Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Yamaha PG-1, Motor Bebek Bergaya Adventure Rival Honda CT125

by Firdaus Ali
Harga Yamaha PG-1

Harga Yamaha PG-1 menjadi sorotan mengingat posisinya sebagai rival terdekat bagi Honda CT125. Meski begitu banyak prediksi mensinyalir jika motor bebek bergaya adventure ini akan dibenderol lebih murah dibanding CT125.

Yamaha PG-1 resmi meluncur di Thailand pada 27 November 2023 lalu dengan karakteristik motor petualang dual porpose. Beberapa media lokal Thailand sudah ancang-ancang memprediksi soal harga motor ini yang bakal dipatok kisaran 85.000 Baht atau sekitar Rp 38 jutaan.

Dilansir dari laman Great Biker, Yamaha PG-1 telah resmi diperkenalkan di Negeri Gajah Putih alias Thailand. Sepeda motor bergaya adventure ini sudah bisa dipesan namun harga OTR resminya belum diumumkan.

Yamaha PG-1 memang memiliki penampilan khas dan sangat berbeda dibandingkan motor bebek pada umumnya. PG-1 menggunakan bahasa desain yang cukup unik dan memiliki spesifikasi mesin irit bahan bakar

Meski sepintas penampilan Yamaha PG-1 begitu mirip dengan Honda CT125. Namun jika dilihat lebih seksama ada banyak perbedaan signifikan seperti penempatan model knalpotnya dimana Yamaha PG-1 memakai knalpot model bawah, sementara Honda CT125 model atas.

Yamaha PG-1 pakai struktur kerangka motor bebek dengan gaya semi trail, model setang lebar dan tinggi serta ban purpose dengan motif kembang tahu berprofil 90/100 di depan dan belakang. Untuk ukuran velg yaitu 16 inci.

Kemudian, motor bebek yang mengusung gaya outdoor dengan slogan Live Playful Ride ini juga sudah pakai sokbreker depan dengan travel tinggi. Adapun suspensi belakang pakai sokbrebreker ganda, dengan jarak ketinggian dari tanah mencapai 190 mm.

Sementara itu di bagian jok pakai model split seat dimana jok pengendara dan pembonceng dibuat terpisah. Letak tangki bahan bakar berkapasitas 5,1 liter terdapat di bagian bawah jok pengendara, sedangkan bodi belakang dibuat sangat minimalis dan menjadi satu dengan sepatbornya.

Untuk menunjang penampilan dari Yamaha PG-1, disematkan skidplate, dan setang lebar dipadankan dengan handguard. Urusan warna, Yamaha memberikan empat pilihan mulai Chill Blue, Humming Brown, Vivid Yellow, dan Cool Black.

Spesifikasi Mesin dan Fitur Yamaha PG-1

Harga Yamaha PG-1

Mesin Yamaha PG-1 diklaim handal dan irit konsumsi BBM.

Harga Yamaha PG-1 diprediksi akan ada di bawah harga Honda CT125 yang ada di angka Rp 81 jutaan. Jadi kemungkinan prediksinya harga Yamaha PG-1 dikisaran Rp 65 juta sampai Rp 70 jutaan. Lalu, bagaimana dengan spesifikasi mesin dan kelengkapan fiturnya?

Sebagai motor entry level, perlengkapan dan fitur-fitur di motor ini cenderung sederhana jika dibandingkan dengan Honda CT125. Lampu-lampunya non LED masih menggunakan bohlam, kunci kontak model konvensional, dan panel instrumennya juga belum digital masih menggunakan model analog.

Soal dapur pacu, motor ini pakai mesin 114 cc, 1 silinder, berpendingin udara yang disebut-sebut sama seperti digunakan pada Yamaha Vega Force. Berdasarkan spek resminya, mesin ini sanggup hasilkan tenaga 6,42 kW atau setara 8,6 hp pada 7.000 rpm dan torsi 9,53 Nm pada 5.500 rpm.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika