oleh

Cuci Mobil Tanpa Air, Bisa Bersih?

Seiring perkembangan zaman tentu saja ada inovasi baru yang notabene memudahkan aktivitas manusia. Nah, kali ini kami akan mengulas salah satu terobosan di dunia car wash yaitu cuci mobil tanpa air.

Di beberapa kota besar seperti Jakarta, sudah terdapat jasa cuci mobil tanpa air. Hal tersebut bukanlah sulap atau sihir. Melainkan mencuci mobil dengan menggunakan cairan khusus sebagai pengganti air.

Apa bisa? dan apa bersih? Itu merupakan dua pertanyaan yang sering dilontarkan pemilik mobil yang baru pertama kali mendengar hal tersebut. Pasalnya mencuci mobil identik dengan menggunakan air.

Cuci mobil tanpa air atau sering dikenal waterless car wash sudah mulai bertebaran. Cara cuci mobil ini tentunya mendapat sambutan positif dari para pemilik mobil. Sebab, para pemilik mobil bisa leluasa mencuci mobilnya di mana saja tanpa membutuhkan sumber air.

“Cuci mobil tanpa air memang sudah mulai banyak dibuka di beberapa kota besar, namun hal tersebut belum bisa menyaingi cuci mobil yang menggunakan air. Sebab cuci mobil tanpa air tersebut ditunjukkan bagi pemilik mobil yang kendaraannya tidak terlalu kotor,” ungkap Ucok, salah satu tempat cuci mobil otomatis di Permata Hijau. (20/12/2021).

Jika kamu berminat untuk mencoba cuci mobil tanpa air, mari kita simak cara-cara berikut ini:

Langkah yang Dilakukan Saat Cuci Mobil Tanpa Air

1. Siapkan Cairan Waterless dan Kain Microfiber

cara cuci mobil tanpa air
Siapkan perlengkapan seperti caoran waterlesss dan kain microfiber terlebih dulu.

Langkah pertama untuk melakukan cara cuci mobil tanpa air adalah dengan menyiapkan peralatan dan perlengkapannya. Seperti kain microfiber, cairan waterless yang akan digunakan, serta kain lap bersih berbahan katun.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

Kamu juga bisa membeli cairan waterless ini di pasaran. Pilihannya beragam, ada Auto Glaze, Masterpiece, hingga Diamond. Harga carian tersebut mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribuan.

2. Semprotkan Cairan Waterless ke Setiap Bagian Bodi Mobil

cara cuci mobil tanpa air
ilustrasi cairan waterless disemprot ke bodi mobil

Kemudian, Langkah selanjutnya cara cuci mobil tanpa air adalah dengan menyemprotkan cairan waterless ke bagian mobil yang akan dicuci dengan rata.

“Awalnya saya penasaran dan kemudian membeli produk waterless karena ingin mencoba sendiri di rumah. Caranya mudah, cukup semprotkan cairan waterless ke bagian mobil yang akan dicuci atau dibersihkan. Untuk mempermudah proses pengerjaan dan mendapatkan hasil yang optimal disarankan perngerjaan per panel,” terang Fariz, salah satu kolektor mobil premium di bawah Rp 1 miliar.

Fariz juga mengungkapkan, supir pribadinya lebih  mudah untuk membersihkan mobil saat diparkiran mall. Karena tidak perlu menggunakan air yang notabennya tidak akan diizinkan oleh pihak security mall tersebut.

3. Gosok dengan Lap Microfiber

cara cuci mobil yang benar
Gosok mobil dengan kain microfiber

Jika sudah menyemprotkan cairan waterless tersebut, langkah selanjutnya gosok dengan lap microfiber. Caranya, lipat dulu kain microfiber menjadi dua atau empat bagian. Tergantung kondisi kotoran ringan mobil yang menempel. Bersihkan dengan cara menggosok perlahan tiap bagian mobil yang sudah disemprot cairan tersebut.

Baca juga  Plus Minus Cuci Mobil Otomatis, Cepat Tapi Kurang Detail

Kemudian, cara mengelapnya juga ada tekniknya agar mobil tidak mengalami baret halus. Jika kain microfiber yang sudah digunakan untuk mengelap dan akhinya terdapat kotoran yang menempel, lap bagian mobil dengan sisi lain kain microfiber yang masih bersih. Ini terbukti sukses untuk mengindari baret halus.

Jika dirasa semua sisi kain microfiber sudah digunakan untuk mengelap bagian-bagian bodi mobil, gunakan kain micro fiber yang baru. Idealnya saat melakukan cuci mobil tanpa air itu menyiapkan 3 sampai 5 kain micro fiber.

4. Lap dengan Kain Katun Kering

cara cuci mobil tanpa air
Cara terakhir adalah lap mobil dengan kain katun

Setelah selesai menggosok dengan lap microfiber, langkah selanjutnya untuk cuci mobil tanpa air adalah mengelap dengan menggunakan kain katun. Hal tersebut bertujuan untuk manghasilkan bodi mengilap yang lebih optimal.

Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri. Cuci mobil tanpa air juga sudah bisa dilakukan di pinggir jalan dengan biaya Rp 50 ribu hingga 100 ribuan.

Kelebihan Cuci Mobil Tanpa Air

  • Tidak membutuhkan sumber air, sehingga bisa melakukan cuci mobil di mana saja dan kapan saja.
  • Harga cairan waterless murah dan pilihan mereknya sudah banyak, sehingga bisa memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.
  • Hasilnya mobil lebih kinclong, karena cairan waterless mengandung wax.

Kekurangan Cuci Mobil Tanpa Air

cara cuci mobil tanpa air
Cuci mobil tanpa air, tidak bisa untuk mobil dengan kotoran banyak seperti habis offroad

Meskipun mempermudah untuk urusan cuci mobil, nyatanya cuci mobil tanpa air juga mempunyai kekurangan.

  • Hanya Bisa Digunakan Untuk Kotor ringan di Mobil

Kekurangan cuci mobil tanpa air yang pertama adalah proses cuci mobil seperti ini hanya bisa diperlakukan untuk mobil yang tingkat kekotorannya ringan. Seperti habis terkena air hujan atau menghilangkan kotoran ringan seperti debu yang menempel.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

Jika kotorannya berat, seperti tanah bekas mobil offroad. Tentu kamu harus membilasnya dulu dengan air bersih. Kemudian baru bisa dilakukan dengan metode semprot seperti yang sebelumnya sudah diberitahu.

  • Kain Lap Tidak Bisa Sembarangan

Seperti diungkapkan sebelumnya, bahwa kain lap untuk mengeringkan cairan waterless yang sudah disemprotkan ke bodi mobil adalah jenis kain microfiber. Misal menggunakan kain selain microfiber adalah kain katun yang lembut, Itu pun digunakan pada langkah terakhir untuk memastikan hasil yang optimal.

Berbeda dengan cuci mobil yang menggunakan air, untuk mengeringkan air yang menempel pada bagian-bagian mobil tentu digunakan chamois (kanebo). Baru setelahnya menggunakan kain katun microfiber.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara cuci mobil tanpa air. Cara cuci tersebut memang bisa digunakan, namun dengan catatan hanya untuk kondisi mobil yang tingkat kotornya ringan.

Sebab jika kondisi mobil tingkat kotornya parah haram menggunakan cara cuci mobil tanpa air, karena imbasnya mobil bisa muncul baret karena kotoran belum rontok dari bodi mobil.

Tertarik mencobanya? Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru