10 Motor Touring Terbaik, Ada yang Murah Lho!

Motor Touring Terbaik – Para pecinta otomotif tentu sudah tidak asing dengan istilah touring. Kegiatan ini pada dasarnya adalah berkendara jarak jauh, bisa dilakukan sendiri atau bersama komunitas. Touring menjadi sangat mengasyikkan karena akan membawa kamu ke tempat-tempat baru, bersama teman-teman.

Tentunya touring bisa dilakukan dengan segala jenis kendaraan. Namun ada beberapa motor yang dibuat khusus untuk touring. Motor touring didesain sedemikian rupa sehingga pengendara tetap nyaman dan tidak terlalu lelah meski harus melewati perjalanan yang jauh.

Tipe-tipe motor touring pun beragam. Ada motor touring offroad atau adventure yang bakal membawa Kamu menjelajah ke banyak area yang belum banyak didatangi orang sebelumnya. Medan berat pun bisa dihajar. Lalu ada sport touring yang lebih cocok untuk dipakai perjalan jauh di jalan mulus. Selain itu, ada juga motor matic touring yang akan membuat perjalananmu menjadi semakin nyaman. Berikut adalah rekomendasi motor touring terbaik yang bisa kamu beli di pasaran.

 

1. Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Motor Touring Terbaik Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Kawasaki Versys-X 250 Tourer memang didesain untuk touring. Desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga postur pengendara akan tegak sehingga punggung tetap nyaman meski menjalani perjalanan selama beberapa jam. Motor ini dibekali mesin 250cc dengan silinder gkamu, mirip dengan Kawasaki Ninja 250.

Motor ini dilepas dengan slogan ‘for any road – any time’, menggambarkan kemampuannya untuk menjelajah di berbagai medan. Motor Versys-X 250 Tourer sudah dilengkapi dengan side panniers, fog lamp, engine guard, hand guard, dan DC outlet untuk mengisi kembali baterai gadget pengendara. Semua fitur itu menjadikan Kawasaki Versys-X 250 Tourer sebagai salah satu motor touring terbaik di pasaran Indonesia saat ini. Harga motor ini sekitar Rp73 jutaan.

 

2. Suzuki GSX-S150 Touring Edition

Motor Touring Terbaik Suzuki GSX-S150 Touring Edition

Dari namanya saja, Kamu pasti sudah bisa menduga motor ini juga didesain untuk touring. Sebenarnya ini adalah motor edisi terbatas di Indonesia, dibuat menggunakan basis motor GSX-S150 standar. Berbagai fitur yang disematkan membuatnya menjadi motor spesialis touring. Harganya cukup murah, masih di kisaran Rp25 jutaan.

Lewat kapasitas mesin 150cc, motor ini punya bobot ringan sehingga nyaman untuk berkendara jarak dekat, maupun jauh. Ada beberapa aksesoris khas motor touring yang sudah disematkan di sini. Side panniers, hand guard, engine guard, dan winshield tinggi menjadikan motor ini sangat nyaman dikendarai bahkan dalam kondisi cuaca yang kurang baik sekalipun.

 

Kawasaki Z 250 SL

*Angsuran mulai dari

 

3. VIAR Vortex 250

Viar Vortex

Produsen motor lokal Indonesia, VIAR, juga tak mau kalah dalam persaingan di kelas motor touring 250cc. Produk kamulan mereka di kelas ini adalah Vortex 250. Meski dirakit di Indonesia, sejatinya Vortex 250 adalah rebranding dari motor Zongshen RX3 darii China atau Cyclone RX3 darii Amerika Serikat.

Vortex 250 sempat mencuri perhatian ketika dipakai untuk menjelajah dari Jakarta hingga ke Himalaya, melewati lebih dari 15 ribu kilometer. Penampilannya memang khas motor touring dengan box panniers di belakang serta berbagai aksesoris seperti hand guard, engine guard, dan winshield. Harganya cukup murah untuk kelas motor 250cc, masih di kisaran Rp50 jutaan.

 

4. Honda CRF250R Rally

Motor Touring Terbaik Honda CRF250R Rally

Honda sejatinya agak tertinggal untuk persaingan di kelas touring karena mereka memang tidak memiliki motor yang didesain khusus untuk tujuan itu. Namun Honda memiliki banyak lini produk yang bisa nyaman dipakai touring dengan sedikit modifikasi. Salah satunya adalah Honda CRF250R Rally.

Versi standarnya, Honda CRF250R Rally ini sudah cukup mumpuni untuk dipakai melintasi hampir semua medan. Dengan desain adventure dan mesin 250cc, motor ini akan sanggup melintasi semua rintangan dengan cukup mudah. Sudah ada engine guard and windshield di versi standarnya, namun masih bisa diberi tambahan beberapa modifikasi seperti boks di belakang. Untuk menebus motor ini, Kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp74 jutaan.

 

5. BMW G310GS

BMW G310GS

Jika Kamu ingin membeli motor touring premium, mungkin BMW G310GS bisa menjadi pilihan yang tepat. Motor touring entry level dari BMW Motorrad ini dibekali dengan mesin silinder tunggal dengan kapasitas 313cc. Setang kemudi sengaja dibuat tinggi agar posisi berkendara lebih nyaman dan tidak membungkuk.

Sebagai motor adventure, BMW G310GS sebenarnya sanggup diajak berpetualang ke banyak medan, termasuk di rute yang sulit sekalipun. Kenyamanan berkendara benar-benar menjadi prioritas dengan suspensi panjang, membuat travel suspense-nya juga nyaman. Harganya cukup mahal untuk ukuran entry level, masih di atas Rp125 jutaan.

 

6. Yamaha Nmax

Yamaha Nmax

Motor ini sudah sangat populer dan Kamu juga sudah pasti telah sering melihatnya di jalanan. Skutik premium besutan Yamaha ini menawarkan banyak opsi kenyamanan yang cocok untuk dipakai touring. Yang pertama tentu posisi setang kemudi dan ruang kaki yang luas. Kamu bisa nyaman meletakkan kakimu dalam berbagai posisi di Nmax.

Nmax juga sudah dilengkapi dengan bagasi yang cukup besar, sehingga tanpa perlu tambahan box di belakang pun, kamu sudah bisa membawa cukup banyak barang. Dibekali mesin 155cc yang sudah menggunakan teknologi Blue Core, motor ini juga relatif irit. Selain itu, Nmax juga merupakan motor yang nyaman untuk dipakai harian. Harganya sekitar Rp31 jutaan.

 

7. Yamaha Byson

Yamaha Byson FI

Dibandingkan dengan saudaranya seperti Yamaha Vixion atau Yamaha MT25, Yamaha Byson jauh lebih nyaman untuk dipakai touring. Pasalnya, posisi berkendara Byson lebih tegap dengan setang kemudi yang relatif tinggi. Hal ini membuat pengendara tak mudah lelah karena harus membungkuk.

Dibekali dengan mesin 150cc, Byson terbaru sudah menggunakan fuel injection. Gas buangnya pun sudah lulus uji Euro 3. Yang paling menarik tentu saja adalah harganya. Byson bisa dibawa pulang dengan biaya hanya Rp22 jutaan saja, jauh lebih murah dibanding motor touring yang lain. Hanya saja, Kamu mungkin masih harus melakukan beberapa modifikasi untuk membuat motor ini menjadi tourer murni.

 

8. Honda PCX

Honda Pcx

Motor ini dirilis Honda untuk menyaingi popularitas Nmax yang sudah mengaspal lebih dulu di Indonesia. Sama-sama memiliki mesin 150cc, PCX memiliki banyak fitur yang mirip dengan Nmax. Posisi pijakan kaki yang luas dan lega, konsumsi bahan bakar yang hemat, dan faktor kenyamanan yang mumpuni. Kamu dijamin tidak cepat lelah dengan mengendarai motor ini. Kamu bisa membeli Honda PCX dengan harga mulai Rp28 jutaan.

 

9. Yamaha Xmax

Yamaha XMax

Ini adalah kakak dari Nmax. Skutik premium ini memiliki mesin berkapasitas 250cc, dengan teknologi Blue Core yang membuatnya tetap hemat bensin. Lantaran mesinnya yang juga besar, bodi Yamaha Xmax juga cukup bongsor untuk ukuran skutik. Namun bodi yang besar itu juga membuat feel berkendara menjadi lebih anteng dan nyaman. Ruang kaki yang luas, winshield yang tinggi, dan posisi setir yang nyaman membuat kamu akan betah naik motor ini berlama-lama. Harga Xmax dimulai dari Rp59 jutaan.

 

Kawasaki W 175

*Angsuran mulai dari

 

10. Honda CB150R Streetfire

Motor Touring Terbaik Honda CB150R StreetFire

Ini adalah naked sport 150cc terbaik dari Honda. Banyak pengamat yang menyebut motor ini memiliki value yang sangat besar untuk harga dan kelasnya. Basis mesin dan sasis yang dipakai CB150R Streetfire sama dengan CBR150R yang lebih mahal. Posisi setang kemudi yang tinggi menjadikan motor ini nyaman dikendarai. Dengan berbagai modifikasi dan tambahan aksesoris, CB150R Streetfire bisa menjadi motor touring terbaik di kelasnya. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp27 jutaan.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *