Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Rekomendasi Sabun Cuci Mobil Terbaik, Warna Doff dan Metalik Berbeda!

by Tigor Sihombing
Sabun Cuci Mobil Terbaik

Di pasaran, banyak sabun cuci mobil terbaik yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau, tersedia dengan barbagai macam ukuran dari botol besar hingga sachet. Jadi sudah bukan alasan, jika mencuci mobil tidak lagi menggunakan sabun atau sampo khusus.

Pertanyaannya kemudian, apakah ada sabun cuci khusus untuk mobil warna putih, hitam, dan lain-lain? Lalu apakah sampo mobil dengan cat metalik dan doff berbeda? Nah, dalam bahasan kali ini akan kupas tuntas persoalan tersebut. Hal ini penting, lantaran kini mulai bermunculan banyak kendaraan berwarna doff seperti Hyundai Ioniq 5.

Sebelum sampai ke sana, kenyataannya saat ini masih sering ditemui banyak pengguna mobil mencuci kendaraannya menggunakan sabun sembarangan. Misalnya colek untuk mencuci piring, sampo rambut, apapun pokoknya bisa dijadikan sebagai sabun cuci mobil. Dalam dunia car detailing, hal ini tentu sangat diharamkan. Pasalnya sabun-sabun seperti itu umumnya memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Efeknya, lama kelamaan justru menjadikan warna bodi mobil jadi kusam.

“pH sabun cuci piring itu sekitar 6 (termasuk asam), kelebihan sabun dengan nilai pH yang asam memang ampuh dalam menghilangkan kotoran. Tetapi jika cat mobil yang terus menerus dicuci dengan sabun cuci piring ini akan menghilangkan daya kilapnya,” tulis laman Sierra Glow Indonesia.

Umumnya jika kita mencuci mobil menggunakan sabun cuci piring, memang mobil terlihat begitu kinclong, tetapi jika terus menerus digunakan justru akan merusak cat. Yang diserang adalah bagian terluar cat mobil yang akan cepat terkikis, terutama pernis atau clear coat. Efeknya lama-lama daya kilap cat hilang dan mobil mudah kusam.

Baca juga  Jenis Air Wiper Untuk Mobil dan Rekomendasi Produk Terbaiknya!

moladin tampil baru blog banner

Sabun Mobil Khusus Warna Doff

Sabun Cuci Mobil Terbaik

Sabun cuci mobil terbaik untuk warna mobil doff adalah yang tidak mengandung wax

Terkait warna dan jenis catnya, perlu tidak sih mobil diberi sampo khusus untuk warna-warna tertentu? Misalnya sabun cuci khusus mobil warna putih atau warna hitam?

“Sebenarnya saya belum menemukan sabun mobil yang diramu secara khusus untuk warna-warna tertentu, misalnya merah, putih, hijau. Sepertinya tidak ada. Tapi mungkin untuk cat jenis doff ada sampo khususnya,” kata Anto, salah satu karyawan cuci mobil di bilangan Tebet Jakarta Selatan.

Anto mengatakan, khusus mobil dengan cat doff sebaiknya pakai sabun cuci mobil terbaik yang tidak mengandung wax. Hal ini karena fungsi wax adalah mengilapkan warna bodi mobil. Sementara doff artinya tidak mengilap, jadi nanti tidak cocok. Kalau mobil doff pakai sampo yang mengandung wax bisa menghasilkan bercak warna putih. Sementara itu untuk cat metallic, boleh menggunakan sampo yang mengandung wax.

Kemudian Idho, pemilik bengkel modifikasi dan cat mobil di Tangerang Selatan menambahkan untuk perawatan cat mobil warna doff memang agak rumit. MIsalnya saat baret atau terkelupas, sebaiknya tidak dipoles, karena justru merusak kualitas cat dengan warna matte tersebut. Ada baiknya, bodi mobil dicat ulang saja.

 

Kembali lagi soal sabun cuci mobil terbaik untuk cat doff dan metalik, menurut Anto adalah yang tidak mengandung deterjen. Hal ini, lantaran umumnya kalau mengandung deterjen sampo tersebut mengandung banyak cleaner atau zat pembersih yang terlalu kuat.

Jadi, jangan heran ketika kamu mencuci menggunakan sampo yang mengandung deterjen, bodi mobil terlihat mengkilat seperti baru. Bahkan sampo mobil dengan deterjen ini juga mampu mengangkat noda membandel seperti debu halus, minyak, bekas aspal, dan sebagainya. Namun, lantaran terlalu kuatnya zat deterjen tersebut, lapisan terluar cat mobil pun ikut terkikis. Alhasil kalau dipakai keseringan, cat mobil kamu bisa rusak.

Baca juga  7 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

5 Merek Sabun Cuci Mobil Terbaik yang Mudah Ditemukan di Pasaran

sabun cuci mobil terbaik

Ilustrasi raga shampo mobil.

Berikut rekomendasi ragam sabun cuci mobil terbaik, yang harganya terjangkau dan mudah didapat.

1. Turtle Wax T-43 Headlight Cleaner & Sealant

Kelebihan dari Turtle Wax T-43 Headlight Cleaner & Sealant adalah kemampuannya dalam menghilangkan oksidasi warna. Mobil yang tadinya terlihat kusam dan tidak cerah, bisa kembali bersinar dan lebih mengkilap.

Dipasaran Turtle Wax T-43 Headlight Cleaner & Sealant dibandrol mulai dari Rp 100 – 200 ribuan.

2. Turtle Wax Ice Car Wash Shampo

Sabun cuci moibl terbaik berikutnya adalah Turtle Wax Ice Car Wash Shampo. Cairan ini diklaim ampuh membuat mobil lebih mengkilap. Sabun cuci mobil ini memiliki kandungan kondisioner khusus sehingga membuatnya terlihat lebih istimewa.

Dipasarannya harga untuk 1,4 liter berkisar Rp 250 ribuan.

3. Nano Super Wax Shampoo dari Waxco

Rekomendasi sabun cuci mobil terbaik berikutnya adalah Waxco. Merk ini sangat bagus untuk menghilangkan noda kotoran hingga yang paling dalam. Mobil diklaim akan menjadi lebih mengkilap dari tampilan sebelumnya.

Baca juga  Apa itu Coating Mobil? Fungsi, Jenis, dan Biayanya

Dipasarannya tersedia dari berbagai ukuran, dari harga Rp 100 – 200 ribuan.

4. Kit Wash and Glow

Siapa yang tidak familiar dengan merk sabun cuci mobil ini? Merk Kit memang sangat terkenal karena digunakan untuk body mobil. Kit juga memiliki kemampuan untuk membuat mobil terlihat sangat mengkilap dan berkilau.

Apa lagi dijual dengan harga terjangkau. Nah produk Kit Wash and Glow paling murah dan ada versi sachet dengan harga mulai Rp 1.500.

5. Sonax Car Gloss Shampoo Concentrate

Merk sabun cuci mobil ini memiliki formula khusus yang tidak hanya mampu membersihkan bagian luar atau cat mobil, tetapi juga bagian interior mobil. Produk ini juga sudah terbukti spotless, artinya sama sekali tidak meninggalkan bekas apapun ketika mobil sudah kering.

Dipasaran harga produk ini dibandrol mulai Rp 100 – 500 ribuan tergantung ukuran. Demikian ulasan sabun cuci mobil terbaik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

banner bawah

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika