Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Jalan Angker di Pulau Jawa, Jangan Jemawa Tetap Waspada!

by Firdaus Ali
Jalan angker di pulau Jawa

Ada beberapa jalan angker di pulau Jawa yang masih menjadi rute dilewati kendaraan bermotor. Dalam beberapa kejadian, jalan yang angker tersebut menyebabkan kecelakaan dan bahkan menelan korban jiwa.

Berbicara tentang cerita mistis atau cerita horor, ada cukup banyak cerita yang beredar khususnya di Indonesia. Beberapa jalanan angker di Indonesia membuat bulu kuduk merinding saat melintasinya. Tidak hanya itu, beberapa jalan tersebut juga sering memakan korban jiwa yang dipercaya disebabkan oleh makhluk gaib yang ada disana.

Bagi Anda yang tertarik dengan cerita horor, berikut beberapa daftar Jalan paling angker di Indonesia.

1. Terowongan Casablanca

Jalan angker di pulau Jawa yang pertma letaknya ada di Ibu Kota Jakarta, yaitu Terowongan Casablanca. Meskipun jalan ini berada di tengah-tengah kota Metropolitan, tapi tidak sedikit yang meyakini tentang mitos horor yang ada di Terowongan Casablanca.

Terowongan Casablanca terletak di bawah Jalan Kuningan, daerah Jakarta Selatan atau tepatnya di jalur penghubung dua arah yakni antara Jatinegara dan Sudirman. Konon katanya banyak hantu yang berseliweran di bawah terowongan tersebut.

Bahkan, kisahnya pernah dibuat sebagai film layar lebar. Terdapat sebuah kepercayaan untuk pengemudi supaya membunyikan klakson sebanyak tiga kali saat melintas, karena terowongan ini membelah kuburan.

Berdasarkan kisah yang beredar, sebelum dijadikan terowongan lokasi tersebut merupakan lahan pemakaman umum Menteng Pulo. Jika melintas di terowongan ini, pasti para pengguna jalan melihat di kanan kiri jalan terdapat pemakaman.

Beberapa pengendara yang melewati Terowongan Casablanca, ada yang melihat sosok hantu wanita atau pria dengan wajah yang menyeramkan. Mitosnya, pengguna kendaraan disarankan membunyikan klakson 3 kali saat melewati terowongan ini agar tidak diganggu mahluk halusnya.

2. Tanjakan Emen

Jalan angker di pulau Jawa selanjutnya ada di wilayah Jawa Barat, yaitu Tanjakan Emen yang merupakan salah satu jalan yang menghubungkan antara Bandung dengan Subang.

Karena sering terjadi kecelakaan di Tanjakan Emen, beredar beberapa cerita mistis dan mitos yang harus dilakukan ketika melewati Tanjakan Emen, seperti membunyikan klakson atau melempar rokok.

Awal mula kisah horor di Tanjakan Emen terjadi di tahun 1956. Dimana ada kendaraan umum Opelet dengan sopir bernama Emen yang mengalami musibah kecelakaan masuk jurang. Sejak dari kejadian itu, banyak mitos yang menyebar jika arwah dari korban kecelakaan tersebut masih berkeliaran.

Di luar dari cerita mistis, Tanjakan Emen punya kontur jalan menanjak kurang lebih sepanjang 3 kilometer, sering jadi ujian menantang bagi pengemudi, lantaran medanya yang ekstrim meski tidak terlalu panjang.

Dengan kemiringan yang curam, hingga 45 derajat, serta jalur yang berkelok-kelok, tanjakan ini membutuhkan keterampilan dan perhatian ekstra saat mengendarai kendaraan. Sudah tidak terhitung barapa banyak nyawa melayang di tanjakan ini. Bahkan di setiap musim mudik kerap memakan korban jiwa.

3. Alas Roban

Jalan angker di pulau Jawa berikutnya adalah Alas Roban di wilayah Jawa Tengah. Alas Roban disebut-sebut menjadi lokasi yang kerap terjadi kecelakaan. Selain itu, Alas Roban konon dulu sering menjadi tempat membuang mayat. Tidak heran, banyak hantu berseliweran di sana.

Hal ini yang kemudian membuat aura mistis lokasi tersebut semakin besar. Ketika Anda melewati jalur tersebut malam hari, berhati-hati saja, karena banyak cerita menjelaskan kalau akan muncul banyak hantu mengganggu Anda.

Adapun sosok yang kerap muncul di jalanan Alas Roban seperti Kuntilanak yang mencari tumbal, Pocong dan beberapa mahluk halus lain dengan penampilan yang kurang sedap dipandang mata.

4. Jalan Cadas Pangeran Sumedang

Jalan Cadas Pangeran Sumedang juga menjadi salah satu jalan angker di Pulau Jawa. Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan jalan Cadas Pangeran karena jalan ini sering diliput oleh acara mistis di televisi nasional. Ada banyak cerita horor yang beredar mengenai salah satu jalan yang berada di Sumedang ini.

Salah satu ceritanya adalah jalan yang satu ini kerap memakan korban jiwa. Seringnya terjadi kecelakaan di Jalan Cadas Pangeran juga membuat jalan ini sedikit ditakuti oleh beberapa pengguna jalan.

Konon katanya, di Jalan Cadas Pangeran kerap terlihat ular raksasa mistis. Ular tersebut dipercaya kerap memakan korban kecelakaan. Selain itu, sering juga muncul penampakan arwah penasaran pekerja paksa jaman Belanda.

Dilansir dari laman sisemar.sumedangkab, sejarah Cadas Pangeran Sumedang bermula pada tahun 1808 ketika kolonial Belanda di bawah kepemimpinan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels memulai proyek pembangunan akses jalan di Pulau Jawa, menghubungkan Anyer hingga Panarukan dari barat ke timur.

Pada masa pembangunan tersebut, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels melakukan tindakan kejam terhadap warga Sumedang, termasuk dari Garut, Tasikmalaya, Subang, dan Indramayu.

5. Jalan Tol Cipularang

Jalan angker di Pulau Jawa berikutnya ada jalan Tol Cipularang. Yup, Jalan Tol Cipularang sudah tidak asing didengar sebagai jalan yang memiliki banyak cerita mistis. Tidak sedikit korban jiwa yang meninggal dunia ditempat setelah terjadi kecelakaan.

Salah satu cerita horor yang sangat dikenal adalah Jalan Tol Cipularang adalah adanya makhluk gaib yang berwujud perempuan dengan pakaian serba putih. Makhluk tersebut sering menumpang di dalam mobil dengan penampilan rambut yang panjang dan wajah yang seram. Konon, makhluk tersebutlah yang sering mengakibatkan kecelakaan hingga korban meninggal di Jalan Tol Cipularang.

Moladiners, itulah beberapa kisah jalan angker di Pulau Jawa. Terlepas dari benar atau tidaknya kisah-kisah mistis tersebut, ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh dipersiapkan terlebeih dahulu hal-hal penting. Seperti kondisi kendaraan harus sehat, fisik pengemudi harus fit dan tidak lupa berdoa.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika