by

Cara dan Syarat Perpanjang STNK, Tidak Perlu Calo!

-Tips & Trik, Motor-1,202 views

Syarat Perpanjang STNK – Apakah kamu tahu kepanjangan STNK? Buat yang belum tahu, inilah kepanjang STNK: Surat Tanda Nomor Kendaraan. 

Bisa dikatakan STNK merupakan identitas motor kamu. Kalau motor tanpa STNK, bisa dianggap hasil curian atau ilegal. Lebih sepelenya lagi, kalau tidak punya STNK, kamu tidak bakal boleh parkir di mal, perkantoran, dan lokasi tertentu.

Di dalam STNK, terdapat keterangan identitas kendaraan bermotor beserta pemiliknya. Selain itu, ada informasi besaran pajak dan masa berlaku STNK. Jika lupa memperpanjang STNK, berarti kamu juga lalai membayar pajak kendaraan bermotor.

Bila masa berlaku STNK mati melebihi dua tahun berturut-turut, maka sanksinya lebih mengerikan lagi. Nomor kendaraan bakal langsung dihapus di bagian registrasi dan identifikasi (regident) kendaraan bermotor alias hangus.

Supaya kamu aman dari penghapusan data, segeralah memperpanjang STNK sebelum masa berlakunya habis. Kalau belum pernah memperpanjang STNK karena baru punya motor, lewat tulisan ini akan dibahas cara dan syarat perpanjang STNK.

Ingat, tak perlu melibatkan calo. Caranya mudah, asalkan kamu tahu syarat dan prosedurnya. Perhatikan baik – baik ya, supaya prosesnya lancar jaya.

Perpanjangan STNK Lima Tahun Sekali, Tapi Pengesahannya Setiap Tahun

syarat perpanjang stnk 002
Khusus pengesahan STNK, bisa dilakukan di rumah saja lewat aplikasi Samolnas

Perlu kamu ketahui, STNK ini berlaku selama lima tahun. Namun demikian, setiap tahun, kamu perlu memperoleh pengesahan dari SAMSAT. Polisi akan menandai setiap kotak dengan stempel atau stiker.

Jumlah kotak ada lima, setelah semua kotak terisi, kamu harus mengganti STNK sekaligus TNKB (pelat nomor). Dari keterangan tersebut bisa disimpulkan ada dua macam pengurusan STNK: perpanjangan setiap lima tahun dan pengesahan setiap tahun.

Bagaimana cara pengesahan STNK? Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Syarat Pengesahan STNK untuk Kendaraan Pribadi

5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Urus STNK Hilang 3
Secara manual pun dapat dilakukan dengan mengunjungi samsat terdekat

Syarat untuk melakukan pengesahan STNK 1 (satu) tahun adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Khususnya untuk kendaraan bermotor dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di atas Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah);
  • Fotokopi STNK;
  • Fotokopi BPKB;
  • Surat Keterangan dari perusahaan leasing (asli) untuk kendaraan bermotor dengan cara sewa beli;
Baca juga  7 Penyebab Motor Matic Mati Mendadak, Sudah Tahu?

Semua syarat tersebut, wajib melampirkan aslinya. Jangan sampai lupa, jadi bukan cuma lembar fotokopinya saja ya! Setelah itu, kamu perlu datang ke kantor Samsat terdekat.

Di sana, serahkan semua syarat tersebut. Kemudian bayar pajaknya. Di hari yang sama, kamu bakal mendapat STNK dengan pengesahan.

Pengesahan STNK Via Online

syarat perpanjang STNK
Tahapan perpanjang stnk lewat aplikasi Samolnas

Saat ini kamu bisa juga melakukan pengesahan STNK via online. Jadi, tidak perlu lagi datang ke Samsat. Hal tersebut tentu mempermudah supaya kamu dapat di rumah saja.

Bagaimana caranya? Simak tahapan berikut:

  • Unduh aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas);
  • Lakukan pendaftaran dengan mengisi data berupa nomor polisi, nomor induk kependudukan, dan lima digit nomor rangka terakhir;

  • Kemudian kamu akan dikasih kode bayar yang berlaku selama dua jam. Pembayaran pajak dapat dilakukan via bank, ATM, dan modern channel lain;

  • E-Pengesahan STNK bakal kamu terima. Hanya saja masa berlakunya cuma 30 hari. Lalu disusul Stiker pengesahan STNK yang bakal dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai domisili.

Cara dan syarat perpanjang STNK Lima Tahunan

Syarat Perpanjangan STNK

Ada beberapa hal yang harus kamu sediakan sebelum pergi ke SAMSAT terdekat. Berikut keterangan lengkapnya:

  • STNK asli dan 1 lembar salinan
  • KTP asli dan 1 lembar salinan. KTP harus sama dengan STNK.
  • BPKB asli dan salinan.
  • Kendaraan yang ingin diperpanjang STNKnya.
  • Uang pembayaran
  • Map
  • Pulpen
Baca juga  Mengupas Efek Pasang Per Sok Depan Terbalik, Pengaruh?

Dua hal terakhir memang bersifat opsional, tapi tentunya lebih cepat dan rapi jika membawa dari rumah. Kalau semua sudah siap, saatnya kamu berangkat ke SAMSAT. Lebih bagus jika datang lebih pagi, karena sebelum loket buka, biasanya sudah ada antrian. Ini langkah – langkah yang kamu lakukan:

1. Lakukan Cek Fisik Kendaraan Sebagai Salah Satu Syarat Perpanjang STNK

syarat perpanjang STNK
Kamu wajib bawa motor untuk dicek fisik

Agar antrean tidak terlalu lama, kamu langsung saja menuju ke bagian cek fisik dan ambil nomor urut. Cek ini gratis, namun boleh saja kalau kamu memberi uang lelah kepada petugas, tidak wajib kok. Jika tidak terlalu antre, cek fisik maksimal 10 menit.

Setelah cek fisik tuntas kamu perlu melakukan validasi. Letakkan kendaraan di parkiran lalu pergilah ke bagian legalisasi. Serahkan hasil cek fisik dan tunggu prosesnya, sekitar 10 – 15 menit tergantung antrian.

3. Ambil Formulir Perpanjangan STNK

syarat perpanjang stnk
Jangan lupa isi formulir dengan benar

Sekarang, kamu ambil formulir perpanjangan STNK di loket yang tersedia. Baca dengan teliti dan isi informasi yang diperlukan dengan cermat. Jangan sampai terlewat satu kolom pun.

Lebih jelasnya, kamu bisa bertanya kepada petugas terlebih dahulu untuk memastikan kolom mana saja yang wajib kamu isi.

4. Bayar Pajak STNK

Sediakan uang lebih, ketika ingin beli
Sediakan uang untuk melakukan pembayaran pajak STNK

Ambil dokumen yang telah kamu siapkan dari rumah, cek sekali lagi untuk memastikan kelengkapannya. Masukkan hasil legalisasi cek fisik beserta formulir pendaftaran yang sudah kamu lengkapi ke dalam map. Berikan seluruh berkas kepada petugas pendaftaran.

Petugas akan memberikan nomor antrian. Sekarang kamu bisa beristirahat sembari menunggu panggilan. Jika hari itu termasuk sepi, tidak sampai 30 menit kamu sudah dipanggil. Sekali lagi, ini tergantung antrian.

Baca juga  Serba-Serbi Spare Part Motor Retro dan Tips Mencarinya

Setelah petugas memanggil namamu, segera bayar sesuai nominal yang tercantum di lembar pajak. Sebagai gantinya, petugas akan mnyerahkan dua bukti pembayaran, biru dan putih. Lembar putih digunakan mengambil pelat nomor baru, sedangkan lembar biru untuk STNK baru.

5. Ambil STNK dan Pelat Nomor Baru

Peraturan Plat Nomor Motor
Setelah selesai, pelat nomor dan STNK baru kamu wajib ambil

Ambil STNK dan Pelat Nomor. Di titik ini, proses perpanjangan STNK kamu hampir 100%. Kamu tinggal ambil STNK dan pelat nomor di tempat yang sudah disediakan. Jangan lupa memeriksa kembali kecocokan data antara STNK dengan kendaraan kamu dengan teliti. Kesalahan satu huruf atau angka akan menjadi masalah besar.

Nah, bila tidak ada kesalahan, maka perpanjangan STNK kamu sudah selesai. Selain STNK, petugas memberikan bukti pembayaran pajak terbaru. Jika dikalkulasi, kamu butuh waktu minimal 1 jam untuk melakukan perpanjangan STNK.

Baca Juga :

Cara dan Syarat Perpanjangan STNK Via Drive Thru

Samsat Drive Thru

Ini terobosan terbaru dari SAMSAT yang memudahkan pemilik kendaraan. Kamu bahkan tak perlu turun dari kendaraan untuk melakukan perpanjangan. Sebelumnya, sama seperti di loket, kamu harus membawa seluruh persyaratan. Kalau lupa, bisa tengok kembali bagian sebelumnya.

Di Drive Thru SAMSAT, ada dua loket yang tersedia, loket pertama adalah bagian pengecekan berkas dan loket kedua untuk pembayaran pajak. Saat syarat lengkap, maka kamu butuh tidak lebih dari 20 menit untuk melakukan perpanjangan STNK. Mudah kan? Selamat mencoba!

Terbaru