oleh

5 Perbedaan Varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7

Ada dua varian Hyundai Staria yang dipasarkan di Indonesia: Signature 9 dan 7. Keduanya sama-sama mengusung tema MPV premium dengan eksterior futuristik.

Bila melihat secara kasat mata, mungkin kamu tidak bisa membedakan  secara mudah Staria Signature 9 Vs 7. Kesamaan dua varian mobil ini tampak dari dimensi bongsor dengan panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm. Dimensi ini lebih besar dibanding Toyota Alphard.

Kemudian tampilan keduanya juga sangat unik. Aura futuristik keluar dari bodi yang minim sudut dan sederhana. Ditambah lagi penggunaan ban mobil besar 235/55-18 inci di keempat roda.

Bicara penggunaan mesin, juga sama-sama mengandalkan turbo diesel 2.2-liter. Jantung mekanis tersebut bisa melontarkan torsi puncak 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm dan tenaga maksimal 177 PS pada 3.800 rpm. Padanannya adalah transmisi 8-percepatan otomatis.

Lalu apa yang membedakan varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7? Kalau kamu masuk ke interior barulah tampak jelas bedanya, terutama di bagian konfigurasi bangku.

Sesuai namanya, Staria Signature 9 mempunyai kelebihan di jumlah bangku yang totalnya bisa menampung sembilan orang. Kemudian harganya lebih terjangkau. Hanya saja memang dari sisi fitur kenyamanan dan keselamatan, tidak semewah Staria Signature 7.

Ambil contoh di varian Hyundai Staria Signature 7 memiliki BOSE Premium 12-speakers yang memanjakan telinga pengemudi dan penumpang ketika mendengar musik. Lalu fitur keselamatan aktif seperti high beam assist (HBA), forward collision-avoidance assist (FCA), lane keeping assist (LKA), dan lain-lain.

Baca juga  Hyundai Staria, MPV Penantang Toyota Alphard

Totalnya ada 5 perbedaan varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7? Simak bahasan berikut:

1. Konfigurasi Bangku

varian hyundai staria signature 9 vs 7
Bangku Hyundai Staria Signature 9 istimewa, karena baris keduanya bisa diputar 180 derajat sehingga posisi duduk saling berhadapan

Perbedaan varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7 yang pertama adalah konfigurasi bangku. Seperti disebutkan di atas, Signature 9 memiliki jumlah bangku yang lebih banyak. Alhasil semakin banyak orang yang bisa masuk ke dalam mobil.

Bukan cuma itu saja kelebihan Staria Signature 9, karena bangku baris keduanya bisa diputar 180 derajat (swiveling independent seat). Dengan demikian, di dalam kabin bisa tercipta posisi duduk yang saling berhadapan antara bangku baris kedua dan ketiga.

Konfigurasi bangku untuk 9-seater ini 2+2+2+3. Jadi untuk bangku baris kedua dan ketiga sudah mengadopsi captain seat. Mewah bukan?

Sementara untuk Staria Signature 7, bangku baris keduanya tidak bisa diputar 180 derajat. Konfigurasinya sendiri 2+2+3, mirip Toyota Alphard.

2. Relaxation Seat

varian hyundai staria signature 7 vs 9
Interior Hyundai Staria Signature 7, hadir dengan bangku baris kedua seperti kursi pesawat first class

Kelebihan dari varian Hyundai Staria Signature 7, jok baris keduanya sangat nyaman. Pabrikan berlogo H miring menamainya sebagai relaxation seat.

Mirip captain seat, tapi ada head rest yang lebar dan bisa menyangga kepala dengan sangat baik. Kemudian ada pula sandaran kaki. Tidak ketinggalan ada pengaturan elektrik 8-arah, jadi cukup tekan tombol untuk menyesuaikan dengan keinginan.

Baca juga  Hyundai Staria Raih Penghargaan Desain Terbaik

Hyundai Staria Signature 7, pun memiliki penghangat dan pendingin di masing-masing jok pada bangku baris kedua. Istimewa bukan?

3. Speaker BOSE

varian hyundai staria signature 9 vs 7 - speaker bose
Kemunculan speaker BOSE memberikan kenyamanan premium saat mendengar musik di Hyundai Staria Signature 7

Lalu yang jadi perbedaan varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7 ada di jumlah speaker. Kalau Signature 9 cuma memiliki 6-speaker. Sementara Signature 7 punya total 12-speaker BOSE Premium.

Speker BOSE tersebut pun dilengkapi fitur dynamic speed compensation yang mampu menyesuaikan volume suara dengan laju kecepatan mobil. Istimew bukan, Hyundai Staria Signature 7?

Terkait fitur kenyamanan lain, tidak ada perbedaan antara Signature 7 dan 9. Sama-sama punya smart power sliding door, pintu geser akan membuka otomatis ketika mendeteksi keberadaan orang yang ingin masuk ke dalam kabin. Ada pula smart power tailage yang mampu membuka bagasi secara otomatis.

Staria Signature pun memiliki head unit layar sentuh 8 inci, auto air conditioning, dan panel instrumen TFT LCD 10,25 inci. Tidak ketinggalan hadir double sun roof, wireless phone charging, dan ambient mood lighting. Benar-benar terasa layaknya MPV premium kan?

4. Banyaknya Fitur Keselamatan Aktif

varian hyundai staria signature 9 vs 7
Hyundai Staria Signature 7 punya fitur keselamatan lebih lengkap

Baik varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7, sama-sama telah memiliki fitur keselamatan mumpuni. Sebut saja anti-lock braking system (ABS, electronic stability control (ESC), vehicle stability management (VSM), hill start assist control (HAC), multi collision brake dan (MCB).

Baca juga  Per yang Cocok untuk Avanza, Pakai Punya BMW atau Volvo

Ada pula blind spot view monitor (BVM), rear occupant alert, surround view monitor (SVM), dan tire pressure monitoring system (TPMS) di mobil MPV premium ini. Tidak ketinggalan blind spot collision avoidance assist (BCA), rear cross-traffic collision-avoidance assist (RCCA), dan Safe Exit Assist (SEA).

Bedanya untuk fitur-fitur yang disebut di kalimat terakhir, pada Signature 9 cuma bisa memberikan fitur peringatan. Sementara di varian Hyundai Staria Signature 7 dilengkapi pula dengan intervensi elektronik atau assist.

Lalu di Signature 7 ada pula tambahan seperti forward collision-avoidance assist (FCA), lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), dan driver attention warning (DAW). Banyak kan?

5. Harga Hyundai Staria Signature 9 Vs 7

Hyundai staria hadir di indonesia
Pembeda Hyundai Staria dengan MPV lain adalah pakai mesin diesel turbo

Perbedaan varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7 yang terakhir adalah harga. Buat kamu yang menginginkan MPV premium dengan harga terjangkau, bisa pilih varian Signature 9 dengan banderol Rp 888 juta (OTR Jakarta). Kelebihannya sudah tentu bisa menampung orang lebih banyak di dalam kabin.

Sementara kalau kamu mau mobil dengan fitur kenyamanan dan keselamatan yang istimewa, maka pilih Hyundai Staria Signature 7. Harganya tembus Rp 1,02 miliar (OTR Jakarta) dan cuma bisa menampung 7-orang.

Itulah tadi perbedaan varian Hyundai Staria Signature 9 Vs 7. Kalau kamu lebih tertarik yang mana? Untuk informasi terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru