Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Veloz TSS AT Vs Avanza 1.5 MT, Beda Akselerasi dan Konsumsi BBM

by Firdaus Ali
Komparasi Veloz TSS CVT vs Avanza 1.5 MT

Mengulas komparasi Veloz TSS AT vs Avanza 1.5 MT tentu saja menarik. Apalagi membahas mengenai konsumsi BBM dan akselerasi meski keduanya adalah mobil yang serupa tapi tak sama .

Komparasi Veloz TSS AT vs Avanza 1.5 MT menjadi penting mengingat salah satunya yakni Toyota Avanza kadung lekat dengan julukan “mobil sejuta umat” dan banyak berseliweran di jalanan.

Avanza yang akomodatif menyediakan kapasitas 7-penumpang, desain yang tidak neko-neko, durability mesin, dukungan suku cadang yang mudah didapat serta konsumsi BBM yang cukuo menjadi beberapa faktor penunjang mobil ini laku keras.

Kemudian untuk Veloz TSS CVT merupakan varian flagship alias tipe tertinggi dari Avanza. Mesin yang digunakan sama persis dengan Avanza 1.5 MT, yaitu 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder in-line, 16 Valve DOHC dengan Dual VVT-i dan berpenggerak roda depan (FWD).

Di atas kertas, mesin itu mampu mengeluarkan torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm melalui transmisi otomatis CVT dan manual 5-percepatan.

Soal harga, Toyota Avanza 1.5 MT dibanderol Rp 257.800.000. Kemudian untuk Veloz TSS CVT dijual Rp 335.300.000. Selisih harga keduanya cukup jauh, yaitu Rp 77.500.000.

Wajar, selain tampilan Veloz yang lebih modern, terdapat pula teknologi fitur TSS (Toyota Safety Sense). Beberapa itur modern yang ada di dalam TSS antara lain Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, fungsinya adalah mobil akan melakukan pengereman sendiri jika saat ada objek lain di depan dengan jarak tertentu.

Tak hanya itu saja, di TSS juga ada Pedal Misoperation Control. Fitur ini mencegah kecelakaan, akibat salah menginjak pedal gas. Jadi meski pedal gas diinjak, mobil tidak akan melaju. Fitur TSS lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Rear-Cross Traffic Alert (RCTA) dan All Round View (360).

Kembali ke komparasi Veloz TSS CVT vs Avanza 1.5 MT dari sisi akselerasi dan konsumsi BBM. Kira-kira siapa pemenangnya?

Adu Akselerasi, Veloz TSS AT CVT Lebih Ngacir

Komparasi Veloz TSS CVT vs Avanza 1.5 MT

Veloz TSS CVT lebih cepat dibanding Avanza 1.5 MT

Komparasi Veloz TSS CVT vs Avanza 1.5 MT pertama yang akan kita ulas adalah adu akselerasi. Yup, seperti biasanya saat kami melakukan komparasi mobil, ada pengujian drag race sejauh 201 meter untuk mengetahui akselerasi 0-100 km/jam dan akselerasi 201 meter.

Nah, dalam pengujian Veloz TSS CVT dan Avanza 1.5 CVT, hasil untuk akselerasi dari 0 (nol) sampai 100 km/jam dimenangkan oleh Veloz TSS CVT. 

Awal start Avanza 1.5 MT lebih dahulu melaju, namun setelah beberapa meter Veloz TSS CVT menyusul dan mengalahkan Avanza 1.5 MT. Dari yang kami rasakan di Avanza 1.5 MT, saat kami mengoper gigi dari 2 ke 3, performa mesin sempat menurun. Sementara untuk Veloz TSS yang menggunakan transmisi CVT dengan mudah melakukan perpindahan gigi secara otomatis dan menang dalam adu akselerasi ini.

Adapun catatan waktunya sebagai berikut:

Tes akselerasi dari 0-100 km/jam

  • Avanza 1.5 MT: 13.4 detik
  • Veloz TSS CVT: 13 detik

Tes akselerasi 201 meter

  • Avanza 1.5 MT: 12.2 detik
  • Veloz TSS CVT: 12.1 detik

Konsumsi BBM, Keduanya Irit!

Komparasi Veloz TSS CVT vs Avanza 1.5 MT

Konsumsi BBM keduanya irit

Komparasi Veloz TSS CVT vs Avanza 1.5 MT selanjutnya adalah dari sisi konsumsi BBM. Ini menarik, sebab keduanya pakai mesin yang sama namun beda transmisi.

Pengujian konsumsi BBM menggunakan metode fuel to fuel. Kemudian untuk jarak tempuhnya sekitar 76,2 km dengan average speed 34 km/jam. Hasilnya, Veloz TSS CVT lebih irit dibanding Avanza 1.5 MT. Berikut hasilnya:

  • Avanza 1.5 MT: 18.0 km/liter dengan total isi BBM 4,23 liter
  • Veloz TSS CVT: 18.14 km/liter dengan total isi BBM 4,20 km/liter

Moladiners, itulah ulasan Komparasi Veloz TSS CVT vs Avanza 1.5 MT dari sisi konsumsi BBM dan adu akselerasi. Keduanya memang cocok untuk mobil keluarga. Gimana nih, kira-kira kamu bakal pilih yang mana nih?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika