by

9 Motor Naked Terbaik dan Murah di Indonesia

Bicara motor naked terbaik, pilihannya di Tanah Air sungguh banyak. Mulai dari yang kapasitasnya cuma 150 cc, sampai dengan kubikasi di atas 500 cc.

Salah satu kelebihan motor naked sport, tampilannya gagah. Hal ini lantaran mesin dan rangka lebih terekspos dibanding model full fairing yang tertutup. Lalu posisi berkendaranya cenderung lebih nyaman, karena kebanyakan menggunakan setang lebih lebar dan tinggi.

Kemudian soal harga, kuda besi bergaya naked biasanya lebih murah dari versi full fairing. Ambil contoh Honda CB150R Street Fire yang modelnya telanjang dijual mulai Rp 28 jutaan. Sementara CBR150R dengan desain layaknya motor balap, harganya mulai Rp 35 jutaan. Contoh lain harga Yamaha MT-25 selaku naked sport Rp 55 jutaan. Lalu saudaranya yang pakai jubah full fairing, R25 dijual Rp 61 jutaan.

Tertarik meminangnya? Lewat tulisan ini, kami bakal membahas secara lengkap motor naked terbaik. Hanya saja khusus untuk yang punya kapasitas mesin di bawah 500cc. Berikut informasi lengkapnya:

1. KTM Duke 390

motor naked terbaik
Banyak fitur modern, performa buas, dan tampilan bengis jadi kelebihan KTM Duke 390

Motor naked terbaik pertama versi Moladin adalah KTM Duke 390. Bagaimana tidak? Dari sisi tampilan sangat gagah dengan bodi kekar dengan banyak sudut, suspensi upside down, dan ukuran roda lebar.

Tidak hanya itu, fitur-fitur yang tersemat juga sangat modern. KTM Duke 390 punya sistem pencahayaan full LED, panel instrumen berlayar TFT yang warna-warni, serta teknologi ride by wire. Soal keselamatan motor KTM versi naked ini pun telah pakai anti-lock braking system (ABS) untuk mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.

Bicara performa mesin KTM Duke 390, cukup istimewa. Kuda besi ini pakai kapasitas 373,2 cc yang sanggup melontarkan torsi puncak 37 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 42,85 hp pada 9.000 rpm. Sistem transmisinya 6-percepatan dengan slipper clutch yang menjadikan kopling ringan, serta mencegah ban selip ketika menurunkan gigi terlalu cepat.

Tertarik meminangnya? Harga motor KTM Duke 390 Rp 113,5 juta (OTR jakarta).

2. Yamaha MT-15

motor naked terbaik yamaha mt-15
Desain Yamaha MT-15 kokoh dan besar

Pabrikan berlogo garputala juga memiliki motor naked terbaik untuk kelas 150 cc, namanya Yamaha MT-15. Kuda besi ini patut diacungi jempol lantaran punya berbagai kelebihan, mulai dari performa mesin sampai desain bengis.

Di atas kertas, mesin MT-15 pakai kubikasi 155 cc dan telah dilengkapi teknologi katup variabel (VVA). Alhasil performa terbaiknya mampu hadir diberbagai rentang putaran mesin. Torsi puncaknya sendiri mencapai 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,04 HP pada 10.000 rpm.

Baca juga  Kelahiran Motor Buas, Benelli TNT600i Saat Wabah Korona

Fitur-fiturnya juga tidak kalah mantap, ada lampu LED di depan serta belakang. Panel instrumen full digital, shift timing light, dan assist & slipper clutch.

Bicara desain, MT-15 juga berbeda dari kompetitor. Parasnya seperti menggunakan topeng predator yang unik. Kemudian sudah ada suspensi upside down di depan untuk meningkatkan aura gagah. Ban yang dipakai pun berukuran lebar, depan 110/70-17 inci dan belakang 140/70-17 inci.

Lewat berbagai kelebihan itu, wajar bila harga Yamaha MT-15 mencapai Rp 36,93 juta (OTR Jakarta).

3. Honda CB150R Streetfire

motor sport Rp 20 jutaan terbaik
Ini merupakan versi telanjang dari Honda CBR150R

Salah satu motor naked terbaik dan terlaris di Tanah Air adalah Honda CB150R Streetfire. Harga motor ini mulai Rp 28 jutaan.

Kelebihannya punya tampilan gagah. Lalu sudah dilengkapi panel instrumen digital dan sistem pencahayaan full LED. Performa mesin motor ini juga terbilang cukup untuk penggunaan di medan jalan yang beragam.

4. Suzuki GSX-S150

motor naked terbaik
Kelebihan Suzuki GSX-S150 sudah pakai keyless

Motor naked terbaik selanjutnya Suzuki GSX-S150. Inilah kuda besi 150 cc pertama yang sudah dilengkapi keyless. Apa memangnya kelebihan dari keyless?

Fitur ini menggantikan anak kunci konvensional dengan kenop dan remote pintar. Alhasil kamu tidak perlu lagi memasukkan anak kunci ke lubang, ketika ingin mengaktifkan mesin GSX-S150. Cukup dengan meletakkan remote di saku, kemudian tekan dan putar kenop. Selanjutnya tekan tombol starter, maka mesin otomatis aktif.

Selain lebih modern, kelebihan keyless GSX-S150 sudah terintegrasi immobilizer. Fitur ini mencegah maling membobol motor dengan mudah, lantaran immobilizer hanya mengenali remote bawaan pabrik untuk mengaktifkan mesin. Kalau pakai remote lain atau dirusak paksa, maka mesin motor tidak bakal mau hidup.

Kelebihan motor Suzuki GSX-S150 selanjutnya pakai mesin berperforma tinggi. Pakai kapasitas murni 147,3 cc, berteknologi DOHC, empat katup, dan pendingin cairan. Jantung mekanis itu bisa mengluarkan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 18,9 HP pada 10.500 rpm.

Fitur yang menyerati motor naked terbaik dari Suzuki ini antara lain lampu depan LED, panel instrumen full digital, hazard, dan shift timing light. Dengan berbagai kelebihannya, harga GSX-S150 ternyata cukup terjangkau Rp 27 jutaan.

5. Yamaha Vixion R

Yamaha Vixion R
Kembaran dari MT-15 ini punya karakter berkendara yang lebih nyaman untuk harian.

Siapa tidak kenal Yamaha Vixion, ini merupakan motor legendaris sekaligus motor naked terbaik yang ada di Indonesia. Disebut legendaris karena usianya sudah lebih dari 10 tahun sejak kelahirannya pertama pada 2007. Eksistensinya tidak hilang, lantaran memang diminati oleh konsumen.

Baca juga  Yamaha R25 Terbaru Resmi Meluncur di Jepang, Lebih Istimewa!

Yamaha Vixion terbaru tampil lebih modern dan bertenaga dibanding generasi sebelumnya. Terlebih untuk varian Vixion R. Di atas kertas, fitur dan performa mesinnya mirip dengan MT-15. Hanya saja dari sisi kenyamanan berkendara, Vixion lebih baik untuk penggunaan harian.

Hal ini dikarenakan suspensi yang masih teleskopik dan ukuran roda tidak terlalu lebar. Kombinasi tersebut membuat Vixion R lebih nyaman untuk bermanuver di kepadatan jalan. Harga Vixion R pun lebih murah dari MT-15, cuma Rp 31,63 juta (OTR Jakarta).

6. Benelli TNT 249S

motor naked terbaik
Suara mesin layaknya motor empat silinder jadi kelebihannya.

Salah satu kelebihan motor naked terbaik dari Benelli yaitu TNT 249S adalah suara mesinnya. Kuda besi ini pakai konfigurasi dua silinder, namun terdengar seperti empat silinder.

Kemudian untuk fitur-fiturnya juga cukup modern, ada lampu depan full LED, panel instrumen dengan layar TFT, dan rem depan dengan cakram ganda. Dua fitur yang disebutkan terakhir sungguh jadi keistimewaan TNT 249S lantaran tidak dipunya kompetitor.

Hanya saja kalau bicara performa memang tidak terlalu istimewa. Mesin Benelli TNT 249S cuma mampu mengeluarkan torsi 20 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 31,5 hp pada 10.000 rpm. Kemampuan ini masih jauh di bawah Yamaha MT-25.

Jika kamu tertarik meminangnya, harga Benelli TNT 249S mulai Rp 58,6 juta (OTR Jakarta).

7. KTM Duke 250

motor naked terbaik
Bobotnya sangat ringan dan torsi besar jadi keunggulan KTM Duke 250

Kalau kamu cari motor naked terbaik asal Eropa dengan kubikasi 250 cc, bisa pilih KTM Duke 250. Harga terjangkau cuma Rp 50 jutaan, desain gagah, dan fitur-fitur modern jadi kelebihannya.

Ambil contoh, motor KTM ini sudah punya anti-lock braking system (ABS) sebagai keselamatan. Tersedia pula panel instrumen full digital dan slipper clutch. Lalu untuk performa mesin, torsinya merupakan yang terbesar di kelasnya mencapai 24 Nm pada 7.500 rpm. Hal ini wajar, karena pakai konfigurasi satu silinder.

Satu lagi yang jadi kelebihan KTM Duke 250, bobotnya sangat ringan, cuma 149 Kg. Padahal kalau dilihat sekilas, motor ini tidak kalah gagah dari kompetitor. KTM telah memberinya suspensi upside down, serta ban lebar.

8. Yamaha MT-25

yamaha mt-25
Kakak dari Yamaha MT-15 ini punya bodi bongsor yang membuat tampilannya semakin gagah.

Pilihan motor baru merek Jepang bergaya naked sport dengan konfigurasi mesin 250 cc dan dua silinder semakin sedikit. Apalagi setelah Kawasaki memutuskan untuk menyuntik mati Z250 dan Z250SL. Otomatis cuma tersisa Yamaha MT-25.

Baca juga  Mau Tampil keren? Pasang 5 Aksesori Yamaha Freego Ini!

Kelebihan MT-25 ada di parasnya yang bengis persis MT-15. Hanya saja bodinya lebih bongsor dan kekar. Motor naked terbaik dari Yamaha ini sudah dilengkapi suspensi depan upside down.

Soal fitur modern, tersedia sistem pencahayaan full LED serta panel instrumen full digital dengan shift timing light. Performa mesin Yamaha MT-25 juga cukup oke di kelasnya, torsi puncak mencapai 23,6 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga maksimal 35,53 HP pada 12.000 rpm.

Harga Yamaha MT-25 juga cukup terjangkau Rp 55,46 juta (OTR Jakarta).

9. BMW G310R

motor bmw
Meski termurah di BMW, tapi banderolnya tetap tembus Rp 100 jutan

Buat kamu yang belum tahu BMW G310R, ini merupakan motor naked termurah milik BMW Motorrad. Harganya cuma Rp 100 jutaan. Tentu buat kamu yang menginginkan motor merek BMW, tapi bujetnya terbatas, meminang G310R merupakan keputusan tepat.

Kelebihan punya salah satu motor naked terbaik BMW tersebut, kamu bisa bergabung dengan keluarga besar The Bavarian. Setidaknya status sosial bisa terangkat.

Hanya saja kalau bicara performa G310R, tidak terlalu istimewa. Cukuplah untuk penggunaan berbagai medan jalan. Fitur-fitur modernnya juga tidak banyak mengingat ini merupakan motor termurah BMW.

Tips Berburu Motor Naked Terbaik Versi Bekas

Motor naked terbaik Yamaha MT-25
Yamaha MT-25 lansiran 2015, harganya Rp 35 jutaan

Bicara motor naked terbaik dalam kondisi baru, tentu harganya cukup mahal. Apalagi kamu mengincar yang punya kapasitas mesin 250 cc ke atas. Banderolnya tidak mungkin di bawah Rp 50 juta.

Lalu bagaimana kalau bujet kamu terbatas, namun tetap ingin meminang motor naked sport 250 cc? Cara paling mudah adalah cek pasar motor bekas. 

Ambil contoh Yamaha MT-25 lansiran 2015, harganya bisa Rp 35 jutaan. Lalu KTM Duke 250 lawas juga dijual tidak beda jauh dari MT-25. Oleh karena itulah, membeli motor bekas buat kamu yang punya bujet terbatas sangatlah masuk akal.

Hanya saja ketika membeli, kamu perlu melakukan beberapa pengujian. Mulai dari test ride untuk merasakan langsung bantingan suspensi, handling, pengereman, dan akselerasi motor. Hingga melihat kondisi tampilan secara kasat mata. Jangan lupa juga surat-suratnya pastikan lengkap.

Kalau ada yang kurang dari tiga hal itu, kamu lebih baik tidak beli. Jika tetap mau beli, sebaiknya minta potongan harga!

Terbaru