Tips Memilih Oli Mesin Motor agar Terhindar dari Kerusakan Serius

by Tigor Sihombing
tips memilih oli mesin motor

Memilih oli mesin motor yang tepat berperan penting untuk menjaga performa dan keandalan sepeda motor. Salah memilih oli bisa berakibat fatal, utamanya bisa berpotensi turun mesin.

Hal ini lantaran oli mesin motor memiliki peran vital dalam menjaga kinerja dan umur panjang mesin. Fungsi utama oli mesin meliputi pelumasan komponen mesin untuk mengurangi gesekan, mencegah keausan, dan memastikan mesin bekerja dengan lancar.

Oli juga membantu dalam pendinginan mesin dengan mengalirkan panas dari komponen-komponen yang bergerak. Selain itu, oli berfungsi sebagai pembersih, mengangkat dan mengendalikan partikel kotoran serta residu hasil pembakaran agar tidak menumpuk di dalam mesin.

Dengan demikian, penggunaan oli berkualitas dan sesuai spesifikasi sangat penting untuk menjaga performa optimal dan keandalan motor. Oleh karena itu, penting bagi para pengguna motor untuk memahami kebutuhan spesifik mesin mereka dan memilih oli yang sesuai.

Castrol Activ Matic
Oli Castrol Activ Matic

Seperti yang disampaikan Ekza Novtiano, Product & Brand Manager PT Castrol Indonesia, menegaskan pentingnya pemilihan oli yang sesuai dengan tipe dan jenis motor.

Baca juga  5 Penyebab Rantai Motor Berisik dan Cara Mengatasinya

“Setiap motor memiliki spesifikasi yang berbeda, sehingga memerlukan oli yang tepat untuk menjaga performa dan keandalannya,” terang Eka saat pemberian hadiah GASPOL Castrol (Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol) di TB Simatupang, Jakarta Selatan 14 Juni 2024.

Selain itu, Saban pemenang utama GASPOL Castrol menceritakan pengalamannya mengisahkan pengalamannya ketika motor yang digunakannya mengalami masalah mesin karena oli yang tidak sesuai.

“Motor saya mendadak brebet, mesin panas, dan mati tiba-tiba. Ternyata, oli yang saya gunakan tidak sesuai spesifikasi. Saat itu saya belum paham tentang teknis oli. Seorang anggota komunitas motor merekomendasikan Castrol, dan sejak saat itu saya selalu menggunakan Castrol,” cerita Saban.

Mengenal Spesifikasi Oli

image799
Pastikan untuk mengetahui spesifikasi mesin motor Anda. Informasi ini biasanya terdapat dalam buku manual kendaraan.

Berikut 4 langkah memilih oli motor yang tepat.

  1. Kenali Spesifikasi Motor Anda: Pastikan untuk mengetahui spesifikasi mesin motor Anda. Informasi ini biasanya terdapat dalam buku manual kendaraan.
  2. Pilih Oli Sesuai Kebutuhan:
    • Castrol Activ: Cocok untuk pengguna motor dengan aktivitas harian yang padat.
    • Castrol POWER1: Direkomendasikan untuk pecinta touring yang membutuhkan performa dan daya tahan.
    • Castrol POWER1 Ultimate: Ideal untuk motor dengan performa tinggi atau motor kelas superbike.
  3. Konsultasi dengan Mekanik: Jika masih ragu, jangan segan untuk berkonsultasi dengan mekanik terpercaya di bengkel langganan.
  4. Perhatikan Kondisi Mesin: Jika mesin motor sering overheat atau performanya menurun, segera periksa kondisi oli. Penggunaan oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin.
Baca juga  Penyebab dan Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Yang Blong

Dengan pemilihan oli yang tepat, kamu tidak hanya memastikan performa optimal motor, tetapi juga memperpanjang umur mesin dan menghindari kerusakan yang memerlukan biaya besar. Jadi, pastikan Anda menggunakan oli yang tepat dan nikmati perjalanan yang lebih lancar dan aman.

Demikian ulasan Memilih Oli Mesin Motor. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika