Harga dan Spesifikasi Honda PCX 2024, Masih Layak Dibeli?

by Tigor Sihombing
Harga dan Spesifikasi Honda PCX 2024

Kali ini Moladin akan membahas harga dan spesifikasi Honda PCX 2024. Skuter matik ini merupakan salah satu kendaraan bermotor terbaru dari Honda yang menawarkan kombinasi antara desain yang menarik.

Honda PCX telah menapaki sejarah panjangnya di Indonesia sejak 2010, sebelum Yamaha Nmax memasuki pasar. Awalnya hadir dengan mesin 125 cc dan diimpor dari luar negeri, PCX 125 menghadapi tantangan harga tinggi dan peminat yang terbatas.

Namun, pada 2017, PCX 150 mulai diproduksi lokal, memperluas jangkauan konsumen dengan harga yang lebih terjangkau. Sebagai pesaing Yamaha Nmax, PCX 150 menawarkan fitur canggih seperti keyless entry dan panel instrumen digital, namun kalah dalam performa mesin di banding NMAX.

Pada 2018, PCX Hybrid diperkenalkan dengan motor assist untuk meningkatkan akselerasi, namun kurang diminati karena harga selangit.

Puncak sejarah PCX datang pada 2021 dengan kehadiran PCX 160, menawarkan kapasitas mesin terbesar dalam kelasnya, yakni 157 cc, yang dipasarkan hingga saat ini.

Sekarang Honda PCX hanya dipasarkan dalam dua type Honda PCX – CBS seharga Rp. 32,670,000 dan
PCX – ABS Rp. 36,085,000.

Mesin Tangguh Performa Bisa Diaansa

image538
Mesin terbesar di kelasnya

Honda menuangkan mesin teknologi mereka ke Honda PCX 160, yang kini sudah berteknologi eSP+, dengan kubikasi mesin meningkat dari 149 cc menjadi 156,9 cc.

Hal ini tentu saja berdampak pada peningkatan performa, dengan tenaga maksimal 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Lebih dari sekadar meningkatkan kapasitas mesin, PCX 2024 juga memperbarui jumlah katup menjadi 4, meningkatkan pemasukan campuran udara dan bahan bakar untuk pengalaman berkendara yang lebih enteng dan kencang.

Dapur pacu baru PCX 2024 juga mengalami perubahan signifikan dengan over bore pada piston dan peningkatan kompresi. Teknologi Hydraulic Cam Chain Tensioner Lifter dan balancer pada kruk as mengurangi getaran mesin, sementara penambahan bantalan pada setang meningkatkan kenyamanan pengendara. Di samping itu, CVT juga mendapat perhatian khusus dengan desain ulang untuk mengurangi getaran dan meningkatkan kinerja.

Pada bagian knalpot, ada perubahan desain yang sepertinyabertujuan untuk mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan kualitas suara.

Baca juga  Honda Luncurkan Rebel 500 Terbaru di IIMS Hybrid 2021

Elegan dan Sporty: Desain Honda PCX 2024

Honda PCX 2024 tetap mempertahankan desain elegan yang menjadi ciri khasnya, namun dengan sentuhan modern yang segar. Lampu depan yang menggunakan LED dengan DRL (Daytime Running Light) kini memiliki desain yang lebih menyipit, memberikan kesan lebih tajam dan futuristik.

Di bagian belakang, lampu belakang masih menampilkan siluet X yang ikonik namun dengan penekanan yang lebih kuat, menambah kesan stylish pada tampilan keseluruhan. Selain itu, desain bodi yang lebih sporty dengan tarikan garis yang tegas pada bodi sayap depan dan buritan belakang menambahkan sentuhan dinamis pada penampilannya.

Meskipun terdapat beberapa perubahan pada desainnya, Honda PCX 2024 tetap mempertahankan esensi elegan yang telah dikenal sebelumnya. Dengan kombinasi antara elegansi dan sportivitas, PCX 2024 tetap menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mengutamakan gaya dalam mobilitas mereka.

Fitur Baru untuk Peningkatan Performa: Honda PCX 2024

Honda PCX 2024 hadir dengan beragam fitur baru yang meningkatkan kenyamanan dan performa pengendara. Salah satu fitur unggulan yang disematkan pada PCX 2024 adalah HSTC (Honda Selectable Torque Control), yang membantu mengatur torsi dengan mendeteksi perbedaan rasio selip antara roda depan dan belakang. Dengan demikian, HSTC mencegah ban belakang dari spinning saat berkendara di permukaan jalan yang rendah traksi.

Tak hanya itu, PCX 2024 juga dilengkapi dengan power outlet yang lebih mudah digunakan dengan tipe USB Port Type C, serta panel instrumen yang diperbarui untuk mengakomodasi fitur baru HSTC. Panel instrumen ini masih menggunakan layar negatif display dengan latar layar biru tua, menyajikan informasi seperti indikator bensin, speedometer, tachometer, dan odometer dengan jelas.

Selain fitur-fitur baru tersebut, Honda PCX 2024 juga memiliki beberapa fitur yang sudah ada sebelumnya, seperti Idling Stop System, Honda Smart Key, ABS (Anti-lock Braking System), ACG Starter, dan Lampu Hazard.

Peningkatan Kapasitas dan Desain Kaki-kaki

Di samping fitur-fitur baru, Honda PCX 2024 juga mengalami peningkatan pada kapasitas dan desain kaki-kaki. Penggunaan sasis baru membuat volume bagasi meningkat dari 28 liter menjadi 30 liter, sementara kapasitas tangki BBM menjadi 8,1 liter dari sebelumnya 8 liter. Velg yang baru dengan desain yang lebih sporty, dan ukuran yang berbeda antara roda depan dan belakang (14 inci dan 13 inci), memberikan tampilan yang segar pada PCX 2024.

Baca juga  5 Kekurangan Honda Vario 150, Jangan Asal Beli

Kenyamanan dan Ergonomi yang Ditingkatkan

Honda juga memperhatikan kenyamanan pengendara dengan memperpanjang dan memperlebar footrest, khususnya di area selonjoran. Dengan penambahan ukuran sekitar 30 mm, pengendara dapat merasa lebih rileks saat berkendara.

Dengan berbagai fitur baru dan peningkatan performa yang ditawarkan, Honda PCX 2024 siap memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan memuaskan bagi para penggemarnya. Dengan kombinasi antara teknologi canggih dan desain yang menawan, PCX 2024 menjadi pilihan yang menarik dalam segmen skuter premium.

Aksesoris Resmi Honda PCX 2024

Honda PCX 2024 dibekali aksesoris resmi dari pabrikan. Berikut harganya yang kami kutip dari laman resmi Honda Cengkareng:

  1. Garnish Headlight – Rp. 190,000
  2. Garnish Cover Muffler – Rp. 190,000
  3. Garnish Radiator – Rp. 165,000
  4. Garnish Air Cleaner – Rp. 150,000
  5. Garnish Fuel Tank – Rp. 150,000
  6. Panel Step Floor – Rp. 560,000
  7. 160 3D Emblem – Rp. 50,000
  8. High Windscreen – Rp. 600,000
  9. Smart Key Remote Cover – Rp. 55,000

Skema Kredit Honda PCX

harga honda pcx 160

Berikut skema paket kredit Honda PCX 160 2024.

Skema Kredit Honda PCX 160 CBS:

  • Harga: Rp32.6 juta
  • Tenor: 28 bulan

DP | Cicilan:

  • Rp3.5 juta | Rp1.99 jutaan
  • Rp3.7 juta | Rp1.98 jutaan
  • Rp3.9 juta | Rp1.97 jutaan

Skema Kredit Honda PCX 160 ABS:

  • Harga: Rp36 juta
  • Tenor: 28 bulan

DP | Cicilan:

  • Rp4 juta | Rp2.27 jutaan
  • Rp4.2 juta | Rp2.26 jutaan
  • Rp4.5 juta | Rp2.24 jutaan

Kekurangan Honda PCX

Terakhir sebagai bahan pertimbangan, ada beberapa kekurangan pada Honda PCX 160 yang harus dipahami. Meskipun Honda PCX 160 menawarkan kenyamanan berkendara sebagai skuter matic premium, banyak pemilik yang menganggap suspensi dan busa jok standarnya terlalu keras. Hal ini sering kali membuat pemilik melakukan modifikasi pada kedua bagian tersebut guna meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Baca juga  Wahana Kampanye Safety Riding, Bilang Usia 15-30 Tahun Paling Rentan Kecelakaan

Tips dan panduan yang sering diunggah di forum-forum media sosial penggemar Honda PCX 160 merekomendasikan modifikasi sokbreker belakang dengan produk aftermarket. Sokbreker aftermarket umumnya dilengkapi dengan setelan kekerasan dan tabung gas atau oli sok tambahan, yang berbeda dengan sokbreker bawaan yang masih standar tanpa tabung dan setelan kekerasan.

Selain itu, kekerasan busa jok juga sering diatasi dengan penambahan bahan latex. Latex diklaim mampu menambah kenyamanan motor secara signifikan.

Perlu Cek Kondisi Mesin

Meskipun relatif baru, motor bekas seperti Honda PCX 160 tetap memerlukan perhatian khusus terutama terkait kondisi mesin. Karena banyak digunakan sebagai ojek online atau kurir barang, motor ini sering melakukan perjalanan jauh dan intensif.

Sebelum membeli, penting untuk memeriksa kondisi mesinnya dengan teliti. Pastikan tidak ada suara berisik yang tidak wajar saat mesin dinyalakan dan perhatikan adanya potensi rembesan oli dari sambungan mesin. Selain itu, pastikan mesin bebas dari retakan bekas benturan, terutama karena ground clearance motor ini termasuk rendah.

Waspada terhadap Masalah CVT

Pada tahun 2022, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan recall pada Honda PCX 160 dan Honda ADV 160 untuk memeriksa dan mengganti komponen di bagian CVT. Recall dilakukan terkait pulley assy driven atau face set driven yang memiliki ketebalan tak merata akibat proses produksi yang kurang sempurna.

Suara asing di area CVT, penurunan kinerja motor, dan potensi kerusakan lainnya bisa terjadi jika komponen tersebut tidak diganti. Penting untuk memeriksa riwayat servis motor untuk mengetahui apakah komponen tersebut telah diganti atau belum, sehingga Anda dapat menghindari masalah yang mungkin timbul dari peranti tersebut.

Demikian ulasan Harga dan Spesifikasi Honda PCX 2024. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika