Perbedaan Kampas Rem Ori dan KW, Jangan Tertipu!

Perbedaan Kampas Rem Ori Dan Kw – Moladiners, tahu nggak, perbedaan kampas rem ori debgan yang KW? Seperti yang kita sadari, fungsi kampas rem amat berpengaruh untuk memperlambat serta menghentikan putaran cakram dan roda sepeda motor. Kampas rem yang tidak bekerja optimal akan menyulitkan pengendara saat ingin menghentikan motor. Jika kampas rem sudah tipis, terdengar suara bising dari tromol dan minyaknya sudah berkurang jauh, kini saatnya ganti kampas rem kamu!

Bahaya Tidak Mengetahui Perbedaan Kampas Rem Ori dan KW

Perbedaan Kampas Rem Ori dan Kw Kampas Rem Ori Dan Palsu

Pentingnya memperhatikan kampas rem tidak diragukan lagi. Namun, seringkali keaslian komponen satu ini kerap diabaikan. Padahal, banyak bahaya mengintai jika menggunakan kampas rem yang palsu. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui perbedaan kampas rem ori dan KW. Beberapa bahaya menggunakan kampas yang palsu adalah:

1. Rem Kurang Pakem dan Akurat

Bahan yang terdapat dalam kampas rem palsu tentu berbeda kualitasnya dengan yang asli. Hal ini sudah pasti berpengaruh pada performa kampas rem tersebut. Motor dengan kampas rem palsu pengeremannnya kurang pakem dan akurat. Cukup membahayakan, bukan?

2. Mengeluarkan Suara Bising

Motor akan mengeluarkan suara bising jika menggunakan kampas rem yang tidak ori. Hal ini disebabkan karena gesekan antara kampas rem dan cakram yang ukurannya tidak pas.

3. Cakram Terkikis

Perbedaan terletak pada teksturnya. Kampas rem palsu memiliki permukaan yang lebih keras sehingga bila digunakan dalam pemakaian yang lama berpotensi menyebabkan cakram terkikis. Kalau sudah begini, kamu bisa rugi dua kali karena harus membeli cakram yang baru.

Baca Juga :

Perbedaan Kampas Rem Ori dan KW

Perbedaan Kampas

Nah, mengingat bahaya yang mengintai jika menggunakan kampas rem palsu, kamu harus tahu ciri-ciri kampas rem ori supaya nggak tertipu. Di bawah ini perbedaan kampas rem ori dan kw yang bisa kamu teliti lebih jauh!

1. Harga Kampas Rem Palsu Lebih Murah

Satu hal yang paling membedakan kampas rem ori dan kw adalah  dari segi harga. Namanya kw, tentu jauh lebih murah. Namun, kualitasnya lebih rendah. Maka, jika ada yang menjual kampas rem dengan harga miring, patut kamu pertanyakan keasliannya.  Meskipun tak semua barang murah adalah KW, tetap saja jangan mudah tergiur, ya.

2. Hologram Pada Kemasan

Perbedaan kampas rem ori dan kw bisa dilihat dari hologram pada kemasan. Hati-hati, ada hologram belum tentu asli. Hologram sangat mudah diduplikat lho, Moladiners, Hal yang membedakan adalah ada atau tidaknya logo produk dalam hologram tersebut. Seperti pada kemasan kampas rem ori AHM, di sana terdapat hologram dengan logo AHM resmi. Beda dengan kemasan kampas rem palsu, hanya terdapat hologram tapi tidak dengan logo.

3. Tidak Ada Kode Produksi

Salah satu yang tidak bisa ditiru oleh pabrikan kw adalah kode produksi. Pabrik resmi biasanya menyertakan kode produksi pada kemasan kampas rem asli. Biasanya berupa kombinasi angka dan huruf. Jika tidak terdapat kode produksi pada kemasan kampas rem yang kamu beli, coba perhatikan lagi keasliannya. Besar kemungkinan itu palsu alias kw.

4. Kampas Rem KW Terbuat Dari Asbes

Perbedaan kampas rem ori dan kw terletak pada material pembuatannya. Produk kampas rem kw masih banyak yang menggunakan bahan asbes. Meskipun tahan api, tahan lama dan lebih murah, namun bahan tambang satu ini tidak direkomendasikan untuk diaplikasikan pada kampas rem. Cara mudah membedakan kampas rem ori dan kw yang terbuat dari asbes atau tidak adalah dari warnanya. Kampas rem kw dengan material asbes berwarna lebih terang, selain itu konturnya pun kasar. Sedangkan kampas rem ori non asbes warnanya lebih gelap serta teksturnya berpori.

5. Kampas Rem Asli Lebih Empuk

Seperti yang telah disebutkan di atas, kampas rem kw biasanya lebih keras dibanding yang asli sehingga bisa menyebabkan cakram terkikis. Jangan keliru, ya, kampas rem yang empuk bukan berarti performanya tidak bagus, justru itulah kampas rem asli sebab saat suhunya memanas kampas rem tersebut akan kuat dan pakem.

6. Dari Segi Performa

Jika sudah terlanjur memasang kampas rem yang palsu, rasakan perbedaannya dari segi performa. Kampas rem palsu sudah pasti kurang pakem, tidak pas, serta masa pakai tidak tahan lama sehingga akan cepat menipis. Beda dengan kampas rem ori yang mengandung bahan tambahan tembaga sehingga lebih kuat dan awet, performa pun lebih tinggi.

Nah, itu dia perbedaan kampas rem ori dan kw. Mengingat kampas rem palsu lebih banyak ruginya dibanding untungnya, Moladin amat menyarankan penggunaan kampas rem yang asli. Jika kamu ingin membeli kampas rem ori dan murah, Moladin juaranya! Tunggu apa lagi, yuk,kunjungi website kami dan dapatkan penawaran terbaik. Jangan lagi pakai kampas rem kw ya, Moladiners!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *