Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

9 Harga dan Jenis Vespa Matic 2023, Ada Rakitan Lokal

by Baghendra Lodra

Ada banyak jenis Vespa matic yang dijual di Indonesia untuk tahun 2023, mulai dari yang entry level yaitu LX dan S. Kemudian ada pula Primavera dan Sprint, serta model edisi spesial yaitu 946.

Tidak ketinggalan, di segmen Vespa bongsor hadir GTS dan GTV. Belum selesai di sana, Vespa juga memiliki jenis motor listrik yaitu Elettrica.

Walau harganya mahal, tapi motor Vespa ternyata tetap laris di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari sejarah Vespa yang sudah sangat lama hadir di Tanah Air, bahkan sejak era 60-an. Oleh karenanya, wajar bila skuter merek Italia tersebut begitu disukai masyarakat Indonesia.

Hanya saja antara Vespa klasik dan Vespa Matic agak sedikit berbeda. Tampilan keduanya memang mirip, tapi Vespa klasik punya ciri khas mesin 2-tak dengan transmisi manual. Sementara Vespa modern telah menggunakan mesin 4-tak yang dikombinasikan transmisi CVT otomatis (kecuali Vespa Elettrica yang pakai controller, baterai, dan motor penggerak model gardan). 

Oleh karena tidak perlu ganti gigi, karena sudah pakai transmisi otomatis, maka Vespa keluaran terbaru juga sering disebut sebagai motor Vespa matic. Di Indonesia, totalnya ada delapan jenis yang dipasarkan. Masing-masing punya ciri khas yang membuat karakternya beda satu sama lain.

Ingin tahu spesifikasi dan harga Vespa Matic yang dipasarkan di Indonesia? Simak bahasan berikut:

1. Vespa LX 125 i-GET (Rp 45,35 juta), Produksi Indonesia

jenis vespa matic - lx 125

Vespa LX merupakan satu-satunya motor Vespa rakitan Indonesia

Jenis Vespa Matic yang pertama adalah LX 125 I-GET. Jika melihat harga, inilah produk merek Italia yang termurah yaitu cuma Rp 45,35 juta (OTR Jakarta).

Motor Vespa tersebut paling murah, karena masuk di segmen entry level. Kemudian yang menarik, sudah dirakit lokal di Indonesia.

Bicara kelebihannya ada di desain Vespa LX yang menonjolkan kesan elegan. Vespa matic satu ini  menyasar generasi muda yang ingin mendapatkan aura skuter Eropa yang otentik.

Desainnya sengaja membuat kamu seperti kembali ke masa lalu. Punya ciri khas lampu depan berbentuk bulat, dengan spion yang juga bulat. Kemudian untuk jok dirancang nyaman untuk berboncengan. Soal pilihan warna, tersedia: Red Passione (merah) dan Grey Materia (abu-abu).

Meski bergaya klasik, Vespa LX punya spesifikasi mesin yang tidak perlu diragukan. Skuter matik ini telah dilengkapi jantung mekanis berteknologi I-GET (Italian Green Experience Technology) dengan kapasitas 125 cc. Kehadiran I-GET membuat performa lebih baik dan getaran semakin halus, berbeda dengan mesin generasi lama.

Di atas kertas, mesin Vespa LX 125 I-GET bisa memuntahkan torsi hinga 10,2 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 10,19 hp pada 7.600 rpm.  Soal tangki bahan bakar, kapasitas totalnya mencapai 7,5 liter.

Kemudian motor Vespa rakitan lokal ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih modern. Kamu bisa lihat penyematan sistem pencahayaan LED di lampu depan. Lalu panel instrumen kombinasi analog dan digital. Tidak ketinggalan ada USB port di kompartemen depan untuk mengisi daya baterai smartphone ketika berkendara.

Salah satu kekurangan Vespa LX 125 adalah penggunaan roda ukuran kecil. Di depan pakai 110/70-11 inci dan belakang 120/70-10 inci. Khususnya di belakang yang jadi kendala, lantaran menjadikan ground clearance rendah. Alhasil ketika melewati jalan bergelombang, bodi bawah bakal sering bersinggungan dengan aspal.

Vespa Batik

jenis vespa matic - vespa batik

Vespa LX dengan motif batik

Jenis Vespa matic yang juga tidak kalah menarik adalah Vespa Batik. Pada dasarnya ini merupakan Vespa LX yang mendapat sentuhan motif batik di front tie, front compartment, footrest area, reaer side panel, hingga rear panel. Kemudian yang menarik, desain batik tersebut memiliki tema Tambal Jagad yang merupakan kombinasi dari 7 motif batik tradisional:

  1. Sokowani dari area Sumatra: simbol pesona dan kharisma
  2. Megamendung dari Jawa Barat: simbol kemakmuran dan sumber kehidupan
  3. Kawung dari Jawa Tengah: simbol kepemimpinan dan kebijaksanaan
  4. Perisai dari area Kalimantan: simbol perlindungan dan kegigihan
  5. Poleng dari Bali: simbol keseimbangan hidup
  6. Tenun Ikat Menjangan dari area Nusa Tenggara: simbol penghormatan kepada leluhur
  7. Ayam Kasuari dari area Papua: simbol kekuatan dan umur panjang
Baca juga  Yamaha Gear 125 Kuat Nanjak?

Vespa Batik sendiri merupakan varian spesial edition yang dijual terbatas. Kehadirannya pertama kali pada akhir 2022, ketika itu harganya tembus Rp 77 juta.

2. Vespa S 125 i-GET (Rp 45,5 juta)

jenis vespa matic - vespa s 125 iget

Ciri khas Vespa S punya lampu depan kotak

Jenis Vespa matic selanjutnya adalah S 125 I-GET. Motor ini adalah kembaran dari LX 125 I-GET. Masuk sebagai kategory entry level untuk motor Vespa modern.

Dari sisi mesin, rangka, dan fitur sungguh tidak ada beda. Hanya saja untuk desain dibuat karakter yang berlainan. Ciri khas Vespa S 125 I-GET adalah tampilan sporty dan khas anak muda. Tampak dari lampu depan berbentuk kotak. Dimensinya yang mungil, membuat motor ini lincah dipakai di kepadatan jalan perkotaan.

Harga motor Vespa S 125 I-GET mencapai Rp 45,5 juta (OTR Jakarta). Lebih mahal dari Vespa LX, apa penyebabnya? Vespa S tampil dengan beberapa aksesori tambahan seperti grafis hitam di bodi samping, aksen hitam di kover lampu depan, jengger pelindung hitam di atas speedometer, serta jok dengan aksen putih.

Lalu untuk bagasi, Vespa S mampu menampung helm half face jenis retro. Kapasitas bagasi di bawah joknya tersebut, tidak beda dari Vespa S,

3. Vespa Primavera 150 I-GET ABS (Rp 50,9 juta – 60,2 juta)

jenis vespa matic - vespa primavera colorvibe

Vespa Primavera Colorvibe

Di kelas 150 cc, Vespa matic yang tersedia salah satunya Primavera 150 I-GET ABS. Desainnya cenderung membulat, seperti ingin kembali ke era 60-an. Hampir tak ada sudut tajam yang bisa ditemui di bodinya.

Jika dilihat sekilas, Vespa Primavera 150 sangat mirip dengan Vespa LX, tapi ukurannya lebih besar. Pembeda lainnya adalah ukuran pelek. Primavera pakai roda depan 110/70-12 inci dan belakang 120/70-12 inci. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut bodi bawah bersinggungan dengan aspal ketika melewati jalan bergelombang.

Ada tiga varian Vespa Primavera yang ditawarkan di Indonesia: Primavera, Primavera S, dan Primavera Colorvibe Limited Edition. Perbedaannya hanya tampak dari balutan warna bodi dan aksennya. Untuk Primavera S, cat hitam hadir seperti jengger di atas sepatbor depan, lis bodi, dan kover lampu depan. Lalu ada aksen oranye di tiga lubang tameng depan tempat klakson berada dan velg. Tidak ketinggalan, bodi smaping motor dapat grafis oranye, hitam, dan biru.

Sementara Vespa Primavera Colorvibe Limited Edition lebih unik lagi. Cuma tersedia dalam dua pilihan warna yaitu orange tramonto dan blue audace. Kalau kamu pilih orange tramonto, maka blue audace akan jadi aksen yang melapisi velg dan beberapa bagian di bodi motor. Begitu pula sebaliknya.

Soal fitur, antara tipe Vespa matic Primavera, Primavera S, dan Primavera Colorvibe Limited Edition tidak ada beda. Ketiganya pakai sistem pencahayaan LED di lampu depan dan belakang. Lalu panel instrumen telah dilengkapi sistem digital serta analog. Ada pula USB port untuk mengisi daya smartphone.

Tidak ketinggalan fitur anti-lock braking system (ABS) hadir di roda depan. ABS berfungsi mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian, pengendara bisa mengendalikan motor dan terhindar dari resiko kecelakaan di depan.

Performa mesin juga tidak beda, pakai kapasitas murni 154,8 cc dengan torsi puncak 12,8 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 12,7 hp pada 7.750 rpm.

Baca juga  Harga Suzuki Saluto 125 di Indonesia, Rp20 Jutaan?

Daftar Harga Vespa Matic Primavera 2023:

  • Primavera Rp 50,9 juta
  • Primavera S Rp 53,4 juta
  • Primavera Colorvibe Limited Edition Rp 60,2 juta

4. Vespa Sprint 150 I-GET ABS (Rp 53,9 juta – 56,4 juta)

jenis vespa matic - vespa sprint s 150 iget

Vespa Sprint S dengan aksen merah yang lebih sporty

Sprint merupakan varian legendaris Vespa. Motor ini sudah dikenal sejak Vespa masih menggunakan mesin dua tak dengan transmisi manual. Namun kini Sprint 150 I-GET ABS sudah menjadi salah satu Vespa matic terbaik yang bisa kamu beli di pasaran.

Jika melihat secara detail, basis mesin dan rangka Vespa Sprint modern adalah Primavera. Hanya saja ada beberapa komponen yang membuatnya beda. Salah satunya lampu depan yang berbentuk persegi enam. Kemudian spion juga dirancang lebih menyudut.

Penampilan Sprint memang tidak terlalu klasik seperti Primavera selaku saudaranya. Vespa sengaja memberi karakter modern dan sporty untuk skuter ini. Jika kamu tertarik, harga Vespa Matic jenis Sprint 2023 ada dua varian: Sprint 150 Rp 53,9 juta (OTR Jakarta) dan Sprint S Rp 56,,4 juta (OTR Jakarta).

Beda kedua varian itu, hanya pewarnaan bodi. Vespa Sprint punya tubuh polos tanpa grafis. Sementara Sprint S dilengkapi dengan grafis dan berbagai aksen warna merah untuk semakin memberi kesan sporty.

5. Vespa GTS 150 (Rp 78,8 juta – 84,55 juta)

jenis vespa matic - vespa gts 150

Vespa GTS 150 Supersport punya aura sporty lebih kental

Vespa matic berikutnya adalah GTS 150. Meski sama-sama dengan Sprint dan Primavera pakai kapasitas mesin 150 cc, namun bodinya jauh lebih bongsor. Performa jantung mekanisnya juga lebih bertenaga. 

Ciri khas Vespa GTS 150 menggunakan mesin dengan empat katup dan pendingin cairan. Maka dari itu, torsi puncaknya semakin buas mencapai 13,5 Nm pada 6.750 rpm dan tenaga maksimal 14,48 hp pada 7.750 rpm.

Kelebihan lain, punya banyak fitur modern. Ada start & stop system (SSS) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Fitur SSS mampu menonaktifkan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari tiga detik, lalu akan aktif kembali ketika selongsong gas diputar.

Fitur lain adalah ABS di kedua roda untuk keselamatan. Ada pula tilt sensor yang mampu menonaktifkan mesin secara otomatis, saat terjadi kecelakaan. Kemudian bike finder, memudahkan pencarian motor di lokasi parkir. Tidak ketinggalan sistem pencahayaan LED dan USB port tetap hadir.

Jika kamu tertarik, harga Vespa Matic GTS 150 tersedia dalam dua varian: GTS Classic 150 Rp 78,8 juta dan GTS Super Sport 150 Rp 84,55 juta. Pembeda keduanya ada di warna bodi saja. Bila cari yang sederhana, maka pilih Classic. Sementara untuk yang mau aura sporty lebih kental bisa pilih Super Sport.

6. Vespa GTS Super Tech 300 (Rp 163,2 juta), Vespa Matic Paling Bertenaga

kelebihan vespa gts 300 super tech 2023 - tampak samping

Vespa GTS 300 Super Tech punya mesin bertenaga

Kalau kamu mencari jenis vespa matic yang paling canggih, maka pilihlah GTS Super Tech 300. Harga Vespa Matic ini mencapai Rp 163,2 juta (OTR Jakarta). Mahal memang, namun sepadan dengan kelebihannya.

Skuter ini pakai panel instrumen dengan layar TFT warna-warni berukuran 4,3 inci. Menariknya lagi, panel instrumen tersebut sanggup terkoneksi dengan smartphone via aplikasi Vespa Mia Connectivity System. Alhasil dari dahsboard, kamu bisa melihat pesan singkat, telepon masuk, hingga mengakses fitur navigasi.

Kelebihan lain, memiliki GTS Super Tech 300 punya anti slip regulation (ASR) untuk mencegah cengkeraman roda berkurang saat melewati jalan licin. Kelebihan lain, memiliki GTS Super Tech 300 punya anti slip regulation (ASR) untuk mencegah cengkeraman roda berkurang saat melewati jalan licin. Ada pula dual channel ABS, bike finder, dan masih banyak lagi.

Baca juga  Mau Kredit Honda PCX 150? Kini Mudah dan Tidak Ribet!

Mesin motor Vespa matic ini juga paling bertenaga. Kapasitasnya mencapai 278,3 cc, empat katup, dengan teknologi HPE. Torsi puncak yang bisa dihasilkan mencapai 26 Nm pada 5.250 rpm dan tenaga maksimal 23,46 hp pada 8.250 rpm.

7. Vespa GTV 300 (Rp 176 Juta)

Vespa matic GTV 300

Vespa GTV dengan desain sporty

Vespa matic yang dijual di Indonesia selanjutnya adalah GTV 300. Ciri khasnya punya lampu depan yang letaknya di sepatbor depan atau dalam bahasa Italia disebut faro basso, Sementara itu setangnya menggunakan gaya telanjang, serta, hadir windshield kecil di depan, joknya juga ala single seater untuk menampilkan kesan sporty.

Lalu bicara kelebihan Vespa GTV 300 2023 ini jadi motor Vespa matic pertama yang sudah mengadopsi sistem keyless. Bila pemilik motor ingin mengaktifkan mesin, tidak perlu lagi anak kunci konvensional. Kamu cukup menyimpan remote di saku, kemudian tekan dan putar kenop di motor ke posisi on. Selanjutnya tekan tombol starter, otomatis motor akan aktif.

Soal mesin, Vespa GTV 300 persis dengan GTS 300. Jadi soal performa tidak perlu diragukan. Tertarik punya? Harga Vespa matic GTV 300 2023 tembus Rp 176 juta.

8. Vespa 946

Motor Vespa Matic 946 Red

Vespa 946 Red pernah dipasarkan di Indonesia dengan harga serupa mobil

Varian Vespa matic yang satu ini sangatlah unik, lantaran dibuat layaknya maha karya. Menariknya lagi, Vespa kerap kolaborasi bareng berbagai merek ternama dunia untuk menggarap 946.

Tidak percaya? Pada 2015, Vespa 946 Emporio Armani meluncur dengan jumlah yang sangat terbatas. Harganya ketika itu hampir menyentuh Rp 200 jutaan. 

Selanjutnya pada 2017, hadir Vespa 946 Red. Inilah hasil kolaborasi dengan Red Foundation, dikenal sebagai yayasan global yang memerangi penyakit AIDS, Malaria, dan Tuberkolosis di berbagai negara dunia. Konsumen yang memiliki Vespa 946 Red tidak hanya membeli motor. Mereka juga otomatis menyumbang ke RED Foundation. 

Lalu yang terbaru, ada Vespa 946 Christian Dior pada 12 Juni 2020. Hanya saja skuter edisi terbatas ini belum dijual. Konsumen bisa membelinya pada musim semi 2021 di butik Dior seluruh dunia. Setelah itu, barulah masuk ke Indonesia lewat diler Motoplex Piaggio.

9. Vespa Elettrica (Rp 198 juta), Skuter Listrik

jenis vespa matic - elettrica

Vespa listrik, Elettrica dijual Rp 198 juta

Jenis Vespa matic selanjutnya adalah Elettrica. Ini merupakan skuter listrik pertama yang dijual oleh Vespa di dunia, begitu pula di Indonesia yang kehadirannya mulai pada Agustus 2023.

Kalau melihat sekilas, tampilan Vespa Elettrica punya desain layaknya Vespa Primavera. Hanya saja lebih nyentrik dengan warna azzuro elettrico, ini merupakan kombinasi abu-abu futuristik dengan aksen biru. Lalu di bagian bannya juga pakai ukuran belang. Roda depan Vespa listrik ini pakai ukuran 110/70-12 inci dan belakangnya 120/70-11 inci.

Sebagai motor listrik, maka mesin dan transmisi dihilangkan. Penggantinya adalah baterai 4,2 kWh (48V 86Ah) yang bobotnya mencapai 25 Kg. Istimewanya, baterai Vespa Elettrica 2023 tidak mengganggu luas bagasi di bawah jok yang tetap bisa menyimpan helm half face.

Kemudian soal jarak tempuh Vespa Elettrica, dalam kondisi baterai penuh bisa mencapai jarak 100 Km bila pakai mode Eco. Namun, ketika diganti pakai mode Power, cuma bisa melaju 70 Km.

Lalu soal kekurangan Vespa Elettrica ada di performanya.  Di atas kertas memang isa menghasilkan torsi 200 Nm dan tenaga maksimal 4 kW. Hanya saja untuk kecepatan maksimalnya dibatasi cuma 67 km/jam. Bahkan mode Eco hanya bisa membuat skutik ini melaju 40 km/jam.

Soal fitur, Vespa listrik sudah dilengkapi panel instrumen TFT 4,3 inci yang bisa terintegrasi aplikasi Vespa MIA, seperti di GTS Super Tech 300. Mantap bukan? Harganya tembus Rp 198 juta.

Itulah tadi 8 jenis dan harga vespa matic yang dijual di Indonesia untuk tahun 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika