Minggu, September 25, 2022

Supaya Tidak Seperti Kasus Ioniq 5, Ini Cara Merawat Cat Doff Pada Mobil!

by Firdaus Ali
Penyebab cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas

Kasus cat mobil Ioniq 5 yang terkelupas saat ditempel lakban, tentu mengagetkan khalayak. Nah, agar hal tersebut juga tidak terjadi pada kendaraan kamu, ada baiknya menyimak cara merawat cat doff pada mobil berikut ini.

Sebelum itu, kami akan paparkan dulu kasus viral mengenai cat terkelupas di Ioniq 5. Berawal dari akun Instagram @bernardwidiant yang mengunggah video dengan menampilkan cat pada bagian pilar bawah pintu depan Ioniq 5 terkelupas saat tidak sengaja tertempel lakban.

“Ini kenapa ya? Cat Ioniq 5 tertempel lakban, catnya ngelotok. Karena catnya masih basah atau karena QC-nya kurang optimal,” suara dari pemilik mobil saat mengambil video tersebut.

Tak butuh waktu lama, saat pemilik Ioniq 5 tersebut mendatangi diler Hyundai di Pluit, mobilnya langsung diinspeksi oleh mekanik. Selanjutnya mobil listrik itu dibawa untuk ditelusuri dan diperbaiki di pabrik Hyundai di Cikarang.

Sesuai komitmennya melayani dan memberikan kepuasan konsumen, pihak Hyundai langsung memberikan mobil pengganti Ioniq 5 berwarna putih ke Bernard. Ini sebagai bentuk gantai pakai untuk mobilnya yang sedang dalam proses investigasi dan perbaikan.

Baca juga  6 Penyebab Kerusakan Electric Power Steering, Waspada!

“Pelayanan diler Hyundai Pluit oke, langsung ditindak lanjut dan saya dipinjamkan Ioniq 5 warna putih. Untuk mobil saya informasi dari Hyundai sedang dalam proses investigasi dan nantinya akan dicat ulang, namun untuk detailnya belum diinformasikan. Yang pasti akan seperti baru lagi kaya di diler,” imbuh Bernard.

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 milik Bernard merupakan warna favorit diantara warna lainnya yaitu Gravity Gold Matte. Di mana warna ini memiliki jenis cat doff atau pekat, dengan kata lain tidak mengilap. Nah, untuk merawat cat jenis doff juga treatmentnya berbeda dengan cat mobil warna metallic. Supaya tidak penasaran, mari kita simak ulasananya berikut ini.

banner atas

Penyebab Cat Mobil Cepat Terkelupas dan Cara Perawatan Cat Doff yang Benar

Cara merawat cat doff

Ioniq 5 warna Gravity Gold Matte

Memiliki mobil dengan warna doff atau matte seperti halnya di Ioniq 5 memang terlihat lebih keren dan elegan. Namun begitu, perawatannya tidak boleh sembarangan agar kualitas warna tetap terjaga.

“Agar warna mobil dengan cat doff atau matte tetap terjaga kualitasnya, jangan terlalu sering parkir mobil yang langsung terpapar sinar matahari. Karena imbasnya cat semakin cepat pudar,” terang Idho, pemilik bengkel modifikasi dan cat mobil di Tangerang Selatan.

Baca juga  5 Cara Over Kredit Mobil, Dari Awal Hingga Akhir!

Dengan menjemur mobil cat doff di bawah matahari langsung juga menjadikan kualitas warna bodi menurun. Ini juga menjadi penyebab cat jadi mudah terkelupas.

Selain tidak parkir di bawah paparan sinar matahari langsung, pemilik mobil dengan cat doff juga tidak boleh sembarangan saat mencuci mobilnya. Gunakan sampo mobil khusus untuk cat doff dengan kandungan PH netral. Jangan sampai pakai sampo mobil yang diperuntukkan buat cat metallic, karena kandungannya berbeda.

“Jangan menggunakan sembarangan sabun cair, apalagi sabun colek. Efeknya akan mempercepat cat doff menjadi kusam, bahkan bisa merusak bila keseringan. Gunakan sabun cair dengan PH netral yang berkualitas untuk menjaga kualitas warnanya,” beber Idho.

Selain itu, Idho menambahkan saat proses mengeringkan juga gunakan 2 kain micro fiber. Satu untuk bagian body atas dan kaca, kemudian satu lagi untuk bagian body bawah mobil.

Ditambah lagi, kalau cat mobil warna doff seperti di Ioniq 5 mengalami baret atau terkelupas, sebaiknya tidak dipoles. Ini justru akan semakin merusak kualitas cat dengan warna matte. Ada baiknya, bodi mobil dicat ulang saja.

Baca juga  5 Tips Beli Mobil Eropa Bekas untuk Pemula

Dengan merawat cat doff mobil diharapkan kualitas warna bodi kendaraan kamu akan terus terjaga seperti baru. Kemudian, keluhan-keluhan seperti cat yang mudah terkelupas tidak akan terjadi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara merawat cat doff pada mobil serta sekilas mengenai kasus cat terkelupas pada Ioniq 5. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika