Minggu, September 25, 2022

Kisaran Biaya Cuci Mobil, dari Manual, Robotik, hingga Waterless

by Firdaus Ali
Biaya cuci mobil

Biaya cuci mobil atau car wash sangatlah beragam, ada yang murah dan ada pula yang mahal. Ongkos yang berbeda-beda ini lantaran dibendakan dari jenis layanannya, seperti cuci mobil manual, pakai hidrolik, robotik atau otomatis, hingga waterless.

Umumnya tarif cuci mobil juga berkaitan erat dengan hasilnya. Alasannya jelas, semakin detail pencucian mobil tersebut, otomatis biaya akan lebih mahal. Hal tersebut, karena untuk mencuci kendaraan dengan baik dibutuhkan skill dan peralatan pendukung yang tidak sembarangan.

Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak ulasan mengenai besaran biaya cuci mobil berdasarkan jenis-jenisnya.

moladin tampil baru blog banner

Murah Meriah, Cuci Mobil Manual (Rp 25 ribu – Rp 50 ribu)

Biaya cuci mobil

Cuci mobil manual

Biaya cuci mobil yang pertama akan kita bahas adalah cuci mobil manual. Ini memang banyak kita temui di berbagai sudut wilayah, kelebihannya adalah tarif yang murah mulai Rp 25 ribuan.

Jenis layananya ada beberapa pilihan. Mulai dari cuci body dan semir ban. Ada pula cuci body, semir ban, dan vakum interior. Kalau mau pilih paket lengkap, bisa cuci body, semir ban, vakum interior serta cuci kolong dan mesin.

“Kebanyakan konsumen memilih paket cuci body, semir ban dan vakum interior dengan harga Rp 30 ribu. Kalau body dan semir saja Rp 25 ribu. Berbeda jika dengan membersihkan kolong dan mesin alias paket lengkap harganya Rp 50 ribu,” jelas Wahyudi, kasir dari tempat cuci mobil di wilayah Karang Tengah, Lebak Bulus (19/9/2022).

Sebagai informasi, cuci kolong dan cuci mesin di tempat cuci mobil manual tidaklah seperti di tempat car wash hidrolik. Di tempat ini, para pekerjanya hanya membersihkan kotoran-kotoran yang terlihat kasat mata saja, tidak sampai sedetail itu.

Baca juga  Knalpot Mobil Keluar Air, Apakah Normal?

Walau demikian, ada beberapa kelebihan cuci mobil manual. Diantaranya adalah konsumen bisa request bagian mana yang perlu diperhatikan.

“Beberapa konsumen request ke pekerja cuci mobil di sini. Misalnya minta divakum lebih detail dibagian sudut dan kolong jok, karena mobilnya sering membawa anak kecil dan banyak sisa makanan yang nyelip di sudut-sudut bawah jok,” imbuh Wahyudi.

Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Sesuai namanya, tempat cuci mobil manual tentunya menggunakan tenaga manusia. Jadi, ambil contoh seperti hari libur biasanya tempat cuci mobil ramai. Nah, jika ramai tentu namanya manusia juga tenaga ada batasannya. Jadi terkadang hasil cuciannya kurang bersih karena pekerja yang mencuci mobil sudah kelelahan.

Selain itu, yang perlu diperhatikan di tempat cuci mobil manual adalah penggunaan sampo atau sabun untuk mencuci mobil. Beberapa tempat menggunakan sabun cuci mobil yang kualitasnya buruk sehingga membuat lapisan cat mobil menurun.

Ongkos Cuci Mobil Hidrolik Cukup Masuk Akal (Rp 45 ribu – Rp 75 ribu)

Biaya cuci mobil

Cuci mobil hidrolik

Biaya cuci mobil berikutnya adalah menggunakan hidrolik, mulai dari Rp 45 ribu. Jenis car wash ini juga sudah mulai ramai dan merambah ke daerah-daerah alias bukan hanya di kota-kota besar saja.

Cuci mobil hidrolik adalah cuci mobil yang menggunakan alat dengan sistem hidrolik untuk mengangkat mobil yang akan dicuci. Tujuannya agar lebih mudah dan jelas saat mencuci bagian kolong mobil.

Baca juga  Harga Nissan X-Trail Bekas, Sangat Terjangkau!

“Cuci mobil pakai sistem hidrolik sudah banyak sekarang. Namun, namanya usaha jasa maka yang membedakan ada di pelayanan yang nantinya untuk kepuasan pelanggan,” terang Wati, kasir dari tempat cuci mobil hidrolik di Cirendeu.

Biaya untuk cuci mobil memakai hidrolik memang lebih mahal dari cuci mobil manual. Selain membersihkan kolong lebih bersih, sampo yang digunakan juga umumnya sudah khusus untuk mobil.

“Kami pakai sampo khusus untuk cuci mobil, jadi konsumen tidak perlu khawatir catnya menjadi kusam saat mencuci mobilnya disini. Kami juga melakukan proses pengeringan di tempat khusus, sehingga lebih optimal,” tambah wati.

Oh ya, sebagai catatan penting. Saat memilih tempat cuci mobil hidrolik pastikan alat hidroliknya berfungsi dengan optimal. Sebab, beberapa waktu lalu ada kasus mobilnya terjatuh saat sedang diangkat hidroliknya.

Tarif Cuci Mobil Robotik Lumayan Mahal (Rp 80 ribu – Rp 150 ribu)

Biaya cuci mobil

Cuci mobil robotik

Selanjutnya, biaya cuci mobil robotik atau otomatis yang saat ini berkisar Rp 80 ribu hingga RP 150 ribu. Tempat car wash robotik umumnya disambangi oleh pemilik mobil yang ingin cepat proses cuci mobilnya.

Seperti namanya, cuci mobil robotik menggunakan mesin khusus yang bisa membersihkan bagian body (eksterior) secara keseluruhan. Mulai dari menyiram air, menyiram air dengan shampo, dan membilasnya. Hanya saja untuk proses pengeringan masih menggunakan tenaga manusia alias manual.

Kelebihan dari cuci mobil robotik jelas adalah tidak membutuhkan waktu lama yaitu cuma sekitar 10 menit. Namun kekurangannya adalah saat proses penyiraman dengan cairan air dan sampo, body mobil tidak digosok secara detail. Selain itu, hanya bagian luar saja yang dicuci. Alhasil sudah eksteriornya tidak terlalu bersih, interionya tidak disentuh.

Baca juga  Cara Pasang Klakson Keong di Mobil, Mudah Banget!

Alternatif Cuci Mobil Waterless, Harganya Cukup Mahal (Rp 50 ribu – Rp 100 ribu)

Biaya cuci mobil

Cuci mobil waterless

Cuci mobil tanpa menggunakan air? Ya kini memang sudah ada car wash waterless. Di mana cuci mobil hanya menggunakan cairan polimer yang bisa mengangkat debu dan kotoran di bodi mobil. Tarifnya mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribuan.

Hanya saja, cuci mobil waterless diperuntukan untuk mobil dengan kondisi yang tidak kotor parah. Jadi kalau sampai mobilnya kotor karena lumpur, tentu tidak bisa hanya pakai metode ini.

Kelebihan dari cuci mobil waterless, tidak membutuhkan sumber air. Alhasil bisa dilakukan di mana saja. Selain itu jenis cairan waterless juga sudah banyak dijual dan harganya tidak terlalu mahal. Menariknya lagi, cairan yang digunakan menandung polimer dan wax, maka hasilnya lebih kinclong.

Cuci mobil di Rumah Paling Murah

Biaya cuci mobil

Cuci mobil di rumah lebih murah dan leluasa

Pilihan cuci mobil yang terakhir adalah cuci mobil di rumah yang tentu saja tidak dikenakan biaya. Apakah lebih murah? Jawabannya jelas iya. Sebab pemilik mobil hanya membeli shampo, beberapa sikat pembersih, beberapa kain lap, kanebo dan semir ban. Dan equipment tersebut tentunya bisa digunakan berkali-kali, jadi lebih irit.

Selain itu, mencuci mobil di rumah juga hasilnya bisa lebih optimal karena umumnya pemilik mobil lebih leluasa untuk membersihkan setiap sudut mobil.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya cuci mobil. simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika