Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Bagai pinang dibelah dua, itulah kira-kira ungkapan yang pas untuk menggambarkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Maklum, keduanya merupakan hasil kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota dalam menciptakan mobil murah ramah lingkaungan (LCGC).

Walau kembar, namun apakah spesifikasinya sama? Ternyata tidak. Ingin tahu apa saja perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla? Untuk jawabannya, simak ulasannya di bawah:

Desain Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Berbeda

Toyota Agya
Agya punya aura sportif lebih kental dibanding Ayla, terlebih untuk varian TRD Sportivo

Meski tampak sama, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sebenarnya memiliki perbedaan minor pada desain eksteriornya. Bagian depan Agya mengusung desain grill yang mampu memberikan kesan lebih sportif, terlebih varian TRD Sportivo.

Sebaliknya, Ayla tampil lebih mewah desain wajah yang sedikit mengotak. Untuk bagian belakang, keduanya tidak memiliki perbedaan mendasar. Hanya saja, bagian spoiler Ayla ditambahkan motif lekukan sehingga tampilannya lebih dinamis.

Pilihan warna yang ditawarkan juga berbeda. Secara keseluruhan, Toyota agya memiliki 6 pilihan warna: kuning, hitam, silver, dark grey, merah, dan putih. Sementara itu, Daihatsu Ayla tersedia dalam warna oranye, merah, silver, putih, hitam, dan dark grey.

Beralih ke bagian interior mobil, untuk menciptakan nuansa sporty, keduanya sama-sama didominasi warna gelap. Khusus Agya sudah ada head rest untuk lima penumpang. Sementara Ayla cuma tersedia empat head rest, penumpang tengah di bangku baris kedua tidak tersedia.

Spesifikasi Mesin dan Performa

mesin Toyota Agya
Mesin Toyota Agya 1.0L sudah dilengkapi VVT-i. Sementara mesin Daihatsu Ayla 1.0L belum pakai VVT-i.

Bicara mengenai spesifikasi mesin, khusus varian 1.2L dibekali jantung mekanis yang sama. Keduanya pakai teknologi 4 Cylinder in-line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal 88 PS/6.000 rpm dan torsi maksimum 108 Nm/4.200 rpm.

Perbedaan hadir untuk varian mesin 1.0L. Daihatsu Ayla 1.0L punya konfigurasi mesin 3 Cylinder in-line, 12 Valves, dan DOHC. Sementara Toyota Agya 1.0L dibekali konfigurasi mirip, plus hadirnya teknologi VVT-i.

Efeknya Agya 1.0L punya performa lebih baik. Di atas kertas, mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal 67 PS/6.000 rpm serta torsi mencapai 89 Nm/4.400 rpm. Sementara Ayla 1.0L cuma bisa melontarkan tenaga 65 PS/6.000 rpm dan torsi 86Nm/3.600 rpm.

Perbedaan mesin 1.0L Ayla dan Agya memang tidak terlalu jauh. Hanya saja saat diajak berkendara, pasti tetap terasa bahwa Agya punya performa yang lebih mantap.

Baca juga:

Perbedaan Fitur Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

toyota agya dan daihatsu ayla
Ayla varian tertinggi sudah disematkan head unit layar sentuh

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, baik Toyota Agya dan Daihatsu Ayla telah difasilitasi dengan Dual SRS Airbags dan Side Impact Beam. Dua fitur ini akan memberi perlindungan ekstra dan memperkecil risiko cedera ketika terjadi kecelakaan.

Hanya saja, untuk Toyota Agya seluruh varian sudah dilengkapi Airbag. Sementara Daihatsu Ayla dimulai dari varian 1.0 X. Kelebihan lain dari Agya, menawarkan jok dengan Isofix yang berguna memudahkan pemasangan kursi bayi.

Satu lagi kelebihan Toyota Agya, ada fitur anti-lock braking system (ABS) khusus varian 1.2 TRD Sportivo. Daihatsu Ayla belum memiliki ini, bahkan di varian tertingginya.

Apalagi perbedaan keduanya? Khusus di fitur hiburan, Ayla unggul dibanding Agya. Varian tertingginya sudah dilengkapi head unit layar sentuh. Sementara Agya belum.

Harga

Toyota Agya dan Daihatasu Ayla
Daihatsu Ayla dijual dengan harga lebih murah dibanding Toyota Agya

Dari segi harga, Daihatsu Ayla dibanderol lebih murah dari Toyota Agya. Total ada 5 varian Toyota Agya di mana masing-masing seri dibanderol mulai dari Rp143.300.00 hingga yang paling mahal adalah Rp163.700.000.

Berbeda dengan pesaingnya, Daihatsu Ayla tampil dengan 16 varian di mana seri terendah dijual seharga Rp101.650.000 dan seri tertinggi dipasarkan dengan harga Rp155.350.000.

Demikian perbandingan mobil murah ramah lingkungan yang banyak dijual di pasaran. Kalau Anda berencana membeli mobil dengan dana terbatas, ke duanya bisa jadi bahan pertimbangan.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *