku baris kedua dan baris pertama.

Baca juga  MPV MG 360M, Calon Rival Avanza di Indonesia

Saat kamu butuh privasi, dapat ubah kaca pembatas tersebut jadi lebih gelap. Bila menginginkan pemandangan ke depan, bisa diganti jadi transparan.

Ada pula layar besar berukuran 26 inci untuk kebutuhan presentasi bisnis atau hiburan sepanjang perjalanan. Buat memanjakan telinga, tidak ketinggalan ada sistem audio Mark Levinson dengan 19 speaker. Lexus LM juga dilengkapi kulkas dan double moon roof. Kursinya pun sangat istimewa, selain bisa duduk selonjoran, terintegrasi fitur pijat.

Tertarik punya Lexus LM 4-seater ini dijual Rp 3,035 miliar. Sementara versi 7-seater Rp 2,39 miliar.

6. Honda Odyssey

Honda Odyssey setop produksi tahun 2021
Honda Odyssey facelift 2021 merupakan MPV Premium yang menjadi pesaing Toyota Alphard

Honda Odyssey adalah salah satu pilihan MPV premium terbaik di Indonesia. Walau mewah, harganya masih cukup terjangkau yaitu Rp 888 jutaan.

Kelebihan mobil keluarga 7-seater ini ada kemunculan fitur canggih Honda Sensing yang lengkap. Alhasil berkendara dengannya terasa nyaman dan mampu mencegah terjadinya kecelakaan.

Bicara soal mesin, Honda Odyssey pakai kapasitas 2.4 liter i-VTEC dengan sistem transmisi CVT Earth Dream Technology. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan performa sebesar 173 PS dan torsi maksimum 225 Nm.

Kalau kamu tertarik meminangnya, segeralah lakukan. Pasalnya 2021 merupakan tahun terakhir Honda memasarkan Odyssey.

Itulah tadi bahasan lengkap MPV mewah yang dijual di Indonesia. Kira-kira mobil mana yang paling pas buat keluarga kamu? Untuk informasi seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru