by

5 Kelebihan KTM Duke 250 yang Tidak Dipunya MT-25

Kelebihan KTM Duke 250 – Pilihan kelas naked sport 250cc memang tidak banyak. Setelah Kawasaki Z250 dan Z250SL berhenti produksi, sisa pemainnya kini tinggal KTM, Benelli, dan Yamaha.

Perwakilan KTM adalah Duke 250. Motor ini beda dibanding Yamaha MT-25 dan Benelli TNT 249S, lantaran cuma pakai mesin satu silinder. Sementara kompetitor mengandalkan dua silinder.

Lalu dengan jantung mekanis berkonfigurasi satu silinder, pantaskah motor ini dibeli? Untuk membahasnya, kami bakal beberkan lima kelebihan KTM Duke 250 lewat tulisan di bawah:

1. Torsi Besar di Putaran Bawah Merupakan Keunggulan KTM Duke 250

Mesin KTM Duke 250
Jantung mekanisnya pakai konfigurasi satu silinder

Dengan mesin satu silinder, kelebihan KTM Duke 250 justru hadir dalam hal torsi. Motor yang siduak dirakit lokal ini memiliki torsi paling besar dibanding Yamaha MT-25 dan Benelli TNT 249S selaku kompetitor.

KTM Duke 250 bisa memuntahkan torsi hingga 24 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga 29,5 hp pada 9.000 rpm. Hanya saja dari sisi tenaga, memang kalah jauh dari rival dua silinder.

Dengan torsi besar di putaran bawah, Duke 250 terasa mudah saat harus menaklukkan tanjakan dan menyundul di kemacetan. Cukup putar sedikit selongsong gas, langsung terasa performanya yang mantap.

Soal spesifikasi pabrikan, KTM Duke 250 pakai mesin berkapasitas murni 248,8cc. Konfigurasinya satu silinder, pendingin cairan, punya bore 72 mm dan stroke 61,1 mm. Terkait konsumsi bahan bakar, pabrikan asal Austria ini mengklaim bisa menghemat hingga 30,86 Kpl. Catatan yang cukup baik untuk kelas 250cc.

Baca juga  7 Perbedaan Yamaha Vixion dan Vixion R

2. Slipper Clutch

slipper clutch
Fitur slipper clutch sudah ada di KTM 250, namun belum dipunya Yamaha MT-25

Kelebihan KTM Duke 250 selanjutnya ada di slipper clutch. Fitur ini mampu mencegah roda selip saat pengendara menurunkan gigi transmisi terlalu cepat. Istimewanya lagi, di laman resmi KTM dikatakan bahwa slipper clutch tersebut bisa juga membuat kopling jadi lebih ringan.

Disebut sebagai kelebihan, lantaran kompetitor seperti Yamaha MT-25 dan Benelli TNT 249S belum memilikinya. Padahal fungsi slipper clutch cukup vital dalam berkendara motor sport.

Sementara itu untuk sistem transmisi, KTM Duke 250 sama seperti rival yang telah mengaplikasikan 6-percepatan manual. Ada pula fitur RPM alert untuk memberi informasi soal waktu tepat dalam melakukan perpindahan gigi naik. Di beberapa kuda besi lain, RPM alert disebut juga sebagai shift timing light.

3. Anti-lock Braking System

rem ABS di KTM Duke 250
KTM Duke 250 sudah dilengkapi ABS, sementara Yamaha MT-25 belum

Dalam hal keselamatan berkendara, kelebihan KTM Duke 250 salah satunya telah memiliki anti-lock braking system (ABS). Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian, pengendara masih bisa mengendalikan motor dan menghindari potensi kecelakaan di depan.

Baca juga  Test Ride Review Yamaha XSR 155: Retro Bukan? (Bag.2)

ABS dikatakan sebagai kelebihan Duke 250, lantaran Yamaha MT-25 selaku kompetior belum memiliki fitur keselamatan ini.

Selain itu, Duke 250 juga punya sistem pengereman cakram dari Bybre di kedua roda. Rem depan pakai cakram 300 mm dan belakang menggunakan cakram 230 mm.

Baca juga:

4. Bobot Ringan Jadi Kelebihan KTM Duke 250

Bobot ringan ktm duke 250
Bobotnya paling ringan dibanding kompetitor, selain itu Duke 250 juga punya posisi berkendara yang rileks

Terkait desain, memang KTM Duke 250 seolah tanpa cela. Apalagi buat kamu yang suka tampilan motor bengis dan agresif. Bodinya tampak begitu berotot dan terpusat di tengah. Kehadiran rangka teralis yang terekspos juga membuatnya semakin gagah.

Ada pula suspensi depan upside down besar dari WP berdiameter 43 mm. Kemudian tidak ketinggalan, KTM memberi ukuran ban lebar untuk Duke 250. Ban depan pakai 110/70-17 inci dan 150/60-17 inci.

Meski tampak gagah, namun ternyata bobot KTM Duke 250 tetap ringan. Di atas kertas, motor ini cuma 149 Kg atau paling ringan dibanding kompetitor. Bandingkan saja dengan bobot Yamaha MT-25 yang mencapai 165 Kg dan Benelli TNT 249S dengan 183 Kg.

Dengan fakta tersebut, bobot ringan tentu menjadi kelebihan KTM Duke 250. Efeknya motor ini jadi mudah dikendalikan untuk pengendara pemula. Kelebihan lain adalah posisi berkendara yang nyaman, lantaran posisi setang tinggi dan menjorok ke pengendara. Alhasil tubuh terasa rileks, meski dipakai berkendara jauh.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Gixxer 250, Naked Sport Murah

5. Harga Paling Terjangkau

lampu depan
Salah satu kekurangan KTM Duke 250 belum menggunakan lampu LED di pencahayaan depan

Kelebihan KTM Duke 250 yang terakhir, harganya paling terjangkau Rp51,9 juta (OTR Jakarta). Sementara kompetitor seperti Yamaha MT-25 dijual Rp55,46 juta (OTR Jakarta) dan Benelli TNT 249S Rp57 juta (OTR Jakarta).

Dengan harga lebih murah, kamu tentu bisa menyimpan uang untuk melakukan hal lain. Sebut saja memodifikasi motor sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Itulah tadi kelebihan dari KTM Duke 250. Meski banyak keunggulan, bukan berarti motor ini tanpa kekurangan. Dari berbagai masukkan pengguna, kekurangan KTM Duke 250 antara lain jok yang relatif tinggi mencapai 830 mm. Dijamin kaki pemilik tinggi 168 cm bakal jinjit saat duduk. Padahal tinggi jok kompetitor, rata-rata di bawah 800 mm.

Kekurangan KTM Duke 250 selanjutnya belum pakai sistem pencahayaan LED di lampu depan. Padahal semua rival sudah mengaplikasikannya. Ada pula yang mengeluhkan soal stabilitas berkendara di kecepatan tinggi dan performa mesin di putaran atas sangat terbatas.

Usai mengetahui ulasan soal KTM Duke 250, tertarikkah kamu untuk punya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru