Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda Stylo 160 Masih Pakai Rangka eSAF, Masihkah Konsumen Trauma?

by Tigor Sihombing
New Honda Stylo 160

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menghadirkan New Honda Stylo 160 ke Indonesia. Model ini adalah skuter berdesain neo retro yang menggunakan mesin Vario 160.

Meski disayangkan gebrakan baru pada motor Honda Stylo 160 ini banyak menuai kekecewaan. Hal ini lantaran desain skutik ini cukup identik dengan beberapa motor pabrikan lain seperti GPX Tuscany. Jauh di bawah ekspektasi bahkan tetap mengusung rangka Smart Architecture Frame (eSAF)

Dari pantauan sosial media, konsumen banyak yang berharap Honda Giorno lah yang akan masuk ke Indonesia untuk bersanding dengan Grand Filanio dan sama-sama bersaing di segmen skutik kelas 125 cc.

“Eh malah Honda Vario yang dipakein kesing Stylo,” komentar netizen dari pantauan forum sosial media. Penggunaan rangka eSAF yang sempat heboh beberapa waktu lalu memang turut bikin polemik pada Stylo 160. 

Sebagai informasi AP Honda Thailand mengungkapkan bahwa New Giorno+ memiliki desain terbaru dengan menggunakan sasis pipa bulat atau tubular. Berbeda dengan skutik-skutik Honda di Indonesia seperti BeAT, Scoopy, Genio, dan Vario 160 yang menggunakan rangka eSAF, Giorno+ memilih menggunakan rangka biasa.

Baca juga  Honda Dio Kian Dekat Indonesia, Motor Matik Rp 14 Jutaan!

Keputusan ini menandai perbedaan pendekatan dalam desain antara skutik retro modern Thailand ini dengan skutik-seri Honda di Indonesia.

Rangka eSAF, yang banyak digunakan pada skutik Honda di Indonesia, menjadi perbincangan karena mudah keropos bahkan di beberapa kasus sempat patah. 

Oleh karena itu, dengan pilihan menggunakan sasis pipa bulat pada Giorno+, AP Honda Thailand memberikan alternatif yang mungkin dianggap lebih kokoh dan tahan lama oleh konsumen.

Spesifikasi New Honda Stylo 160

New Honda Stylo 160

Rangka eSAF banyak diadaptasi pada skutik Honda di Indonesia jadi pergunjingan karena mudah keropos

New Honda Stylo 160 ditenagai oleh mesin 160cc 4 katup enhanced Smart Program Plus (eSP+). Motor ini disematkan fitur-fitur canggih seperti lampu depan LED ikonik, Honda smart key, dan USB charger type A.

“Kami terus berinovasi untuk konsumen Indonesia. New Honda Stylo 160 hadir sebagai skutik premium fashionable berdesain modern klasik yang tampil berkelas dengan performa mesin yang bertenaga,” ujar Presiden Direktur AHM, Susumu Mitsuishi.

New Honda Stylo 160 memiliki jarak terendah ke tanah 151mm, kombinasi jarak sumbu roda 1.275mm, dan ketinggian jok 768mm.

Baca juga  Honda ADV 150 Versi Batman Hadir di Thailand

Ada juga sistem pengereman Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel memberikan keamanan ekstra dengan disc brake pada bagian depan dan belakang berukuran 220mm – 220mm.

Meskipun menonjolkan penampilan modis, New Honda Stylo 160 tetap mengutamakan performa mesin dengan mesin 160cc 4 katup berpendingin cairan eSP+.

Honda Stylo 160 pakai gaya retro dan mesin comot dari Vario 160

Honda Stylo 160 pakai gaya retro dan mesin comot dari Vario 160

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW/8.500 rpm dan torsi maksimum 13,8 Nm/7.000 rpm.

Kapasitas tangki bahan bakar 5L dan ruang penyimpanan 16,5L mendukung kenyamanan pengendara dalam berkendara.

New Honda Stylo 160 hadir dalam dua tipe, yaitu ABS dan CBS, dengan enam varian warna yang modis. Tipe ABS dibanderol Rp 30.425.000 (On the road Jakarta) dengan warna Royal Green, Royal Matte Black, dan Royal Matte White.

Sementara tipe CBS dijual Rp 27.550.000 (On the road Jakarta) dengan warna Glam Red, Glam Black, dan Glam Beige. Model ini dilengkapi dengan garansi rangka hingga 5 tahun tanpa batas jarak tempuh, garansi komponen injeksi PGM-FI selama 5 tahun atau 60.000 km, garansi mesin selama 3 tahun atau 36.000 km, dan garansi kelistrikan selama 1 tahun atau 12.000 km.

Baca juga  Honda CB 1300 Super Four Terbaru Meluncur, Segini Harganya

Demikian ulasan terkait New Honda Stylo 160. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika