by

5 Rekomendasi Motor Adventure Murah di Indonesia

Cari motor adventure murah memang tidak mudah. Kebanyakan yang dipasarkan di Indonesia, harganya mencapai ratusan juta dan masuk dalam golongan motor gede (moge). Sebut saja BMW R 1250 GS, Triumph Tiger 900,Honda CRF 1100L Africa Twin, dan lain-lain.

Walau begitu, bukan berarti motor adventure yang punya banderol terjangkau tidak ada. Kini pilihannya semakin beragam, karena sedang naik daun di pasar otomotif Tanah Air. Versi murahnya yang mulai banyak menyapa konsumen antara lain Kawasaki Versys-X250, Benelli TRK 251, Viar Vortex 250, dan lain-lain.

Meski murah, ciri khas motor adventure tidak lantas ditinggalkan. Sebut saja penggunaan kaki-kaki jenjang, ban dual purpose, hingga posisi setang tinggi dipertanahkan. Performa mesinnya juga cukup mumpuni untuk menerjang berbagai rintangan.

Kombinasi semua itu membuat kendaraan tersebut bisa diajak berkendara di ragam medan jalan, baik itu on road dan semi off road. Buat kamu yang tertarik membeli, berikut rekomendasi 5 motor adventure murah di Indonesia:

1. Viar Vortex 250

motor adventure murah
Motor ini merupakan rebadge dari motor Cina Zongshen RX3

Produsen motor lokal Indonesia, Viar memiliki produk motor adventure murah yaitu Vortex 250. Harganya berkisar Rp 50 jutaan.

Sesungguhnya kuda besi ini merupakan rebranding dari Zongshen RX3 asal Cina atau Cyclone RX3 dari Amerika Serikat. Hanya saja ketika masuk Indonesia, namanya diubah. Menariknya lagi Vortex 250 sudah dirakit di Tanah Air.

Keistimewaan motor ini, pernah membuktikan diri kuat untuk diajak bertualang menembus 15 ribu Km dari Jakarta hingga ke Himalaya. Jadi soal ketangguhan, tidak perlu diragukan lagi.

Bila melihat spesifikasinya, Viar Vortex 250 telah memiliki berbagai komponen khas motor tualang, sebut saja hand guard, engine guard, dan winshield. Tidak ketinggalan Viar menyediakan tambahan boks samping untuk meletakkan berbagai barang bawaan pengendara.

Baca juga  Vario 125 CBS atau Mio M3 AKS SSS, Pilih Mana?

2. Kawasaki Versys-X250

motor adventure murah
Versys-X250 merupakan pelopor motor adventure murah di Indonesia

Motor adventure murah sleanjutnya yang bisa kamu punya adalah Kawasaki Versys-X 250. Motor ini berkapasitas mesin 250 cc, pakai basis jantung mekanis dari kepunyaan Ninja 250 versi lama.

Bicara soal kelebihan motor ini, sudah dilengkapi berbagai aksesori untuk menunjang petualangan. Ambil contoh engine guard, hand guard, dan DC outlet. Fitur yang terakhir disebut berfungsi mengisi daya baterai smartphone saat berkendara, sekaligus menjadi sumber daya buat peranti navigasi.

Tidak ketinggalaan, Kawasaki Versys-X250 juga memiliki boks samping di kanan dan kiri jok. Fungsi boks tersebut untuk meletakkan berbagai barang bawaan selama bertualang.  

Petualang asal Indonesia, Steven Langitan sudah membuktikan kehebatan Versys-X250 dengan menjelajah dari Jakarta ke London, Inggris. Jadi soal daya tahan, kamu tidak perlu meragukan motor ini.

3. Benelli TRK 251

motor adventure murah
Desain Benelli TRK 251 yang cocok banget buat touring dan adventure

Pilihan motor adventure murah selanjutnya datang dari Benelli TRK 251. Ini merupakan produk blasteran Cina dan Italia. Harganya Cuma Rp 51 jutaan.

Keunggulan kuda besi ini ada di panel instrumen full digital, mampu hadirkan visual yang jernih mengenai segala hal tentang motor. Ada pula sistem pencahayaan lampu depan dengan LED proyektor. Selain hemat daya lampu tersebut juga bisa memberi visibilitas berkendara lebih baik terutama pada malam hari.

Kemudian Benelli TRK 251 juga memiliki port USB dan anti-lock braking system (ABS). Fitur ABS terutama sangat penting untuk keselamatan. Gunanya mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian diharapkan motor masih dapat dikendalikan serta pengendara bisa menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Baca juga  Ide Modifikasi Scoopy yang Tak Biasa

Terkait spesifikasi kaki-kaki, Benelli TRK 251 menggunakan ban depan ukuran 110/70 dan ban belakang berukuran 150/60. Karet bundar tersebut dikombinasikan dengan pelek alloy ring 17. Hadir pula windshield untuk mencegah angin depan langsung mengenai tubuh pengendara.

Soal performanya, Benelli TRK 251 menggendong mesin 249.2cc, satu silinder, berpendingin cairan. Jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak 21 Nm pada 8.000 rpm dan tenaga maksimal 25.8 hp pada 9.250 rpm.

4. Honda CRF 250 Rally

motor adventure murah
Motor Honda ini pernah digunakaan oleh Mario Iroth berkendara lintas benua

Harga Honda CRF 250 Rally adalah Rp 83,6 jutaan, oleh karena itu disebut sebagai motor adventure murah. Walau terjangkau, tapi kemampuannya tidak perlu diragukan. Kuda besi ini sudah mendunia, bahkan pernah ditunggangi oleh petualang, Mario Iroth. Perjalanannya tidak main-main, menembus lintas benua dari mulai Asia, Eropa, hingga Afrika.

Salah satu yang membuatnya bisa menjelajah jarak jauh adalah performa mesin mantap. Di atas kertas, CRF 250 Rally pakai kubikasi 249,6 cc dengan pendingin cairan dan konfigurasi satu silinder. Jantung mekanis tersebut mampu melontarkan torsi 22,6 Nm pada 6.750 rpm dan tenaga maksimal 24,4 hp.

Hal istimewa lain, tangki bahan bakarnya cukup besar mencapai 10,1 liter. Alhasil dengan kapasitas tangki penuh, daya jelajahnya tembus 320 Km. Klaim tersebut didapat berkat konsumsi bahan bakar rata-rata 33,4 Km / liter.

Lalu sebagai motor adventure, kuda besi ini telah dilengkapi berbagai komponen istimewa. Sebut saja cakram bergelombang di kedua roda untuk pengereman yang optimal. Ada pula lengan ayun aluminium dengan kombinasi Pro-Link untuk suspense belakang. Sementara suspensi depan pakai upside down.

5. Honda CT 125, Motor Adventure Murah dengan Kubikasi Mesin Paling Kecil

Motor Adventure murah
Honda CT 125 didesain mampu melahap segala medan jalan di Indonesia

Motor adventure dengan kapasitas mesin paling kecil di Indonesia adalah Honda CT 125. Kubikasinya cuma 125 cc, lantaran memakai basis jantung mekanis milik Honda Super Cub C125.

Baca juga  Spesifikasi Kawasaki Versys-X250 Terbaru, Apa yang Berubah?

Walau basisnya motor bebek, namun kemampuan adventurenya jangan diremehkan. Honda telah melakukan banyak revisi mulai dari suspensi yang dibuat lebih jenjang, pelek jari-jari, ban dual purpose hand guard, knalpot ala scrambler, hingga posisi setang lebih tinggi. Semua perubahan tersebut menjadikan Honda CT 125 bisa melibas berbagai medan jalan, baik aspal dan semi offroad.

Revisi lain yang diberikan pabrikan berlogo sayap adalah perfroma mesin. Torsinya dibuat lebih baik dibanding Super Cub C125, alhasil mampu menyemburkan 10,79 Nm pada 4.5000 rpm. Sementara untuk tenagannya 8,8 hp pada 7.000 rpm. Perombakan lain adalah sektor tangki bahan bakar yang lebih besar, mampu menampung 5,3 liter bensin.

Soal harga, Honda CT 125 dijual Rp 75 juta (OTR Jakarta). Cukup mahal memang untuk ukuran motor bebek, tapi di kelas adventure, banderol tersebut termasuk salah satu yang terjangkau. Maka dari itu, kuda besi ini kamu masukkan ke dalam kategori motor adventure murah.

Keunggulan Honda CT 125 ada ftur-fitur modern. Sebut saja kehadiran anti-lock braking system (ABS), sistem pencahayaan full LED, panel instrument digital, hingga socket charger yang bisa dimanfaatkan mengisi daya smartphone ketika berkendara atau jadi sumber daya untuk peranti navigasi.

Itulah tadi 5 rekomendasi motor adventure murah di pasar otomotif Tanah Air. Dari semua produk tersebut, kira-kira mana yang paling kamu suka? Lalu setelah punya, destinasi mana yang mau dituju? Tulis jawabannya di kolom komentar ya!

Comment

Leave a Reply

Terbaru