by

5 Merek Shockbreaker Mobil Terbaik, Versi Aftermarket!

Mungkin saat ini kamu sedang mencari merek shockbreaker mobil terbaik yang cocok untuk kendaraanmu. Di Indonesia khususnya banyak merek-merek shockbreaker berkualitas yang beredar. 

Dari keluaran Jerman, Amerika, hingga Jepang. Brand-brand ini hadir sebagai shockbreaker bawaan kendaraan, atau sebagai produk aftermarket.

Umumnya dari segi kualitas, merek shockbreaker aftermarket menawarkan sesuatu yang lebih ketimbang shockbreaker bawaan pabrikan. Biasanya shockbreaker aftermarket menawarkan performa peredaman lebih baik, daya tahan juga lama.

“Tapi yang pasti saat memilih shockbreaker, jangan abaikan fungsi utamanya sebagai peredam guncangan. Dan pastikan juga penggunaan shockbreaker harus sesuai dengan dengan karakter mobil,” buka Putra mekanik sekaligus pemilik bengkel di bilangan Otista Jakarta Timur.

Dari pada penasaran, langsung saja kita simak 5 pilihan shockbreaker mobil terbaik yang bisa dipertimbangkan sebagai produk substitusi. Berikut ulasannya.

1. Shockbreaker Monroe

Merek Shockbreaker Mobil Terbaik
Monroe rekomendasi shockbreaker Suzuki Ertiga

Merek shockbreaker mobil terbaik pertama adalah Monroe. Produk ini bisa dikatakan salah satu pemain lama di bidang peredam kejut. Monroe merupakan brand Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1919.

Di tahun 1926 -1950 brand ini makin terkenal dan banyak digunakan mobil-mobil Amerika saat itu. Di tahun 1970 – 1980an Monroe terus memperluas pasar hingga Brazil, Eropa, hingga telah menembus benua Australia.

Pada tahun 2007, Monroe mengembangkan shockbreaker elektrik alias Continuous Control Electronic Suspension (CCES) bersama Mercedes-Benz dan BMW.

Menurut pengguna shockbreaker Monroe yang kami rangkum, peredam kejut ini memiliki daya redam yang lumayan baik dan terbuat dari bahan bahan bahan berkualitas.

Baca juga  Kenal Fungsi Fuse Mobil, Merawat, dan Cara Baca Kodenya

Kelebihan lainnya, Monroe memiliki harga yang terjangkau. Fakta menarik lainnya adalah shockbreaker Monroe merupakan pabrikan shock yang digunakan pabrikan mobil Suzuki untuk produk-pruduknya.

Kalau kamu pernah merasakan sensasi kenyaman berkendara Suzuki Ertiga, nah itu ada peran shockbreaker Monroe yang bekerja di bawah sasisnya. 

Di pasaran, harga shockbreaker Monroe untuk Suzuki Ertiga dibanderol pada kisaran Rp 900 – 1,2 jutaan.

2. Shockbreaker Tokico

Merek Shockbreaker Mobil Terbaik
Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh shockbreaker Tokico adalah harga yang bersahabat, awet dan cocok dengan demografis penduduk dan kondisi jalan di Indonesia.

Merek shockbreaker mobil terbaik lainnya yang kami rekomendasikan adalah Tokico. Produk peredam kejut  ini berasal dari brand Jepang yuang juga banyak digunakan sebagai produk aftermarket shockbreaker.

Shockbreaker Tokico umumnya digunakan sebagai pengganti shockbreaker dari Toyota Avanza hingga Nissan Serena.

Shockbreaker Tokico juge memiliki berbagai kelebihan sehingga membuatnya dipercaya sebagai pemasok utama shockbreaker mobil-mobil buatan pabrikan.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh shockbreaker Tokico adalah harga yang bersahabat, awet dan cocok dengan demografis penduduk dan kondisi jalan di Indonesia.

“Secara umum karekter shockbreaker Tokico untuk Avanza lebih keras dari KYB, hal  ini cocok untuk konsumen yang ingin mobilnya lebih stabil meski sedikit mengorbankan kenyamanan,” tambah Putra.

“Sehingga lebih stabil meski sedikit mengorbankan kenyamanan,” ungkapnya.

Di pasaran harga shockbreaker Tokico untuk Toyota Avanza, Xenia, Rush, Terios satu set (belakang kanan kiri) dijual mulai harga Rp 550 – 700 ribuan. 

3. Shockbreaker Bilstein

Merek Shockbreaker Mobil Terbaik
Bilstein untuk Honda CRV

Bilstein merupakan salah satu merek shockbreaker mobil terbaik yang beredar di Indonesia. Kemampuan produk redam kejut asal Jerman ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Baca juga  Perawatan Filter Udara Mobil Tidak Sulit, Lakukan Sendiri!

Hal ini lantaran semua produk shockbreaker Bilstein pengujian kualitasnya ditempuh dengan riset cukup rumit. Konon untuk menguji produk terbaru Bilsatain selalu menempuh quality control di lintasan sirkuit seperti Nurburgring.

Selain berpengalaman lebih dari 50 tahun, shockbreaker Bilstain terkenal dengan durabilitasnya yang baik. Shockbreaker ini memiliki spesialisasi karakter  damping yang tergolong keras dengan rebound yang cepat.

Shockbreaker bilstain juga memiliki fitur yang membuatnya tetap nyaman dan empuk meski mobil dipacu dalam kecepatan yang tinggi.”Kalau Bilstain umumnya lebih kuat menahan beban berat dan mampu meredam guncangan di jalanan berlubang, cocok untuk SUV,” tambah Putra.

Harga shockbreaker Bilstain untuk Honda CR-V misalnya, dipasaran berkisar antara Rp 6 – 7 jutaan untuk satu set depan belakang.

4 Shockbreaker Kayaba (KYB)

Merek Shockbreaker Mobil Terbaik
KYB Exel-G

Rekomendasi merek shockbreaker mobil terbaik lainnya adalah Kayaba (KYB). Bisa dikatakan KYB adalah shockbreaker sejuta umat mobil-mobil yang beredar di Indonesia.

Selain itu shockbrbeaker KYB juga mudah didapat untuk berbagai macam merek mobil. Kayaba juga memiliki harga yang cukup terjangkau meski dibekali dengan kualitas yang mumpuni.

Di Indonesia sendiri, shockbreaker mobil KYB ini hadir dalam berbagai varian lengkap dengan karakteristik yang berbeda, di antaranya adalah Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G.

Misalnya Kayaba Ultra merupakan shockbreaker favorit untuk Avanza-Xenia. Shockbreaker ini memiliki karakter yang empuk, makanya cocok digunakan untuk mobil harian keluarga.

Dipasaran, produk original Kayaba ini dibandrol pada kisaran Rp 1 – 1.5 jutaan untuk satu set kanan kiri.

Baca juga  5 Daftar Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir

Seddangkan Kayaba Excel-G adalah jenis shock absorber yang mengutamakan performa. Karakteristik bantingannya keras, namun tidak sekeras Kayaba Ultra. Kayaba Excel-G merupakan shock absorber double action seperti Kayaba Ultra. Material pengisinya adalah gas (40-50%) dan oli (50-60%).

Kayaba Excel-G meningkatkan handling, namun masih cukup nyaman. Kayaba Excel-G cocok untuk kendaraan yang sering digunakan keluar kota.

Karakter suspensinya membuat gejala bodyroll dapat dikurangi, namun masih cukup nyaman. Namun, jika digunakan pada mobil berbobot ringan seperti LCGC, bantingan akan terasa keras.

Harga Kayaba Excel-G lebih mahal dari pada Kayaba Premium maupun Ultra. Misal untuk Daihatsu Grandmax, harga Kayaba Exel-G dibandrol pdaa kisaran Rp 700-800 ribuan, untuk satu set kanan kiri.

5. Shockbreaker KONI

Merek Shockbreaker Mobil Terbaik
Shockbreaker KONI

Terakhir merek shockbreaker mobil terbaik untuk yang direkomendasikan sebagai produk aftermarket adalah KONI. Memang KONI tidak sebanyak produk Kayaba di pasaran.

Namun produk ini terkenal dengan durabilitasnya yang baik. KONI juga banyak digunkan oleh mobil-mobil retro yang beredar tahun 1990an.

Di pasaran shockbreaker KONI yang beredar adalah buatan dari Holland, Belanda. Shock ini juga banyak digunakan pada mobil mobil sedan keluaran Jepang dan Eropa seperti Honda dan Toyota, bahkan Audi.

Di pasaran, harga shockbreaker KONI untuk Honda Genio dan Estilo dipasarkan mulai Rp 700-800 ribuan.

Demikian ulasan terkait merek shockbreaker mobil terbaik. Simak terus Moaldin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru