by

5 Cara Ganti Oli Motor yang Benar, di Rumah Saja!

Tahukah kamu cara ganti oli motor tanpa perlu ke bengkel? Ya, proses ini sejatinya bisa kamu lakukan di rumah sendiri.

Jangan takut tidak bisa, karena cukup mudah untuk melakukannya walau kamu tergolong awam otomotif. Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana.

Kalau semua alat telah dipunya, selanjutnya tinggal lakukan beberapa tips berikut. Mulai dari parkirkan motor dengan standar tengah, jangan ganti oli saat kondisi mesin terlalu panas dan dingin, hingga lakukan buka tutup baut secara perlahan.

Bicara kelebihan memahami cara ganti oli motor di rumah, salah satunya bisa lebih hemat biaya. Dibandingkan servis di bengkel, pasti ada tarif jasa yang perlu dikeluarkan.

Kemudian ganti oli yang dilakukan secara mandiri, juga membuat kita terhindar keluar rumah dan bertemu banyak orang. Hal ini penting, terutama di kondisi pandemi Virus Korona seperti sekarang.

Jika kamu ingin tahu secara detail cara ganti oli motor yang baik, simak lima langkah mudah di bawah:

1. Siapkan Peralatan

cara ganti oli motor
Motor matik seperti Honda Beat butuh kunci ring 12 dan 17 untuk buka baut oli mesin

Cara ganti oli motor yang pertama adalah siapkan peralatan yang dibutuhkan. Ada kunci ring, tang, oli baru, corong oli, serta wadah penampungan.

Khusus untuk kunci ring, sejatinya ukurannya berbeda-beda tiap motor. Ambil contoh untuk Yamaha Vixion, motor sport 150 cc ini butuh kunci ring 19 saja.

Honda Beat perlu kunci ring 12 dan 17. Guna kunci ring 12, memudahkan pembukaan baut oli mesin. Sementara kunci ring 12 dipakai ketika membuka baut filter oli.

Baca juga  Blind Spot Saat Berkendara dan Cara Mengatasinya

Semua peralatan ganti oli mesin motor tersebut bisa ditemui dengan mudah di rumah. Kalau pun ada yang kamu tidak punya, bisa beli di toko online dengan harga terjangkau.

2. Ganti Oli Motor Saat Mesin Hangat

cara ganti oli motor
Hindari ganti oli motor langsung setelah berkendara jarak jauh, sebaiknya diamkan mesin terlebih dulu supaya suhunya hangat

Usai semua peralatan siap, cara ganti oli motor selanjutnya dengan membuat mesin hangat. Ingat ya, hangat bukan panas.

Kalau mesin terlalu panas, justru kamu bakal kesulitan saat melakukan proses ini. Tangan pastinya jadi tidak leluasa dalam membuka dan menutup baut. Begitu juga ada kemungkinan baut jadi cepat rusak, karena buka tutup baut dalam kondisi panas bisa menyebabkan ulirnya bermasalah.

Ganti oli motor pun tidak baik kalau dalam kondisi motor terlalu dingin. Misalnya kuda besi sudah tidak dipakai seharian, pasti mesin jadi dingin. Maka dari itu, ada baiknya mengaktifkan mesin beberapa waktu supaya hangat.

“Jika mesin dingin, biarkanlah mesin berputar stasioner selama 3 menit sampai 5 menit,” seperti dikutip dari buku manual Honda Beat.

Kenapa demikian? Bila kondisi mesin dingin, maka oli jadi lebih kental dan sulit keluar. Oleh karenanya, penting untuk mesin dibuat hangat, supaya oli lebih cair.

3. Copot Baut dan Biarkan Oli Mesin Keluar

cara ganti oli motor
Letakkan wadah penampungan oli di bawah mesin, sebelum buka baut

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah parkir motor dengan standar tengah. Kemudian letakkan wadah penampung di bawah mesin. Wadah ini bisa dari apa saja, baskom juga tidak masalah.

Lalu copot baut oli mesin motor. Letak baut tersebut ada di bawah mesin. Kalau motor kamu adalah Honda beat, maka gunakan kunci ring 12. Biasanya agak keras membuka baut tersebut. Oleh karena itu, jangan terlalu memaksa untuk memutar kunci ring saat posisinya tidak tepat.

Baca juga  Ciri-Ciri Kopling Motor Selip dan Cara Mengatasinya

Pastikan dulu kunci ring sudah masuk ke baut secara benar. Setelah itu lakukan entakan kuat, sampai baut jadi longgar. Setelah itu, bukalah dengan tangan.

Biarkan oli mengalir sampai habis dengan sendirinya. Tidak perlu pakai kompresor angin, karena justru bisa berbahaya untuk mesin. Pasalnya angin dari kompresor punya banyak kandungan air, sehingga bukan tidak mungkin mengendap di mesin dan jadi karat di kemudian hari.

Di Honda Beat, ada pula baut filter oli yang letaknya di sisi kiri mesin. Sebenarnya bisa juga mengeluarkan oli dari sini, tapi hasilnya tidak terlalu bersih dan tidak disarankan.

Buka baut filter oli dengan kunci ring 17. Selanjutnya keluarkan filter oli, per, dan bersihkan. kemudian pasang lagi. Pasang pula baut tutup oli yang tadi dilepas pertama kali, tentunya setelah dibersihkan pakai lap terlebih dulu.

Ketika membersihkan, cek juga kondisi karet seal dan berbagai komponen lain. Bila sudah kurang baik, maka harus diganti. Jika masih prima, artinya tidak masalah untuk digunakan kembali.

4. Masukkan Oli Baru

cara ganti oli motor
Oli baru yang dimasukkan harus kamu ketahui nilai kekentalan serta jumlahnya

Cara ganti oli motor berikutnya dengan mencopot tutup pengisian oli. Letaknya di atas mesin, sisi kanan.

Gunakanlah tang untuk melakukan proses ini, namun sebelumnya beri lapisan kain di tutup pengisian oli. Tujuannya supaya tidak terjadi kerusakan, karena umumnya komponen tersebut terbuat dari plastik. Ketika memasukkan oli mesin, kamu juga perlu menggunakan corong supaya tidak tumpah atau berceceran.

Baca juga  Gadai Motor Tanpa BPKB, Ini Langkah-Langkahnya!

Lalu untuk banyak oli yang dibutuhkan, tergantung motornya. Honda Beat lama misalnya, membutuhkan 0,8 liter atau 800 ml. Sementara All New Honda Beat 2020 dengan rangka eSAF, cuma butuh oli mesin 0,65 liter atau 650 ml.

Umumnya kemasan oli motor matik memiliki kapasitas 800 ml. Jadi supaya tidak kelewatan, sebelum mengisi oli Honda Beat terbaru, ada baiknya kamu berhenti dulu di tengah-tengah. Kemudian cek pakai tangkai yang ada di tutup pengisial oli. Di sana terdapat panduan jumlah oli motor yang sesuai.

Tingkat kekentalan oli mesin yang dipakai juga perlu diperhatikan. Pasalnya setiap produk punya nilai berbeda. Umumnya untuk motor matik modern atau keluaran terbaru, bisa gunakan SAE 10W-30 hingga 10W-40.

5. Panaskan Mesin Supaya Seluruh Komponen Terlumasi dengan Baik

cara ganti oli motor
Sebelum mulai berkendara, ada baiknya panaskan dulu mesin supaya seluruh komponen terlumasi secara sempurna

Usai semua baut terpasang dengan baik, cara ganti oli motor selanjutnya tinggal panaskan mesin. Hal ini dilakukan agar oli baru bisa segera melumasi komponen secara maksimal.

Kamu dapat memanaskan mesin hingga tiga sampai lima menit. Setelahnya barulah motor dapat digunakan untuk berkendara seperti biasa.

Itulah tadi lima cara ganti oli motor secara benar dan mudah, serta bisa kamu lakukan di rumah saja. Mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat.

Untuk informasi lengkap tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru