by

7 Jenis Vespa Matic yang Dijual di Indonesia

Vespa Matic – Sejarah motor Vespa di Indonesia sudah dimulai sejak era 60-an. Oleh karenanya, wajar bila sekarang skuter merek Italia tersebut begitu akrab di telinga masyarakat.

Pengguna setia Vespa juga tidak sedikit jumlahnya. Terbukti dari sering ditemui banyak motor itu berseliweran di jalan. Bukan cuma Vespa modern, tapi juga yang klasik.

Tampilan keduanya memang mirip, namun tetap bisa dibedakan. Vespa klasik punya ciri khas mesin 2 tak dengan transmisi manual. Sementara Vespa modern telah menggunakan mesin 4 tak yang dikombinasikan transmisi CVT (otomatis). 

Oleh karena pakai transmisi otomatis, maka Vespa keluaran terbaru juga sering disebut sebagai motor Vespa matic. Di Indonesia, totalnya ada tujuh jenis yang dipasarkan. Masing-masing punya ciri khas yang membuat karakternya beda satu sama lain.

Ingin tahu spesifikasi dan harga dari tujuh Vespa Matic yang dipasarkan di Indonesia? Simak bahsan berikut:

1. Vespa S 125 I-GET

Vespa S 125
Saat ini varian Vespa S 125 merupakan motor Vespa matic termurah di Indonesia

Tipe Vespa Matic yang pertama adalah S 125 I-GET. Jika melihat harga, inilah produk merek Italia yang termurah. Banderolnya cuma Rp 34 juta (OTR Jakarta).

Varian ini paling murah lantaran belum tersentuh revisi terbaru. Alhasil sistem pencahayaannya masih bohlam. Lalu panel instrumen juga mengandalkan analog, minim sentuhan digital (kecuali indikator jam).

Meski demikian, soal spesifikasi mesin tidak perlu diragukan. Motor matik ini telah dilengkapi jantung mekanis berteknologi I-GET (Italian Green Experience Technology) dengan kapasitas 125 cc. Kehadiran I-GET membuat performa lebih baik dan getaran semakin halus. Berbeda dengan mesin generasi lama.

Di atas kertas, mesin Vespa S 125 I-GET bisa memuntahkan torsi hinga 10,2 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 10,19 hp pada 7.600 rpm.  Soal tangki bahan bakar, kapasitas totalnya mencapai 7,5 liter.

Vespa memasarkan S 125 I-GET dengan branding muda dan sporty. Ciri khasnya punya lampu depan berbentuk kotak dan jok ala single seater. Dimensinya yang mungil, membuat motor ini lincah dipakai di kepadatan jalan perkotaan.

Salah satu kekurangannya adalah penggunaan roda ukuran kecil. Di depan pakai 110/70-11 inci dan belakang 120/70-10 inci. Khususnya di belakang yang jadi kendala, lantaran menjadikan ground clearance rendah. Alhasil ketika melewati jalan bergelombang, bodi bawah bakal sering bersinggungan dengan aspal.

Anda bisa temukan & membeli Vespa S 125 di Moladin dengan DP yang ringan.

2. Vespa LX 125 I-GET

Vespa LX 125 I-GET
Motor ini termasuk kelas entry level dari Vespa matic

Jenis Vespa matic selanjutnya adalah LX 125 I-GET. Motor ini adalah kembaran dari S 125 I-GET. Masuk sebagai kategory entry level untuk motor Vespa modern.

Dari sisi mesin dan rangka, sungguh tidak ada beda. Hanya saja untuk desain serta fitur dibuat karakter yang berlainan.

Baca juga  Vespa S 125, Si Mini yang Gesit di Jalanan

Desain LX sungguh menonjolkan kesan elegan. Vespa matic satu ini  menyasar generasi muda yang ingin mendapatkan aura skuter Eropa yang otentik. Desainnya sengaja membuat kamu seperti kembali ke masa lalu.

Ciri khasnya pakai Lampu depan berbentuk bulat, dengan spion yang juga bulat. Kemudian untuk jok dirancang nyaman untuk berboncengan. Soal pilihan warna, tersedia: Blue Avio (biru), Nero Vulcano (hitam), dan Red Passione (merah).

Dari sisi harga, Vespa LX 125 I-GET mencapai Rp 35,8 juta (OTR Jakarta). Lebih mahal dari Vespa S, apa penyebabnya?

Skuter ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih modern. Kamu bisa lihat penyematan sistem pencahayaan LED di lampu depan. Lalu panel instrumen kombinasi analog dan digital. Tidak ketinggalan ada USB port di kompartemen depan untuk mengisi daya baterai smartphone ketika berkendara.

Lalu untuk bagasi, Vespa LX mampu menampung helm half face jenis retro. Kapasitas bagasi di bawah joknya, tidak beda dari Vespa S.

Anda bisa temukan & beli Vespa LX 125 di Moladin dengan DP yang ringan.

Baca juga:

3. Vespa Primavera 150 I-GET ABS

Vespa Matic, Vespa Primavera
Desain Vespa Primavera yang membulat, tampak elegan

Di kelas 150 cc, Vespa matic yang tersedia salah satunya Primavera 150 I-GET ABS. Desainnya cenderung membulat, seperti ingin kembali ke era 60-an. Hampir tak ada sudut tajam yang bisa ditemui di bodinya.

Jika dilihat sekilas, Vespa Primavera 150 sangat mirip dengan Vespa LX, tapi ukurannya lebih besar. Pembeda lainnya adalah ukuran pelek. Primavera pakai roda depan 110/70-12 inci dan belakang 120/70-12 inci. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut bodi bawah bersinggungan dengan aspal ketika melewati jalan bergelombang.

Ada dua varian Vespa Primavera yang ditawarkan di Indonesia: Primavera S dan Primavera. Perbedaannya hanya tampak dari balutan warna bodi. Untuk Primavera S, beberapa komponen dilabur dengan chrome abu-abu gelap sehingga terlihat lebih elegan.

Soal fitur, antara tipe Vespa matic Primavera S dan Primavera tidak ada beda. Keduanya pakai sistem pencahayaan LED di lampu depan dan belakang. Lalu panel instrumen telah dilengkapi sistem digital serta analog. Ada pula USB port untuk mengisi daya smartphone.

Tidak ketinggalan fitur anti-lock braking system (ABS) hadir di roda depan. ABS berfungsi mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian, pengendara bisa mengendalikan motor dan terhindar dari resiko kecelakaan di depan.

Baca juga  Daripada Honda Vario 125 ISS, Mending Vario 110 ISS!

Performa mesin juga tidak beda, pakai kapasitas murni 154,8 cc dengan torsi puncak 12,8 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 12,7 hp pada 7.750 rpm.

Jika kamu tertarik, anda dapat menemukan New Vespa Primavera 150 di Moladin dengan harga Vespa Primavera mulai Rp 44 juta (OTR Jakarta). Sementara Vespa Primavera S dipasarkan Rp 46,7 juta (OTR Jakarta).

4. Vespa Sprint 150 I-GET ABS

Vespa matic Sprint 150
Jenis Vespa matic Sprint 150 punya aura sportif dan modern sekaligus

Sprint merupakan varian legendaris Vespa. Motor ini sudah dikenal sejak Vespa masih menggunakan mesin dua tak dengan transmisi manual. Namun kini Sprint 150 I-GET ABS sudah menjadi salah satu Vespa matic terbaik yang bisa kamu beli di pasaran.

Jika melihat secara detail, basis mesin dan rangka Vespa Sprint modern adalah Primavera. Hanya saja ada beberapa komponen yang membuatnya beda. Salah satunya lampu depan yang berbentuk persegi enam. Kemudian spion juga dirancang lebih menyudut.

Penampilan Sprint memang tidak terlalu klasik seperti saudaranya. Vespa sengaja memberi karakter modern dan sportif untuk skuter ini. Jika kamu tertarik, ada dua varian Vespa Sprint 150 New yang bisa dibeli di Moladin dengan DP yang Ringan: Sprint 150 Rp 46,7 juta (OTR Jakarta) dan Sprint S Rp 49,2 juta (OTR Jakarta).

Beda kedua varian itu, hanya pewarnaan bodi. Vespa Sprint punya tubuh polos tanpa grafis. Sementara Sprint S dilengkapi dengan grafis dan berbagai aksen warna merah untuk semakin memberi kesan sportif.

5. Vespa GTS 150

Vespa matic GTS 150
Harga Vespa GTS 150 Rp 59,5 juta (OTR Jakarta). Bongsor dan pakai mesin berpendingin cairan jadi kelebihannya.

Vespa matic berikutnya adalah GTS 150. Meski sama-sama dengan Sprint dan Primavera pakai kapasitas mesin 150 cc, namun bodinya jauh lebih bongsor. Performa jantung mekanisnya juga lebih bertenaga. 

Ciri khas Vespa GTS 150 menggunakan mesin dengan empat katup dan pendingin cairan. Maka dari itu, torsi puncaknya semakin buas mencapai 13,5 Nm pada 6.750 rpm dan tenaga maksimal 14,48 hp pada 7.750 rpm.

Kelebihan lain, punya banyak fitur modern. Ada start & stop system (SSS) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Fitur SSS mampu menonaktifkan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari tiga detik, lalu akan aktif kembali ketika selongsong gas diputar.

Fitur lain adalah ABS di kedua roda untuk keselamatan. Ada pula tilt sensor yang mampu menonaktifkan mesin secara otomatis, saat terjadi kecelakaan. Kemudian bike finder, memudahkan pencarian motor di lokasi parkir. Tidak ketinggalan sistem pencahayaan LED dan USB port tetap hadir.

Jika kamu tertarik, kamu bisa Cek Vespa GTS 150 di Moladin dengan tipe Vespa matic GTS 150, harganya Rp 59,5 juta (OTR Jakarta). Tersedia pilihan warna bodi: putih, kuning, merah, dan hitam.

Baca juga  Vespa S 125 I-Get Terbaru Dijual Rp 39 Juta

6. Vespa GTS Super Tech 300, Vespa Matic Paling Bertenaga

motor matic vespa gts super tech 300
GTS Super Tech 300 punya mesin paling bertenaga

Kalau kamu mencari jenis vespa matic yang paling canggih, maka pilihlah GTS Super Tech 300. Harganya mencapai Rp 152,9 juta (OTR Jakrta). Mahal memang, namun sepadan dengan kelebihannya.

Skuter ini pakai panel instrumen dengan layar TFT warna-warni berukuran 4,3 inci. Menariknya lagi, panel instrumen tersebut sanggup terkoneksi dengan smartphone via aplikasi Vespa Mia Connectivity System. Alhasil dari dahsboard, kamu bisa melihat pesan singkat, telepon masuk, hingga mengakses fitur navigasi.

Kelebihan lain, memiliki GTS Super Tech 300 punya anti slip regulation (ASR) untuk mencegah cengkeraman roda berkurang saat melewati jalan licin. Kelebihan lain, memiliki GTS Super Tech 300 punya anti slip regulation (ASR) untuk mencegah cengkeraman roda berkurang saat melewati jalan licin. Ada pula dual channel ABS, bike finder, dan masih banyak lagi.

Mesin motor Vespa matic ini juga paling bertenaga. Kapasitasnya mencapai 278,3 cc, empat katup, dengan teknologi HPE. Torsi puncak yang bisa dihasilkan mencapai 26 Nm pada 5.250 rpm dan tenaga maksimal 23,46 hp pada 8.250 rpm.

7. Vespa 946

Motor Vespa Matic 946 Red
Vespa Red pernah dipasarkan di Indonesia dengan harga serupa mobil, padahal untuk kapasitas mesin cuma 150 cc

Varian Vespa matic yang satu ini sangatlah unik, lantaran dibuat layaknya maha karya. Menariknya lagi, Vespa kerap kolaborasi bareng berbagai merek ternama dunia untuk menggarap 946.

Tidak percaya? Pada 2015, Vespa 946 Emporio Armani meluncur dengan jumlah yang sangat terbatas. Harganya ketika itu hampir menyentuh Rp 200 jutaan. 

Selanjutnya pada 2017, hadir Vespa 946 Red. Inilah hasil kolaborasi dengan Red Foundation, dikenal sebagai yayasan global yang memerangi penyakit AIDS, Malaria, dan Tuberkolosis di berbagai negara dunia. Konsumen yang memiliki Vespa 946 Red tidak hanya membeli motor. Mereka juga otomatis menyumbang ke RED Foundation. 

Lalu yang terbaru, ada Vespa 946 Christian Dior pada 12 Juni 2020. Hanya saja skuter edisi terbatas ini belum dijual. Konsumen bisa membelinya pada musim semi 2021 di butik Dior seluruh dunia. Setelah itu, barulah masuk ke Indonesia lewat diler Motoplex Piaggio.

Itulah tadi 7 vespa matic yang dijual di Indonesia. Jika kamu tertarik memilikinya langsung saja kunjungi dealer Vespa, atau untuk mendapat promo langsung klik link di sini!

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Terbaru