Thursday, October 6, 2022

Mobil Hyundai dan Kia Paling Mudah Dicuri, Ini Alasannya!

by Baghendra Lodra
mobil hyundai dan kia paling mudah dicuri 001

Percayakah kamu, kalau mobil Hyundai dan Kia paling mudah dicuri? Setidaknya itu merupakan informasi yang dibeberkan oleh Highway Loss Data Institute (HLDI) dari Amerika Serikat.

Utamanya mobil Hyundai dan Kia yang masuk daftar tersebut adalah lansiran 2015-2019, alias mobil lama. Dengan kata lain, bukan keluaran terbaru.

“Pencurian mobil meningkat selama pandemi. Angka ini memberitahukan kami beberapa mobil ajdi target karena mereka mudah dijual atau bernilai, dan karena gampang dicuri,” kata HLDI Senior Vice President, Matt Moore pada Kamis (24/9/2022).

Salah satu alasan mobil Hyundai dan Kia paling mudah dicuri di Amerika Serikat, karena teknologi keamanannya minim. Khususnya untuk model-model lama, belum dilengkapi dengan immobilizer sebagai standar.

“Studi kami sebelumnya menunjukkan bahwa, kerugian akibat pencurian kendaraan menurun setelah immobilizer diperkenalkan. Sayangnya HYundai dan Kia memiliki jeda keterlambatan dibanding merek mobil lain untuk membuatnya jadi fitur standar,” jelas Moore.

Menurut HLDI, immobilizer sudah menjadi standar dari 62 persen model mobil sejak 2000 di Amerika Serikat. Kemudian pada 2015, meningkat jadi 96 persen. Uniknya cuma 26 persen mobil Hyundai dan Kia yang di tahun itu sudah menjadikan fitur immobilizer sebagai standarnya.

Baca juga  Komponen Rem Tromol di Mobil, Fungsi dan Cara Merawatnya

Fitur Immobilizer yang Bisa Cegah Maling Sudah Hadir di Mobil Murah Hyundai di Indonesia

mobil Hyundai dan Kia Paling Mudah Dicuri

Sosok Hyundai Stargazer Active atau varian paling rendah yang sudah dilengkapi immobilizer (Sumber foto: Youtube L Channel)

Meski fakta mobil Hyundai dan Kia paling mudah dicuri datang dari Amerika Serikat, bukan berarti kita di Indonesia tidak bisa belajar. Artinya akan lebih baik memiliki kendaraan yang punya fitur keamanan mumpuni, seperti immobilizer.

Buat yang belum tahu, immobilizer efektif mencegah pencurian mobil karena bekerja dengan kekuatan gelombang elektromagnetik yang terhubung ke electric control unit (ECU). Teknologi tersebut menjamin hanya kunci asli bawaan pabrik yang dapat digunakan untuk mengaktifkan mesin. Walau kaca mobil telah pecah dan pintu terbuka, maling pasti kesulitan mengaktifkan mesin kalau ada immobilizer.

Nah menariknya, immobilizer kini telah hadir di mobil-mobil dengan harga terjangkau sekali pun di Tanah Air. Bahkan Suzuki Carry yang masuk segmen kendaraan niaga dengan banderol mulai Rp 161,6 juta saja sudah punya fitur antimaling tersebut.

Baca juga  6 Penyebab Air Radiator Mendidih dan Cara Mengatasinya

Sementara di mobil-mobil Hyundai keluaran terbaru di Indonesia juga telah dilengkapi immobilizer. Tidak percaya? Cek saja Hyundai Stargazer varian active sebagai produk termurah yang dijual RP 243,3 juta (OTR Jakarta), dalam brosur tertulis punya immobilizer.

Kalau mobil kamu belum punya immobilizer, tidak bisa pasang teknologi tersebut lewat aftermarket. Walau demikian, kamu bisa mencegah maling dengan fitur-fitur lain seperti kunci ganda hingga alarm mobil.

Itulah tadi bahasan soal mobil Hyundai dan Kia paling mudah dicuri di Amerika Serikat. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika