Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Veloz TSS AT vs Avanza 1.5 MT, Sensasi Tes Nanjaknya Beda Lho!!

by Tigor Sihombing
Komparasi Veloz TSS AT vs Avanza 1.5 MT

Kali ini Moladin akan menjabarkan hasil komparasi Toyota Veloz TSS AT vs Toyota Avanza 1.5 MT, kira-kira siapa yang lebih baik dalam tes menanjak.

Di atas kertas komparasi Toyota Veloz TSS AT vs Toyota Avanza 1.5 MT bakal memberikan impresi berimbang mengingat keduanya menggunakan mesin sama 2NR-VE berkapasitas 1.496cc 4 silinder in-line, 16 Valve DOHC dengan Dual VVT-i dan berpenggerak roda depan (FWD).

Jika pada generasi sebelumnya kedua mobil ini sepintas sulit untuk dibedakan dari tampilan luar, hal tersebut sirna pada Avanza dan Veloz generasi baru ini.

Komparasi Toyota Veloz TSS AT vs Toyota Avanza 1.5 MT dari sisi desain kini berbeda siginifikan. Meski sama-sama mengusung desain grill heksagonal, namun detailnya berbeda. Avanza menggunakan aksen garis-garis horizontal yang diapit dua foglamp dengan balutan housing foglamp diberi warna hitam.

Sementara pada Veloz terbaru, detail desain grill berbentuk lubang-lubang seperti rumah tawon. Dimensinya juga sedikit lebih kecil, hal tersebut untuk memberikan ruang bagi bumper yang ada di bawahnya dengan desain garis melintang.

Oh ya, terdapat pula foglamp yang dibalut dengan aksen krom berbentuk seperti boomerang. Perbedaan desain komparasi Toyota Veloz TSS AT vs Toyota Avanza 1.5 MT ini juga terlihat pada bagian belakang mobil.

Baca juga  Daftar 10 Mobil Paling Laku di Dunia, Ada Wuling!

Veloz baru tak lagi menempatkan emblem di bagian kanan pintu bagasi. Emblem Veloz sekarang tampil dengan ukuran lebih besar yang posisinya di bagian tengah pintu bagasi pada posisi bawah logo Toyota.

Sementara itu untuk desain belakang Avanza terlihat lebih sederhana namun elegan. Desain lampunya tidak terlalu besar serta emblem Avanza dipindah ke bagian kiri bawah dengan ukuran font lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

Perbedaan signifikan pada komparasi Toyota Veloz TSS AT vs Toyota Avanza 1.5 MT tentu dari transmisi. Veloz TSS yang kami pakai bertransmisi otomatis CVT dan sedangkan Toyota Avanza 1.5 bertransmisi manual 5 percepatan.

Dengan perbedaan ini kami akan coba mengkomparasi soal kemampuan menanjak dari dua transmisi sang raja MPV Toyota.

Seperti banyak rumor yang beredar di luar, banyak yang mengatakan jika Veloz AT CVT kurang bertanaga di medan tanjakan, untuk membuktikannya, mari simak ulasan lengkapnya.

Veloz TSS AT

Komparasi Veloz

Veloz CVT tidak kuat nanjak, meski sudah menggunakan momentum.

Adapun metode pengetesannya adalah mobil diisi oleh 7 orang penumpang dewasa, dengan berat rata-rata sekitar 90 kg. Menggunakan mode transmisi M1, kontrol traksi diaktivkan, dan AC di posisi 1.

Baca juga  Inilah Sosok Toyota Land Cruiser 70th Anniversary

Yang terjadi pada Veloz transmisi CVT pada titik tanjakan tertinggi di posisi 21 derajat, ketika mobil diberhentikan lalu coba kembali menanjak, ternyata mobil tidak kuat menanjak.

Posisi ban depan sempat spin yang artinya mobil kekurangan traksi di roda depan.

Kami pun mencoba mobil dengan posisi momentum, yakni mobil start lebih jauh mengambil ancang-ancang sebelum melibas titik tanjakan tertinggi, hasil mobil ini tetap tidak bisa menanjak.

Avanza MT

Toyota Avanza transmisi manual lebih punya daya untuk menanjak

Toyota Avanza transmisi manual lebih punya daya untuk menanjak

Berikutnya kami coba menggunakan Avanza 1.5 MT, start dari posisi yang sama, mobil juga tidak bisa menanjak pada titik pada tertinggi.

Malah kondisi kap mesin mobil juga ngebul yang bersumber dari hasil panas gesekan kopling.

Namun ketika kami mencoba momentum, dengan melakukan start awal yang sama. Avanza manual ini bisa naik meski dengan tenaga yang cukupan.

Namun beda halnya jika mobil kami rem dan dalam keadaan berhenti Avanza manual ini juga tetap tidak bisa menanjak pada kemiringan 21 derajat.

Baca juga  Review Toyota Raize 1.0 Turbo, Irit dan Bertenaga!

Sedikit bicara soal rem, Veloz sudah pakai rem parkir elektrik dengan fitur brake hold. Ditambah lagi untuk cakram, di Veloz fitur itu hadir di keempat roda.

Sementara Avanza, cakram cuma ada di rem depan. Roda belakangnya masih pakai rem teromol. Lalu bicara rem tangan juga belum elektrik alias pakai model tarik yang konvensional.

Harga Veloz lebih mahal

Terkait harga, Avanza G MT menempati kelas menengah atau kedua tertinggi dengan harga Rp257.800.000. Di atasnya ada versi Avanza G AT CVT dengan bandrol Rp272.500.000.

Sedangkan Toyota Veloz CVT menempati kelas menengah di jajaran Veloz dengan harga
Rp304.400.000.

Di atasnya masih ada varian Q CVT seharga Rp313.300.000 dan tertinggi Q CVT TSS seharga Rp335.300.000.

Demikian ulasan terkait komparasi Veloz TSS AT vs Avanza 1.5 MT. Simak terus Moladin.com untuyk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika