oleh

Fungsi Kunci Ring dan Kunci Pas, Begini Cara Menggunakannya

Mungkin saat ini ada dari kamu yang belum tahu mengenal perbedaan antara fungsi kunci ring dan kunci pas. Sebenarnya keduanya memang berbeda secara desain kepala, namun memiliki fungsi yang hampir sama.

Dari segi bentuk, kunci ring memiliki desain kepala berbentuk bulat dengan di dalamnya terdapat alur heksagonal. Sedangkan kunci pas memiliki rahang terbuka setengah lingkaran.

Secara umum, fungsi kunci ring dan kunci pas sebenarnya sama-sama yaitu melonggarkan serta mengencangkan baut di banyak komponen mobil atau motor.

Namun jika secara spesifik, seperti dilansir Auto2000, dikatakan fungsi utama kunci ring lebih untuk membuka atau mengencangkan baut yang berada di bagian dalam komponen mobil atau yang sulit dijangkau.

Sedangkan kunci pas biasanya digunakan untuk membuka bagian-bagian terluar alias mudah dijangkau.

“Baik kunci ring dan kunci pas memiliki banyak ukuran. Dimulai dari 6, 7, 8, 9, dan seterusnya,” tulis Auto2000. Semakin besar ukuran angkanya, maka semakin besar diameter peruntukan bautnya.

Keunggulan Kunci Ring dan Kunci Pas

Fungsi kunci ring

Pentingnya fungsi kunci ring dalam dunia otomotif bukanlah tanpa alasan. Alat ini memiliki keunggulan dalam hal keamanan dan kekuatan.

Kunci ring aman digunakan untuk mengencangkan maupun mengendurkan baut dan mur dengan sangat kuat. Terlebih, kunci ring memiliki desain rahang bulat dan menutup semua bagian luar baut.

Hasilnya kecil kemungkinan terjadi kerusakan ketika peralatan ini dipakai untuk mengatur posisi mur dan baut mobil. Begitu pun dengan kerusakan pada mur maupun baut yang sangat bisa diminimalisir.

Lalu kunci ring juga punya keunggulan lain, salah satunya bisa dipakai untuk menjangkau baut atau mur di lokasi yang sulit. Hal ini dikarenakan, pada kunci ring terdapat bentuk kepala yang agak bengkok dengan sudut kemiringan bervariasi.

Baca juga  7 Cara Menghitamkan Ban Motor Biar Mengilap

Umumnya sudut kemiringan kunci ring mulai dari 15 derajat, 30 derajat, 45 derajat, hingga 75 derajat. Dengan adanya model sudut yang berbeda pada kepala kunci ring, maka memudahkan membuka atau mengencangkan baut di sudut sempit.

Sedangkan kunci pas, umumnya tidak memiliki sudut kemiringan seperti ini. Kemudian dari sisi desain, kunci pas dapat dikenali dengan kepala yang memiliki rahang terbuka. Alhasil cengkramannya tidak sekuat kunci ring. Goyang sedikit, baut beresiko meleset dari kunci.

Meski begitu, kunci pas pun punya beberapa keunggulan karena bisa digunakan untuk mengendurkan atau mengencangkan komponen yang tidak bisa dijangkau kunci ring, Ambil contoh baut kaca spion pada motor, cuma bisa dibuka pakai kunci pas.

Bicara harga, misalkan di kelas menengah seperti Kenmaster, berisi 1 set 11 pcs kunci ring dan kunci pas berukuran 8-28 milimeter dibanderol mulai Rp 145 ribuan. Sementara merek Tekiro, 1 set isi 11 pcs tersedia dari ukuran 8-24 milimeter dibanderol pada kisaran Rp 284 ribu. Dengan set yang sama ada juga brand Elora made in Germany untuk kunci ring dan kunci pas yang harganya kisaran Rp 4,5 Jutaan. 

Selain itu bagi yang ingin membeli satuan, baik kunci ring atau kunci pas juga harganya mulai Rp 10 ribuan hingga Rp 50 ribuan, tergantung merek dan ukuran. Informasi harga ini mengacu pada laman-laman marketplace di Indonesia.

Cara Menggunakan Kunci Ring dan Kunci Pas

Fungsi Kunci Ring

Cara menggunakan kunci ring dan kunci pas terbilang mudah. Tinggal paskan saja ukuran antara baut dan kunci ring atau kunci pas.

Baca juga  Periksa Komponen Mobil ini Setelah Lakukan Perjalanan Jauh

Misalkan baut berukuran 10, maka harus menggunakan kunci ukuran serupa. Begitu juga kalau ukuran mur 12, maka wajib pakai kunci dengan ukuran 12.

Selanjutnya kalau kamu mau mengencangkan baut atau mur, kamu tinggal memutarnya ke arah kanan atau searah jarum jam. Lalu untuk mengendurkan tinggal putar ke arah sebaliknya atau kiri.

Sebelum memutar, pastikan posisi kunci ring atau kunci pas sudah tepat, agar baut tidak aus atau botak karena kalah gesekan.

Bagaimana Cara Merawat Kunci Ring dan Kunci Pas?

Fungsi Kunci Ring

Agar fungsi kunci ring dan kunci pas dalam kondisi maksimal, ada baiknya dilakukan perawatan. Salah satu caranya dengan prilaku penggunaan.

Karena jika digunakan sembarang bukan hal yang mustahil alat perkakas ini bisa bengkok mengurangi fungsi kunci ring dan kunci pas itu sendiri. Penggunaan tools yang sembarang juga mengakibatkan kunci ring dan kunci pas aus, atau bahkan hilang tercecer. 

Maka dari itu pastikan menggunakan alat ini sebagaimana mestinya agar kunci-kunci ini awet. Seperti disampaikan Rama Bandi, mekanik motor di bilangan Jakarta Barat. Ia membeberkan apa yang harus dilakukan agar perangkat kunci-kunci awet berdasarkan pengalamannya.

“Kalau gw supaya kunci-kunci awet biasanya saat buka baut yang keras, yang gw pakai kunci ring dahulu, setelah kendur baru pakai kunci pas,” terang Rama sapaan mekanik ramah tersebut.

“Ya simplenya seperti itu. Lainnya paling kalau habis pakai kunci diletakan ke tempat semula, kalau mekanik harusnya paham sih ya,” terangnya.

Baca juga  6 Penyebab Toyota Agya Boros Bensin, Waspadalah

Selain itu jangan sekali – kali membuka secara paksa baut atau mur dengan peralatan standar jika memang hal tersebut sulit dilakukan, misal saja baut atau mur macet.

“Untuk cara seperti ini ada triknya. Misalnya coba buka dengan alternatif lain seperti memakai kunci shock atau dengan sleeding – flexible handle ketimbang memakai kunci ring-pas,” katanya.

Atau pakailah kunci inggris terlebih dahulu untuk mengendurkan mur yang keras setelah kendur baru gunakan kunci pas atau kunci open end wrench. Hal ini semata – mata guna menghindari kerusakan kunci akibat salah dalam penggunaan.

“Ya terkadang dalam setiap kendaraan apa lagi yang sudah tua, pasti ada saja kendala susah dibuka bautnya, ya kuncinya harus sabar. Pada prinsipnya menurut pengalaman saya, tidak ada baut yang tidak bisa dibuka,” timpal Rama lagi.

Selanjutnya kunci – kunci pun juga wajib dibersihkan setelah sehabis dipakai. Selain agar kunci-kunci bisa kembali tampil maksimal ketika digunakan lagi, peralatan yang kotor tentu bisa menyebabkan timbulnya karat.

Karena pada kunci ring dan kunci pas jika terjadi karat bisa merusak keindahan dari kunci tersebut, selain itu juga bisa menurunkan kualitasnya akibat korosi.

Untuk membersihkan peralatan kalian bisa menggunakan kain bersih yang dicelup sedikit minyak pelumas sehingga selain bersih kunci juga bebas karatan.

Demikian konten ulasan terkait fungsi kunci ring dan kunci pas. Semoga apa yang disampaikan ini bisa menjadi panduan yang memudahkan kamu ketika sedang membongkar motor atau mobil kesayangan.

Untuk artikel lengkap lainya seputar otomotif, pantau terus Moladin.com.

Terbaru