Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Komparasi Mazda2 Hatchback Vs Mazda CX-3 1.500 cc

by Firdaus Ali
Komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3

Berikut kami ulas komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 1.500 cc. Meski bersaudara kandung, kami tertarik mengomparasi kedua lini jualan PT Eurokars Motor Indonesia ini dimana keduanya punya tampilan yang sekilas mirip namun menyuguhkan performa dan fitur yang berbeda.

Kedua mobil juga berada di rentang harga yang tidak terpaut jauh satu sama lain. Terkhusus untuk harga Mazda2 hatchback dan Mazda CX-3 varian Sport 1.5L, berikut daftar harganya :

  • Mazda2 GT: Rp 367.700.000
  • Mazda2 Sedan: Rp 367.700.000
  • Mazda CX-3 Sport 1.5L: Rp 399.900.000
  • Mazda CX-3 Pro 2.0L: Rp 495.500.000

Jika dilihat dari daftar harga kedua mobil tersebut, Mazda2 membanderol 2 tipenya dengan harga yang sama, yaitu Rp 367,7 juta. Mesin dan fiturnya juga sama, jadi konsumen bisa memiih selera, mau model hatchback atau sedan. Sementara untuk Mazda CX-3 tersedia dalam dua varian mesin, 1.500 cc dan 2.000 cc.

Seperti biasanya, dalam komparasi mobil kami akan menguji tes nanjak, drag race, fitur, akomodasi barang dan penumpang, desain, serta value for money. Mari kita ulas komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 1.500 cc berikut ini:

Tes Nanjak Komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 1.500 cc, Mobil Ini Lebih Sigap

Komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 pertama adalah tes nanjak, dimana kedua mobil diisi full 5 orang dengan total bobot 416 kilogram serta kondisi cuaca gerimis, jadi aspal sedikit licin.

Awal kita tes nanjak untuk Mazda2 hatchback terlebih dahulu. Saat mulai start ban mengalami wheelspin namun berhasil dengan torehan waktu 14,7 detik. Kemudian untuk Mazda CX-3 juga berhasil menanjak tanpa kendala, wheelspin juga tidak terlalu lama seperti Mazda2 hatchback.

Baca juga  Mazda CX-3 dan Mazda6 Disetop Penjualannya

Namun begitu nyatanya hasil catatan waktu yang diraih masih kalah dengan Mazda2 hatchbak. Stopwatch menunjukan angka 17,3 detik. Kenapa bisa lebih lambat, menurut kami karena bobot dari CX-3 lebih berat dibanding Mazda2 hatchback.

Drag Race Dimenangkan Mazda2 Hatchback

Komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 1.500 cc selanjutnya adalah tes drag race untuk menguji performa kedua mesin mobil tersebut. Meski sebenarnya, kedua mobil ini pakai mesin yang sama persis, yaitu 1.5L SkyActive 4-silinder DOHC. Di atas kertas, tenaganya 109 hp dengan torsi puncak otomatis 6-percepatan.

Meski begitu, kedua mobil ini punya perbedaan di final gear. Untuk Mazda2 hatchback 4.315 dan untuk Mazda CX-3 4.605.

Hasilnya, dalam drag race sejauh 201 meter kali ini dimenangkan oleh Mazda2 hatchback, meski selisihnya tidak jauh. Adapun raihan waktunya adalah 11,2 detik untuk Mazda2 hatchback dan 11,3 detik untuk Mazda CX-3. Kemudian untuk akselerasi dari 0-100 km/jam catatan angka dari Mazda2 hatchback 11 detik dan Mazda CX-3 11,4 detik.

Selanjutnya, untuk konsumsi bahan bakar, kedua mobil dari Mazda ini tergolong irit. Rute dalam kota untuk Mazda2 hatchback 14,3 km/liter dan 14,2 km/liter untuk Mazda CX-3. Kemudian untuk jalan tol Mazda2 hatchback 19,4 km/liter dan Mazda CX-3 19,1 km/liter.

Perbandingan Fitur Komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 1.500 cc

Membahas komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 tentu akan lebih afdhol jika mengulas kelengkapan fitur keduanya.

Mazda2 hatchback sudah dilengkapi dengan fitur Push Start Engine, Advanced Keyless Entry, Audio & Voice Command Control, Climate Control AC, AUX, USB port, Brake Acceleration Pedal, Emergency Stop Signal (ESS),Hill Start Assist (HSA), Anti lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Emergency Brake Assist (EBA), Dynamic Stability Control (DSC), dan Traction Control System (TCS), head up display serta fitur modern lainnya.

Baca juga  Mazda CX-3 1.5 Meluncur Minggu Depan, Harga Lebih Murah!

Kemudian untuk Mazda CX-3 sudah mengadopsi fitur G-Vectoring Control. Fitur ini dirancang khusus untuk meningkatkan responsivitas kendaraan dan kenyamanan keseluruhan baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Kemudian, G-Vectoring Control juga diklaim mampu mengurangi gaya gravitasi yang dirasakan oleh penghuni kendaraan saat mobil menikung dengan cara menyesuaikan torsi pada mesin.

Ada juga fitur blind spot monitoring (BSM) dan rear cross traffic alert (RCTA). BSM berfungsi memberi peringatan ke pengendara ketika ada mobil lain menyalip dari titik buta atau blind spot. Lalu RCTA menginformasikan bila ada kendaraan di belakang ketika parkir mundur. Fitur keselamatan lain adalah enam titik airbag dan fitur keselamatan modern lain seperti Mazda2 hatchback.

Akomodasi Penumpang dan Barang Mazda CX-3 Lebih Lega

Komparasi Mazda2 Hatchback vs Mazda CX-3 berikutnya adalah akomodasi barang dan penumpang. Dan jelas terlihat secara kasat mata, CX-3 lebih lega.

Dimensi Mazda CX-3 punya panjang 4.275 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.535, wheelbase 2.570 mm dan ground clearance 160 mm. Selanjutnya untuk Mazda2 hatchback punya panjang 4.060 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.495 mm, wheelbase 2.570 mm.

Akomodasi penumpang dari CX-3 tergolong sempit. Hal itu diuji dari jok pengemudi diisi oleh penumpang dengan tinggi 180 cm dan penumpang belakang 160 cm. Hasilnya, legroom oenumpang belakang mentook dengan jok pengemudi. Kemudian untuk bagasinya 338 liter.

Baca juga  Mazda CX-3 Baru Bermesin 1.5 Liter Siap Meluncur!

Bagimana dengan Mazda2 hatchback? sama saja dengan Mazda CX-3. Dimana legroom penumpang baris kedua mentok dengan jok pengemudi. Bahkan bagasinya juga lebih kecil yaitu 334 liter.

Desain Keduanya Sekilas Mirip

Berbicara desain memang selera masing-masing. Namun untuk kedua mobil ini punya tampilan yang sekilas mirip. Namun jika diperhatikan lebih dekat ada beberapa perbedaan.

Mazda2 hatchback punya desain grill honeycomb warna hitam dengan kombinasi logo beraksen krom. Untuk headlamp modelnya sama dengan CX-3. Untuk bagian belakang, CX-3 terlihat lebih semok. Sementara untuk Mazda2 hatchback lebih sporty.

Oh ya, Mazda CX-3 juga mengadopsi bumper belakang dan fender roda dengan warna hitam. Sementara Mazda2 hatchback sewarna dengan body.

Value for Money Keduanya Bagus

Berbicara value for money, kedua mobil ini sama-sama oke. Sebab impresi berkendara, build quality, kelengkapan fitur dan konsumsi bahan bakar yang irit menjadikan Mazda2 hatchback dan CX-3 layak untuk dipinang.

Jadi, bisa diambil kesimpulan, untuk Kamu yang menginginkan mobil hatchback atau SUV dengan harga Rp 300 jutaan yang affordable untuk digunakan sehari-hari atau untuk ke luar kota, dua mobil dari Mazda ini layak dibeli.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika