Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Panduan Memilih Ukuran Ban Motor yang Ideal

by Tigor Sihombing
Ukuran Ban Motor

Memahami ukuran ban motor yang tepat untuk adalah langkah penting dalam menjaga kinerja optimal dan keselamatan saat berkendara. Di pasaran sendiri secara umum tersedia berbagai jenis sepeda motor yang melayani beragam kebutuhan dan preferensi pengendara.

Tiga jenis utama yang sering ditemui adalah motor bebek, motor sport, dan motor matic. Ketiga jenis motor ini tentu saja memiliki jenis ukuran yang berbeda satu sama lainnya. Berikut ini adalah beberapa tipe-tipe ukuran ban motor beserta panduan untuk memilih yang tepat.

Ukuran Ban Motor Sport

Pada sepeda motor sport, ukuran ring ban umumnya berkisar antara 17 hingga 19 inci. Ban dengan ring yang lebih besar cenderung memberikan stabilitas yang lebih baik pada kecepatan tinggi dan saat melakukan manuver yang tajam.

Selain itu lebar dan profil ban juga memainkan peran penting dalam kinerja sepeda motor sport. Ban yang lebih lebar cenderung memberikan lebih banyak area kontak dengan permukaan jalan, meningkatkan traksi dan stabilitas saat melintasi tikungan atau saat mempercepat. Profil ban yang agresif atau sporty juga dapat meningkatkan responsivitas dan kelincahan sepeda motor saat berakselerasi atau mengerem.

Beberapa pengendara sepeda motor sport mungkin ingin melakukan upgrade pada ukuran ban standar untuk meningkatkan kinerja atau estetika sepeda motor mereka. Namun, penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati potensi dampak dari upgrade tersebut.

Pergantian ukuran ban yang terlalu besar atau tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor dapat mengganggu geometri sepeda motor, memengaruhi kinerja suspensi, dan bahkan meningkatkan risiko kecelakaan.

Ukuran Ban Motor Bebek (Moped)

Ukuran ban untuk sepeda motor bebek atau moped biasanya bervariasi tergantung pada model dan spesifikasi tertentu. Namun, secara umum, ban untuk sepeda motor bebek memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis motor sport.sepeda motor lainnya.

Baca juga  Harga Vixion R Lebih Murah dari MT-15, Ini Spesifikasinya

Dari segi ukuran, ban motor bebek biasanya berkisar antara 14 hingga 17 inci. Sedangkan lebar ban dapat bervariasi tergantung pada desain dan model sepeda motor. Profil ban untuk sepeda motor bebek cenderung lebih ramping, artinya tinggi ban relatif lebih kecil dibandingkan dengan lebarnya. Hal ini membantu dalam manuver di jalanan perkotaan yang padat dan memungkinkan akselerasi yang lebih baik.

Contoh ukuran ban yang umum digunakan untuk sepeda motor bebek adalah 70/90-14 untuk ban depan dan 80/90-14 untuk ban belakang. Angka pertama menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan milimeter, sementara angka kedua adalah rasio aspek atau perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya dalam persentase. Angka terakhir adalah diameter dalam inci dari ban.

Ukuran Ban Motor Trail

Ban motor trail didesain untuk menghadapi berbagai medan dan kondisi jalan yang beragam. Sepeda motor trail umumnya menggunakan ukuran ban yang berbeda untuk roda depan dan roda belakang. Ban depan biasanya memiliki diameter yang lebih besar daripada ban belakang.

Misalnya, Honda CRF 150L menggunakan ban ukuran 21 inci untuk roda depan dan 18 inci untuk roda belakang. Perbedaan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan motor dalam menangani guncangan dan menghadapi berbagai medan.

Ban depan yang lebih besar memberikan daya redam yang lebih baik terhadap guncangan dan ketidakrataan jalan, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara dan stabilitas. Sementara itu, ban belakang yang lebih kecil membantu meningkatkan kelincahan motor saat berbelok dan bermanuver di medan yang berat.

Baca juga  5 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Bisa Diandalkan Saat Mendesak

Saat memilih ukuran ban motor trail, pertimbangkan karakteristik medan yang akan kamu lalui secara rutin. Jika kamu sering berkendara di medan yang berat, seperti tanah, kerikil, atau lumpur, kamu mungkin memerlukan ban dengan tektur kasar atau yang sering dinamai ban tahu. Sebaliknya, jika sebagian besar perjalanan kamu dilakukan di jalan aspal, Kamu mungkin lebih memilih ban dengan profil yang lebih ramping dan lebih cocok untuk penggunaan jalan dua alam.

Ukuran Ban Motor Matic

Ban motor matic memiliki variasi ukuran yang berbeda-beda, tergantung pada model dan spesifikasi masing-masing sepeda motor. Tapi sebagian besar sepeda motor matic menggunakan ban dengan ukuran ring 14 inci untuk kedua roda.

Namun, ada juga beberapa model yang menggunakan ban dengan ukuran ring 13 inci atau bahkan 12 inci. Selain itu, profil ban juga bervariasi, dengan variasi lebar dan rasio aspek yang berbeda.

Misalnya, ukuran ban depan Honda BeAT adalah 80/90-14, di mana angka 80 menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan milimeter, angka 90 menunjukkan rasio aspek, dan 14 adalah diameter dalam ban atau diameter pelek.

Cara Baca Kode Ban Motor

Selain harus mengetahui jenis ukuran ban motor, kamu juga wajib paham tentang cara baca kode ban. Membaca kode atau angka yang tertera pada dinding ban sepeda motor memang bisa menjadi tugas yang membingungkan bagi banyak orang.

Baca juga  Modifikasi Motor Yamaha NMAX 2016, Cekidot!

Namun, jika kamu memahami cara membacanya, informasi tersebut dapat memberikan banyak petunjuk tentang dimensi ban, spesifikasi, dan informasi penting lainnya.

“Misalnya 70/90-17, ini artinya ukuran lebar bannya 70 mm dan tinggi 90 mm. Sedangkan 17 menandakan inci yang disamakan dengan ukuran pelek motor yang digunakan,” ucap Sarwono, pemilik bengkel di bilangvan Otista Jakarta Timur, 22 April 2024.

Menurutnya, sampai saat ini memang masih banyak orang yang tidak tahu dan menanyakan arti angka di ban tersebut, atau bagaimana membacanya. Bila disimak secara teliti, pada permukaan dinding ban sebenarnya banyak mengandung informasi mengenai kondisi ban tersebut.

“Selain tulisan seperti 70/90, biasanya ada lagi model hanya tulisan seperti 2.75-18 inci. Sebenarnya sama saja cara membacanya, 2.75 menunjukkan lebar ban dan 18 ini diameternya. Bila tidak ada angka kedua yang menunjukkan ketinggiannya (seperti 70/90), biasanya dianggap rasio ketinggiannya 100 persen,” ucapnya.

Selain angka dimensi ban, keterangan lain di ban juga menjelaskan mengenai tanggal kadaluarsa dari ban itu sendiri. Umumnya, hal ini tertulis dengan kombinasi enam angka yang urutan masing-masing menjelaskan minggu pembuatan, bulan pembuatan, dan tahun pembuatannya.

Demikian ulasan tentang Paduan Memilih Ukuran Ban Motor yang Ideal. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika