oleh

Plus Minus Cuci Mobil Otomatis, Cepat Tapi Kurang Detail

Seiring perkembangan zaman, tempat cuci mobil bukan hanya menggunakan tenaga manusia saja. Namun juga terdapat cuci mobil otomatis yang sudah menggunakan tenaga mesin atau robotik.

Keberadaanya sudah mulai menjamur, bukan hanya di kota-kota besar saja seperti Jakarta. Di daerah seperti Pekalongan, Kendal dan kota kecil lainnya juga sudah hadir tempat cuci mobil tersebut.

Tempat cuci mobil otomatis hadir karena tuntutan masyarakat yang membutuhkan jasa membersihkan mobil namun tidak membutuhkan waktu lama. Meski tentunya cuci mobi otomatis juga mempunyai kekurangan dan kelebihan.

“Cuci mobil otomatis banyak dimanfaatkan oleh para konsumen yang beraktivitas tinggi. Misalnya mau pergi meeting tp mobilnya kotor, biar ga malu-maluin di area kerjanya, mobil dicuci otomatis dulu,” ungkap Ucok, salah satu staff tempat cuci mobil otomatis dibilangan Permata Hijau, Jakarta Selatan. (20/12/2021).

Nah, untuk mengetahui plus minus cuci mobi otomatis lebih jauh, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Cuci Mobil Otomatis

  • Waktu Lebih Cepat

cuci mobil otomatis
Proses pencucian lebih cepat

Salah satu kelebihan dari cuci mobil otomatis adalah durasi proses pencucian. Yup, cuci mobil yang menggunakan alat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit untuk mencuci bagian eksterior mobil.

  • Pemilik Tidak Perlu Turun Dari Mobil

Selain itu, kelebihan selanjutnya adalah pemilik mobil tidak perlu turun dari mobil selama proses pencucian tersebut. Jadi jika pemilik mobil tersebut sedang melakukan aktifitas kerja menggunakan gawai ponsel atau laptop masih tetap bisa dilakukan dari dalam mobil.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

Kekurangan Cuci Mobil Otomatis

  • Mobil Jadi Baret Halus

cuci mobil otomatis
Muncul baret halus yang disebabkan karena material pembersih mesin cuci mobil terbuat dari plastik

Salah satu kelemahan atau kekurangan dari cuci mobil otomatis adalah bisa menimbulkan baret halus pada bagian bodi mobil. Sebab material yang digunakan sebagai alat pembresihnya terbuat dari plastik.

  • Sudut-sudut Mobil Tidak Bersih

Selain berpotensi menimbulkan baret pada bodi  mobil, kekurangan cuci mobil otomatis lainnya adalah kurang maksimal membersihkan bagian-bagian sudut mobil. Sebab mesin pencuci hanya berputar mengikuti jalur yang sudah diseting.

Meski demikian, beberapa tempat mobil cuci otomatis tetap menggunakan tenaga manusia alias manual untuk membersihkan bagian-bagian yang tidak tersentuh oleh alat cuci mobil otomatis.

“Kita juga menyiapkan tenaga manusia untuk memaksimalkan proses pencucian. Jadi setelah mobil keluar dari mesin otomatis akan dibersihkan kembali oleh tenaga manusia, khususnya bagian-bagian sudut mobil seperti sela-sela bumper, grill, velg serta bagian lain yang sekiranya masih terdapat kotoran yang menempel,” tambah Ucok.

  • Interior Tidak Dibersihkan

Tempat cuci mobil otomatis diburu para konsumen yang ingin waktu pencuciannya cepat. Maka umumnya tempat cuci mobil otomatis hanya membersihkan bagian eksteriornya saja.

Baca juga  6 Cara Cuci Mobil Yang Benar, Jangan Salah Langkah

Meski demikian, saat ini beberapa tempat cuci mobil otomatis juga menawarkan pilihan paket membersihkan interior. Itupun juga menggunakan vacum cleaner agar proses pembersihan interior lebih cepat.

  • Harga Lebih Mahal Dari Cuci Manual

Soal harga, mayoritas tempat cuci mobil otomatis mematok harga kisaran Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu. Sedangkan untuk cuci mobil manual kisaran harganya Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu.

Pun begitu juga dengan paket membersihkan bagian interior, untuk cuci mobil manual kisaran harganya Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu. Sedangkan tempat cuci mobil otomatis rata-tara dipatok harga Rp 50 ribu.

Kekurangan Tempat Cuci mobil manual

cuci mobil otomatis
Tempat cuci mobil manual

Nah, jika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan tempat cuci mobil otomatis, ada baiknya juga mengetahui plus minus tempat cuci manual.

  • Waktu pengerjaan lama

Yup, mencuci mobil tempat cuci mobil manual memang membutuhkan waktu setidaknya 60 menit termasuk mengikuti antrean. Namun jika tidak ada antrean waktu yang dibutuhkan sekitar 30 sampai 45 menit.

Hal tersebut jelas karena menggunakan tenaga manusia, yang notabennya manusia punya rasa capek dan tenaga akan berkurang jika sudah mengerjakan 5 mobil.

Baca juga  Cuci Mobil Tanpa Air, Bisa Bersih?

“Ya namanaya manusia pasti ada rasa capeknya. Kalau hari libur atau weekend konsumen membludak, sehari kami bisa mengerjakan sekitar 100 mobil dengan pekerja 10 orang. Meski begitu kami tetap professional, kepuasan konsumen tujuan utama kami,” terang Cipto, kasir di salah satu tempat cuci mobil manual dibilangan Cinere.

  • Kualitas Shampo Mobil Kurang Bagus

Beberapa pemilik mobil ada yang mengeluhkan bodi dan kaca menjadi jamuran setelah beberapa kali mencuci mobil di tempat yang sama. Hal itu bisa disebabkan karena penggunakan shampo mobil  yang kurang berkualitas.

“Memang masih ada beberapa tempat cuci mobil manual yang penggunaan shampo mobil yang kurang bagus, bahkan ada yang masih menggunakan sabun colek yang sudah dicampur air terlebih dahulu. Hal tersebut pastinya akan berimbas buruk pada bodi dan kaca mobil. Di tempat kami shampo mboil yang digunakan berkualitas, terbukti mayoritas yang dating adalah pelanggan lama yang memang sudah rutin mencuci mobil disini,” jelas Cipto.

Moladiners, itulah ulasan mengenai plus minus cuci mobil otomatis serta cuci mobil manual. Untuk infromasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru