Begini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak dan Soak, Super Mudah!

Salah satu bagian paling penting dalam mobil atau motor adalah aki. Aki berfungsi sebagai sumber listrik untuk mengalirkan arus listrik ke komponen mesin yang membuat mesin jadi hidup. Aki punya dua tipe yaitu aki kering dan aki basah.

Kini banyak kendaraan yang menggunakan aki kering. Banyak orang mengira bahwa aki kering jika sudah soak tidak bisa diperbaiki. Padahal sebenarnya aki kering bisa diperbaiki asalkan kondisi cell-nya masih bagus sehingga bisa diisi listrik lagi. Aki kering yang cell-nya sudah rusak lah yang seharusnya diganti dengan yang baru. Tapi jika masih bagus masih bisa diperbaiki.

Berikut ini Moladin akan coba hadirkan cara memperbaiki aki kering yang rusak atau soak. Check these out!

Siapkan:

  • Air aki (zuur)
  • Obeng minus atau pencukit
  • Lem plastik
  • Suntikan tinta printer.

Cara Memperbaiki Aki Rusak

Cara memperbaiki aki kering rusak atau soak:

  1. Lepaskan aki dari tempatnya pada motor. Lepaskan kutub positif aki.
  2. Lalu, bersihkan bagian luar aki. Ini agar saat nanti memperbaiki aki, kotoran tidak akan jatuh ke dalamnya. Pakai lap untuk membersihkan kotoran pada badan aki.
  3. Buka tutup aki kering bagian atas sampai terbuka dengan menggunakan obeng. Membukanya pun juga harus hati-hati dan tidak boleh kasar karena berisiko merusak aki. Jika rusak aki malah tidak bisa diperbaiki dan harus mengganti dengan yang baru.
  4. Setelah terbuka, akan tampakadanya enam lubang yang digunakan untuk menyimpan air aki atau air zuur.Sebelum memasukkan air ke dalam lubang tersebut, pastikan semua cell masih dalam keadaan yang baik. Setiap lubang memiliki penutup karet yang harus dibuka sebelum memasukkan air zuur ke dalamnya.
  5. Masukkan air zuur dalam tabung suntik dan suntikkan ke dalam tiap-tiap lubang. Suntikkan jarum ke dalam lubang karet sampai 1 cm di bawah lubang tersebut. Lakukan sampai semua lubang sudah terisi. Isi sampai merata dan penuh. Tutup kembali lubang karet. Saat memasukkan air zuurharus hati-hati. Jangan sampai terkena tangan karena bisa menimbulkan
  6. Langkah selanjutnya adalah pasang kembali penutup aki dan lem dengan lem plastik yang sudah disiapkan. Pastikan semua lubang sudah tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk atau keluar.
  7. Isi tegangan atau daya listrik aki. Ini bisa dilakukan dengan setrum aki atau dengan mengecharge aki atau melakukan jumper aki. Lakukan pengecekan dan aki bisa dipakai kembali.
  8. Jika tegangan sudah terisi, aki siap untuk menghidupkan mesin motor kamu.

Aki Kering

Aki dengan cell yang masih sehat atau baik akan bisa menyala kembali. Jika tidak, maka sudah saatnya kamu untuk mengganti aki yang lama dengan aki yang baru. Setiap bagian dari mesin motor memang memiliki masa aktif masing-masing. Begitu pula dengan aki kering. Aki ini memiliki masa berlaku, karenanya wajib untuk mengecek keadaannya secara teratur atau berkala.

Dengan mengikuti cara memperbaiki aki kering seperti petunjuk di atas, aki akan bisa berjalan dengan maksimal asalkan tidak ada kerusakan fisik yang fatal seperti kebocoran dan lain sebagainya. Karena itu pastikan kamu senantiasa berhati-hati saat melakukan proses memperbaiki aki kering ini ya.

Untuk mencegah aki cepat soak sebenarnya ada caranya, berikut Moladin coba ulas untuk kamu:

  1. Yang pertama adalah hindari melakukan modifikasi yang berlebihan. Ini bisa mengonsumsi listrik lebih banyak daripada seharusnya. Hemat pemakaian listrik pada motor. Matikan lampu saat akan mematikan motor. Dan hidupkan lampu saat mesin sudah hidup.
  2. Bersihkan aki secara teratur. Bagian yang wajib diperhatikan kebersihannya adalah terminal aki. Terminal aki yang tertutup debu atau kotoran akan menghambat hantaran listrik dari aki ke komponen motor. Jalannya motor pun tidak akan maksimal.
  3. Jangan lupa untuk selalu menghidupkan mesin motor dan memanasinya terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit sebelum digunakan untuk beraktivitas. Mesin yang tidak pernah dipanasi akan sangat rentan membuat aki cepat rusak atau soak. Karena itu jangan pernah malas untuk memanasi mesin motor sebelum memakainya untuk beraktivitas ya.

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

Selain karena masa pakainya yang sudah mendekati expired, aki yang soak tentu ada penyebabnya. Meskipun cara memperbaiki aki kering yang rusak cukup mudah, namun ada baiknya untuk mencegahnya kan? Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Satu tips lain yang tidak kalah pentingnya adalah jangan lupa untuk mencatat tanggal penggantian aki saat kamu mengganti aki yang memang rusak dengan yang baru. Ini akan memudahkan kamu dalam mengantisipasi mesin yang mogok karena aki yang sudah saatnya diganti. Ini juga akan mempermudah kamu mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan penggantian aki lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya. Nantikan selalu tips lain yang tak kalah bermanfaat hanya di Moladin.com.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *