Spesifikasi Daihatsu Ayla D, Mobil Termurah di Indonesia

Spesifikasi Daihatsu Ayla D – Sebagai mobil LCGC, Daihatsu Ayla punya banyak sekali varian. Salah satu yang menarik adalah varian D. Kenapa?

Mobil ini punya harga termurah di Indonesia. Banderolnya mulai Rp101,65 juta (OTR Jakarta). Coba bandingkan dengan saudara kembarnya, Toyota Agya yang dijual mulai Rp143,3 juta (OTR Jakarta).

Kompetitor lain, harganya juga lebih tinggi. Sebut saja Suzuki Karimun Wagon R Rp118,5 juta (OTR Jakarta) dan Datsun GO mulai Rp112,09 juta (OTR Jakarta).  

Dengan harga paling murah, bagaiaman spesifikasi Daihatsu Ayla varian D? Apakah layak dibeli? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Ada Dua Tipe Daihatsu Alya D

spesifikasi daihatsu ayla d
Harganya paling murah dibanding kompeitor seperti Toyota Agya, Karimun Wagon R, dan Datsun Go

Daihatsu Ayla varian D punya dua opsi tipe: 1.0 D MT E4 dan 1.0 D+ MT E4. Keduanya sama-sama dipersenjatai sistem transmisi manual manual. Jantung mekanisnya juga pakai 1.0L.

Hanya saja yang disebut sebagai mobil termurah di Indonesia adalah Daihatsu Ayla D MT E4. Harganya cuma Rp101,65 juta (OTR Jakarta). Sementara banderol Aylatipe D+ MT E4 lebih mahal Rp12 jutaan, jadi Rp113,85 juta (OTR Jakarta) 

Apa perbedaan dua varian ini, sehingga gap harganya cukup signifikan? Secara garis besar, tipe D+ memiliki lebih banyak aksesori sehingga tampilannya semakin istimewa.

Bila kamu ingin tahu detail spesifikasi Daihatsu Ayla tipe D dan D+, simak bahasan berikut:

Spesifikasi Daihatsu Ayla D 1.0 MT

Varian termurahnya, belum pakai AC dan head unit (Sumber: B Channel)

Desain sporty terlihat jelas pada dimensi mobil yang berukuran 3.640 x 1.600 x 1.520 mm ini. Ruang kabinnya pun terlihat cukup luas dan lega, baik pada bagian pengemudi maupun sisi penumpang. Mobil ini sanggup memuat 5 orang dalam sekali perjalanan

Bisa dibilang Daihatsu Ayla D 1.0 MT merupakan versi standar dari Ayla. Dengan berat kurang lebih 770 kg, Ayla D ini menjadi salah satu mobil teringan keluaran dari Daihatsu.

Mesin 1.0L Irit Bahan Bakar

Mobil dengan tipe D ini memiliki dapur pacu sebesar 998 cc yang ditandai dengan kode 1.0 pada variannya. Konfigurasinya pakai 3 silinder segaris, tanpa teknologi VVT-i.

Mesin ini mampu menyemburkan kekuatan maksimal hingga 65 PS pada 6.000 rpm. Adapun torsi maksimumnya adalah 86 N.m pada 3.600 rpm. Selain dikenal hemat bahan bakar, kapasitas tangki bensinnya cukup besar mencapai 33 liter.

Transmisi mobil besutan Daihatsu ini adalah manual, sesuai dengan kode yang disandangnya, yaitu MT. Ada 5 kecepatan yang bisa kamu coba saat berkendara dengan mobil ini.

Desain Minimalis

Bila melihat spesifikasi di atas kertas, desain Daihatsu Ayla D 1.0 MT sangat minimalis. Kamu bisa cek eksteriornya belum pakai pelek palang. Bodi tanpa aksen chrome sama sekali, kemudian tidak ada lampu kabut.

Masuk ke interior, kembaran Toyota Agya ini menggunakan jok material kain. Panel instrumennya pun sudah dilengkapi dengan indikator bahan bakar digital. Bahkan, Ayla D juga dilengkapi dengan board door trim, molded head lining, sun visor, dan B-pillar garnish. 

Walau begitu, Ayla D 1.0 MT belum punya head unit. Jadi jangan harap untuk mendengarkan musik di dalam mobil. Tidak hanya itu, air conditioning (AC).

Dari sisi kemananan Ayla D juga dilengkapi dengan sabuk pengaman pada baris pertama dan kedua. Tak lupa juga fitur side impact beam. 

Baca juga:

Spesifikasi Daihatsu Ayla D+ 1.0 MT

Tipe D+ dari sisi eksterior lebih elegan, karena pakai kover pelek

Spesifikasi Daihatsu Ayla D+ 1.0 MT memang tidak terlihat beda jauh kalau melihat eksterior. Tambahannya cuma ada di kover pelek, sehingga aura elegan lebih tampak.

Di samping itu, ternyata gap harga Rp12 jutaan berefek ke fitur yanga da di interior. Untuk menambah kenyamanan, Ayla D+  sudah dibekali dengan Air Conditioner (AC), power window, dan power door lock.

Kamu bahkan bisa menikmati alunan musik dengan fasilitas audio 1 DIN (CD, MP3, AUX, Radio, bahkan musik dari USB). Daihatsu Ayla D+ juga sudah dipersenjatai dengan electric power steering dan air ventilator.

Dengan segala macam tambahan tersebut, tak heran apabila Ayla D+  harganya lebih mahal daripada Ayla D. Ayla D+ dibanderol di kisan harga Rp 113,850,000, sedangkan Ayla D ada di kisaran Rp 101,650,000. 

Nah, sudah tahu kan spesifikasi kedua tipe Daihatsu Ayla D. Jangan lupa, pertimbangkan ketersediaan bujet saat membeli mobil idamanmu ya! 

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *