Friday, December 9, 2022
Banner

Mengupas Keistimewaan Interior dan Eksterior Daihatsu Rocky

by Baghendra Lodra

Sahabat Eksis! Ya, itulah panggilan Daihatsu untuk para pemilik Daihatsu Rocky. Bahasa yang dekat dengan anak muda itu menegaskan posisi compact SUV (Sport Utility Vehicle) ini sebagai kendaraan modern yang tampil trendy baik di interior dan eksterior.

Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 30 April 2021, mobil rakitan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini diciptakan sebagai jawaban bagi konsumen yang mencari mobil impian dengan desain stylish, memiliki sederet fitur terkini dan harga yang bersaing.

Peluncurannya ketika itu berlangsung secara virtual, kembaran Toyota Raize ini memiliki desain dengan kesan aktif dan kekinian yang dianggap cocok untuk konsumen berjiwa muda. Makanya tidak hanya bagian eksterior Daihatsu Rocky saja yang bisa tampil atraktif, interior juga istimewa.

Interior Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky Interior 01

Dashboard Rocky mengusung tema yang trendy

Masuk ke dalamnya, kabin Daihatsu Rocky didesain layaknya kokpit pesawat. Maksudnya, kursi pengemudi dan kursi penumpang dipisahkan oleh konsol tengah. Sementara itu bagian tengah dashboard tempat tertanamnya sistem multimedia dan pengaturan AC, layout dibuat mengarah ke pengemudi. 

Desain driver oriented ini bertujuan memudahkan pengemudinya mengakses sistem multimedia dan pengaturan AC. Selain itu, lingkar kemudinya sudah dilengkapi phone and audio steering switch untuk pengaturan sistem multimedia dan MID (Multi Information Display).

Oh ya, interior Daihatsu Rocky sudah menganut instrument cluster digital! Menariknya, full digital meter cluster itu memiliki empat mode tampilan yang bisa disesuaikan dengan selera pengemudi. 

Kursi pengemudi yang sudah driver oriented itu dirancang sporty dan ergonomis dengan bidang pandang yang luas. Lingkar kemudi dapat diatur secara tilt dan kursi pengemudi ada pengaturan ketinggian agar pengemudi dapat menemukan posisi berkendara ideal.

Pengaturan AC dengan tombol modern dilengkapi dengan panel indikator digital. Di sebelah panel AC digital terdapat tombol Start-Stop untuk menghidupkan dan memadamkan mesin. Ya, Sahabat Eksis pemilik Daihatsu Rocky akan mendapat smartkey. Cukup kantongi kunci pintar ini, mengakses buka-tutup kunci pintu kendaraan bisa dilakukan hanya dengan menyentuh handle pada pintu.

Moladiners, paling menarik dari interior Daihatsu Rocky, sistem multimedia layar sentuh berukuran 9 inci yang sudah support smartphone connection. Audionya dihasilkan oleh 4 speaker,2 tweeter dan active subwoofer berukuran 8 inci. Menunjang keseharian aktif pemilik Daihatsu Rocky, tersedia phone charger dan power socket di konsol tengah.

Material interior kabin juga dilapisi material soft touch di beberapa bagian. Pembalut jok juga didesain dengan motif yang sporty lengkap dengan aksen garis jahitan berwarna merah. 

Akomodasi Barang dan Penumpang di Interior Daihatsu Rocky

interior daihatsu rocky

Kabin Rocky bisa memuat 5-orang dengan bagasi luas 369 liter

Memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm dan jarak sumbu roda 2.525 mm, kursi penumpang belakang Daihatsu Rocky memiliki ruang kaki dan ruang kepala yang cukup memadai.

Fasilitas dan fleksibilitas ruang kabin di mobil dengan lima kapasitas tempat duduk ini juga cukup baik. Kursi baris kedua dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40. Bisa dilipat dalam dua metode pelipatan, pengemudi memiliki keleluasaan dalam mengatur barang berukuran panjang ke dalam bagasinya. 

Tanpa harus melipat kursi belakang pun, bagasi Daihatsu Rocky cukup besar. Ia bisa menelan 369 liter barang bawaan. Lantai bagasinya memiliki dua tingkat. Anda bisa menaikan lantai bagasi agar rata dengan mulut bagasinya.

Meski berdimensi ringkas, Daihatsu Rocky menawarkan ruang penyimpanan yang tersebar di dalam kabin. Misalnya, terdapat storage di konsol tengah. Ada pula seat under tray di bawah kursi penumpang depan. Masih ada lagi glove box dan front console box. Dashboard menyediakan folded cup holder di dekat ventilasi AC bagian sisi dan tersedia door pocket serta bottle holder di pintu.

Baca juga  SUV Listrik Toyota BZ4X, Akhirnya Muncul Juga!

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky

daihtasu rocky resmi meluncur

Fitur keselamatan ASA hadir di varian tertinggi

Ada 11 varian Rocky yang dijual di Indonesia. Varian terendahnya dijual mulai Rp 205,2 juta dan varian termahalnya yakni varian 1,0 liter CVT Two-Tone dengan teknologi ASA (Advanced Safety Assist) seharga Rp 273,6 juta.

Daihatsu Rocky dijual dalam dua pilihan mesin, yakni mesin 1,0 liter turbo dan 1,2 liter non turbo. Mesin bensin 1,0 liter menghasilkan tenaga 97,9 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 149 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan pilihan mesin 1,2 liter menghasilkan tenaga 86,3 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm pada 4.400 rpm. Keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

Varian termahalnya sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan terpadu ASA. Fitur ini terdiri dari Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning hingga Lane Departure Prevention.

Fitur ASA dapat meningkatkan faktor keselamatan dengan canggih. Misalnya, bila terlambat mengerem dalam keadaan darurat, Daihatsu Rocky dapat mengerem secara otomatis menghentikan laju untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan di depan. Mobil ini juga dapat melakukan koreksi setir secara otomatis dan mengembalikan arah laju kendaraan ke jalurnya bila pengemudi kehilangan konsentrasi dan kendaraan melenceng keluar jalur. 

Jadi seluruh penghuni kabin Daihatsu Rocky akan terlindung dengan lebih selamat selama perjalanan. Selain fitur ASA, tentu saja fitur keselamatan standar seperti dual SRS airbag, rem ABS (Anti-lock Brake System dan EBD (Electronic Brake-force Distribution), VSC (Vehicle Stability Control) dan HSA (Hill Start Assist) juga sudah tersedia.

Daihatsu Rocky juga memiliki kelebihan lain, yakni berdiri di atas platform global DNGA. Platform ini dikembangkan dengan memperhitungkan segala aspek detail meliputi, dimensi, bobot, harga dan waktu produksi yang lebih efisien. Hasilnya, Daihatsu Rocky diklaim menawarkan sensasi berkendara yang lebih halus, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, performa yang lebih maksimal dan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan menyenangkan. 

Eksterior Daihatsu Rocky

daihatsu rocky ads vs asa

Daihatsu Rocky tersedia dalam dua pilihan mesin: 1.0-liter turbo dan 1.2-liter

Eksterior Daihatsu Rocky tak kalah istimewa. Trapezoidal grille di depan yang menjadi wajah baru Toyota masa kini telah dianutnya. Lampu utama telah menggunakan LED. Lampu LED juga digunakan sebagai lampu kombinasi belakang. 

Sebagai kendaraan yang ditujukan untuk konsumen berjiwa muda, Daihatsu Rocky memiliki eksterior yang sudah dilengkapi aksesoris body kit untuk tipe ADS. Misalnya, front skid plate, rear skid plate, side body molding lengkap dengan ADS emblem dan side stone guard berwarna perak. 

Di atap terpasang shark fin antena dan terdapat rear spoiler dengan LED high mount stop lamp. Sementara itu menambah faktor keselamatan dalam berkendara, di bagian bemper belakang tertanam sensor mundur dan kamera parkir yang visualnya ditampilkan pada sistem multimedia berukuran 9 inci di dalam kabin.

Berdiri di platform global DNGA (Daihatsu New Global Architecture), compact SUV ini mendapat sedikit perubahan pada GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022 lalu. Diantaranya bodi spion samping atau outer mirror dan pelek yang dikelir hitam. 

Warna body yang ditawarkan juga sangat beragam. Tersedia tema two tone dan monotone. Ragam warna yang dapat dipilih diantaranya, Campagno Red, Icy White, Shining Pearl White, Classic Silver Metallic, Dark Grey Metallic, Ultra Black Solid dan Yellow Metallic.

Daihatsu Rocky dijual dalam dua pilihan mesin, yakni mesin 1,0 liter turbo dan 1,2 liter non turbo. Mesin bensin 1,0 liter menghasilkan tenaga 97,9 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 149 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan pilihan mesin 1,2 liter menghasilkan tenaga 86,3 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm pada 4.400 rpm. Keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika