Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Referensi Modifikasi Vespa Elettrica ala Tuner Kelas Dunia

by Ivan
Referensi Modifikasi Vespa Elettrica besutan Mansory

Tim Moladin pernah mencoba langsung impresi skuter listrik Vespa Elettrica dalam satu pengujian spesial bersama Kawasaki Ninja ZX-25R dan Vespa GTS Super Tech 300. Dalam pengetesan itu, performa Elettrica nampak biasa saja namun hasilnya tentu berbeda dengan referensi modifikasi Vespa Elettrica ala Mansory satu ini.

Ya, Mansory yang dikenal sebagai tuner spesialis sportscar kini kepincut bikin referensi modifikasi Vespa Elettrica. Untuk proyek satu ini Mansory memberikan label Vespa Elettrica Monaco Edition Mansory.

Vespa Elettrica dimodifikasi terinspirasi dari Mansory Ferrari 458 Spider Monaco Edition. Mobil yang yang memulai debut di tahun 2012 dengan bagian depan yang terinspirasi Enzo. Sesuai dengan namanya, skutik asal Italia ini sepenuhnya bertenaga listrik dan mengutamakan mobilitas perkotaan dibandingkan performa yang meledak-ledak.

Modifikasi ini terbatas cuma 99 unit
Referensi modifikasi Vespa Elettrica ini terbatas cuma 99 unit

Meskipun Vespa bernuansa santai, Mansory mengambil lini skuter ikonik yang mengandung lebih banyak serat karbon dibandingkan superbike. Materiak serat karbon ini lantas dibubuhi menghiasi spatbor depan, tepong samping dengan ventilasi palsu, kaca spion, trim hidung, dan aksen yang mengelilingi headlamp.

Baca juga  Pengen Punya Motor Klasik Kece? Mulai Saja Dengan Kredit Motor Vespa

Untuk joknya dilengkapi bahan kulit asli dengan jahitan menyilang, mengingatkan pada jok bucket yang ditemukan pada mobil buatan Mansory. Skema warnanya mengambil inspirasi dari Monaco, dengan grafis merah putih menghiasi skuter tersebut. Selain itu, emblem tradisional Piaggio dan Vespa telah diganti dengan logo Mansory.

Sang tuner membiarkan komponen mekanis Vespa Elettrica tidak tersentuh. Oleh karena itu, skuter ini mempertahankan motor listrik 5 hp yang dipasang di belakang, yang memungkinkan kecepatan tertinggi mentok di 70 km/jam.

Ornamen bodi banyak dihias serat karbon
Ornamen bodi banyak dihias serat karbon

Dengan pilihan mode berkendara Eco dan Power, Vespa listrik ini dapat menempuh jarak hingga 100 km dalam sekali pengisian daya. Untungnya, baterai lithium-ion 4,2 kWh dapat terisi penuh dalam 4 jam menggunakan stop kontak 220V.

Vespa Elettrica Monaco Edition Mansory akan diproduksi secara terbatas sebanyak 99 unit, dengan harga yang belum diungkapkan. Mengingat harga yang diminta Mansory sebesar $1.268 hanya untuk paket modifikasinya Rp 20,6 jutaan.

Harga Vespa Elettrica di Indonesia

Vespa Elettrica dengan tampang retro fururistik
Vespa Elettrica dengan tampang retro fururistik

Untuk Vespa Elettrica sendiri dijual Rp 198.000.000. Namun yang mengejutkan saat IIMS 2024 lalu, Vespa Elettrica kena diskon cukup besar hingga Rp 103 juta. Hal ini membuat harga jual Vespa nyetrum ini menyusut jadi hanya Rp 95 juta OTR DKI Jakarta.

Baca juga  Vespa GTV Sei Giorni II Meluncur, Harga Rp 155 Juta

Sedikit membahas Vespa Elettrica versi Indonesia, motor ini hadir dengan desain layaknya Vespa Primavera. Namun yang bikin lebih nyentrik, ia hadir dengan warna azzuro elettrico, yaitu kombinasi abu-abu futuristik dengan aksen biru.

Namun seperti sudah disinggung sebelumnya, motor ini memang lebih ditujukan untuk mobilitas dalam kota. Pasalnya saat kami coba tes menanjak, motor ini tidak bisa berkutik alias keok tak berdaya.

komparasi Kawasaki Ninja ZX-25R vs Vespa GTS Super Tech 300 vs Vespa Elettrica
Vespa Elettrica tidak bisa nanjak

Jadi meski di atas kertas punya torsi paling besar yaitu 200 Nm, nyatanya Vespa listrik ini tidak bisa menanjak. Hal ini mungkin memang Vespa Elettrica peruntukannya untuk jalanan datar atau komuter di perkotaan.

Menariknya untuk mobilitas dalam kota, Vespa Elettrica ini didukung jok yang empuk. Hasil pengetesan kami menguji keempukan jok motor ini dengan Ninja ZX-25R hasilnya 23 HA dan GTS 300 Super Tech menggunakan alat Duromoter. Jadi semakin besar angkanya maka semakin keras jok tersebut.

komparasi Kawasaki Ninja ZX-25R vs Vespa GTS Super Tech 300 vs Vespa Elettrica
komparasi Kawasaki Ninja ZX-25R vs Vespa GTS Super Tech 300 vs Vespa Elettrica

Hasilnya, Untuk Vespa Elettrica di angka 16,5 HA. Kemudian untuk Ninja ZX-25R hasilnya 23 HA dan GTS 300 Super Tech 25,5 HA.

Baca juga  Dealer Open Day, GTS Super Tech 300 Sambut Pecinta Vespa Bandung

Lalu untuk kenyamanan suspensi dan handlingnya terasa masih sama dengan Vespa Primavera. Wajar karena Elettrica pakai basis punya Primavera. Suspensi dan handling masih lumayan oke. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika