oleh

Biaya Skir Klep Mesin Mobil, Mahal?

Biaya skir klep mesin mobil menarik untuk dibahas. Sebab, meski komponen ini tergolong kecil bentuknya, namun jika terjadi kerusakan biaya perbaikannya bisa lebih dari Rp 5 juta.

Biaya skir klep mesin mobil umumnya ditentukan juga dari jenis dan merek mobilnya. Karena untuk melakukan skir klep mesin  mobil, mesin mobil harus dibongkar. Dan membongkar mesin mobil membutuhkan effort yang tinggi dan dibutuhkan keahlian dari seorang mekanik.

Nah, sebelum membahas lebih jauh biaya skir klep mesin mobil. Ada baiknya kita sedikit mengulas apa aitu skir klep mesin mobil.

Skir klep merupakan salah satu langkah perbaikan pada katup-katup di kepala silinder. Metode ini kerap dilakukan pada mobil yang klepnya mengalami kebocoran dan beberapa masalah keausan.

Pada beberapa mobil, bagian bantalan klep harus dilakukan penyesuaian agar mendapatkan celah standarnya. Sebab posisi klep akan cenderung lebih ke atas setelah dilakukan skir klep.

Celah klep yang tidak sesuai dapat menimbulkan sejumlah masalah. Mulai dari suara berisik, overheat, hingga penurunan performa mesin dan borosnya konsumsi bahan bakar akan jadi dampaknya. Ini dikarenakan saat panas, klep tidak tertutup sempurna sehingga masih ada kebocoran.

Tarif Skir Klep Tergantung Jenis Mobil

biaya skir klep mobil
Ilustrasi klep mobil yang ada di dalam mesin

“Biaya skir klep tergantung dari jenis mobilnya. Untuk mobil Jepang rata-rata dikisaran 2 juta sampai 5 jutaan. Sementara untuk mobil Eropa biasanya lebih mahal, bisa sampai Rp 7 juta ke atas, karena proses bongkar pasangnya mobil Eropa lebih rumit,” terang Zamroni, mekanik bengkel mesin mobil di Kawasan Pondok Cabe. (20/5/2022).

Baca juga  Lampu Indikator Aki di Mobil Menyala, Jangan Panik

Sementara itu, Aris Triyono selaku Service Advisor Daihatsu mengungkapkan jika skir klep mesin mobil bisa juga dilakukan di bengkel resmi.

“Namun kami biasanya menyarankan untuk mengganti dengan klep yang baru. Tujuannya jelas, dengan klep baru, otomatis umurnya akan lebih panjang dan hasil yang optimal,” terang Aris.

Sebagai informasi, harga dari klep mesin mobil sendiri variatif. Mulai dari Rp 500 ribuan. Tergantung merek dan jenis mobilnya. Namun begitu, ongkos skir dan bongkar pasang mesin mobilnya yang tergolong mahal, mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 5 jutaan.

Hal tersebut karena proses skir klep mesin mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Dimana proses skir klep mesin mobil tersebut mekanik harus bisa memastikan celah sesuai dengan klep.

“Skir klep mesin mobil bisa dilakukan secara manual dengan tangan atau menggunakan mesin bor. Bedanya jika menggunakan manual prosesnya akan lebih lama. Namun begitu menggunakan mesin bor dikhawatirkan klep dan sittingnya bisa termakan dan resikonya tidak bisa digunakan kembali. Namun jika mekaniknya sudah mahir dengan mesin bor ya sah-sah saja,” imbuh Zamroni.

Baca juga  Cara Menghitung Pajak Mobil, Jangan Terkecoh!

Ciri-ciri Klep Mesin Mobil Harus Diskir

Biaya skir klep mesin mobil
Knalpot mengeluarkan asap tebal berwarna putih merupakan salah satu tanda skir klep mesin mobil bermasalah
  • Keluar asap putih tebal dari knalpot

Ciri pertama klep mesin mobil harus diskir adalah munculnya asap putih tebal dari knalpot. Yup, asap putih tersebut muncul akibat oli yang ikut masuk ke ruang bakar melalui celah batang klep dengan bosh klep.

Selain itu, oli juga akan merembes ke ujung elektroda busi yang berpotensi mesin akan dipenuhi kerak karbon dari oli tersebut.

  • Performa mesin menurun

Ciri berikutnya yang bisa dikenali adalah performa mesin yang menurun. Normalnya, jika semua komponen mesin berfungsi optimal maka tenaga mesin bisa meraih puncaknya.

Akan tetapi jika performa mesin terasa menurun, sedangkan kompresi dalam kondisi baik maka dapat dipastikan klep mesin mengalami masalah. Ini dikarenakan ada oli yang masuk di dalam ruang bakar dan mengakibatkan pembakaran tidak normal. Imbasnya tenaga mesin jadi loyo.

  • Oli mesin tekor

Kemudian, jika volume oli mesin berkurang secara drastis, itu juga bisa menjadi indikasi adanya kebocoran pada klep mesin mobil. Klep mesin bermasalah atau bocor mengakibatkan oli akan rembes ke ruang pembakaran dan imbasnya oli mesin akan tekor alias berkurang volumenya.

  • Idle mesin lama

Idle mesin lama bisa dirasakan saat berkendara dalam kondisi jalanan macet. Saat mobil berjalan dan melakukan pengereman, putaran mesin membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke putaran mesin saat mobil diam (idle).

  • Mobil terasa ngerem saat lepas pedal gas

Pada saat melepaskan pedal gas dan sebelum menekan pedal rem ternyata mobil ‘semacam’ mengalami pengereman, jika hal tersebut terjadi, ini tanda klep mesin mobil aus.

Baca juga  4 Bagian Mobil yang Harus Dibersihkan Usai Mudik

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena pada saat pedal gas dilepas jumlah bahan bakar dan udara yang terbakar berkurang. Kemudian ketika oli masuk ke ruang pembakaran melalui seal klep, oli akan ikut terbakar dan imbasnya tenaga mesin akan berkurang drastis dan tampak seperti terjadi pengereman.

  • Konsumsi bensin jadi boros

Ciri klep mesin mobil bermasalah selanjutnya adalah konsumsi bahan bakar lebih boros. Yup, imbas oli yang rembes ke ruang pembakaran maka proses kerja ruang bakar juga tidak normal, sehingga bahan bakar yang diserap juga tidak sesuai alias boros.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya skir klep mesin mobil. simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru