by

Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Versi Indonesia

Sebagai mobil kembar, bukan berarti Rocky-Raize sama seratus persen. Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky cukup signifikan, bahkan tampak dari eksteriornya seperti grille dan pelek.

Kemudian masuk ke interior, keduanya juga punya keunggulan masing-masing. Sebut saja kalau Raize varian tertinggi mendapat teknologi Toyota Safety Sense (TSS) dengan adaptive cruise control. Sementara Daihatsu Rocky justru unggul di kehadiran subwoofer speaker untuk varian ADS.

Perbedaan lain dari Rocky-Raize ada di varian yang ditawarkan dan harganya. Secara garis besar, mobil Daihatsu Rocky dijual lebih murah dibanding kembarannya tersebut.

Jika kamu mau tahu lebih detail soal beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky versi Indonesia, simak bahasan di bawah ini:

Raize-Rocky Tampak Beda di Eksterior

daihatsu rocky ads vs asa
Varian Rocky ADS (kiri) dan Rocky ASA (kanan)

Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang pertama adalah eksterior. Seperti disebutkan di atas, masing-masing punya ciri khas desain grille dan pelek.

Paras Raize tampak mengadopsi desain mobil-mobil Toyota modern. Pakai grille tipis, kemudian kisi-kisi udara di bawah dibuat berbentuk trapesium sama kaki.

Lalu bagian pelek, palangnya dibuat agak miring sehingga terkesan dinamis. Khusus varian Raize GR Sport bahkan pelek dibalut warna hitam.

Baca juga  Daihatsu Ekspor Gran Max Hingga 400 Unit Untuk Mazda Jepang

Bandingkan dengan Daihatsu Rocky yang peleknya menggunakan palang berdesain lurus. Kemudian warna peleknya juga terdapat kombinasi aksen chrome dan hitam alias two tone. Sementara untuk ukuran ban keduanya serupa, Rocky-Raize pakai roda 205/60-17 inci.

Di bagian paras, Rocky juga berbeda dari Raize. Pabrikan berlogo D membuat desain grille besar berbentuk trapesium segi enam, layaknya sarang lebah.

“(Paras mobil) Daihatsu tersenyum lebar seperti yang sudah jadi ciri khasnya,” kata Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM, Amelia Tjandra saat sesi peluncuran Rocky secara virtual pada Jumat (30/4/2021).

Fitur Toyota Raize Vs Daihatsu Rocky

toyota raize resmi meluncur - interior
Toyota Raize GR Sport sudah punya fitur paddle shift, auto AC, dan adaptive cruise control yang tidak dimiliki Daihatsu Rocky

Kemudian untuk interior, beda fitur Toyota Raize dan Daihatsu Rocky terlihat jelas. Ambil contoh di varian tertinggi Raize yaitu GR Sport sudah dilengkapi dengan paddle shift.

Fungsi paddle shift adalah melakukan perpindahan gigi secara manual, lewat tuas yang ada di belakang lingkar kemudi. Alhasil pengendara Raize GR Sport bisa merasakan sensasi berkendara yang lebih sporty.

Kelebihan Toyota Raize GR Sport lainnya ada di fitur auto AC. Jadi cukup tekan satu tombol, maka AC akan menyesuaikan suhu dengan sendirinya untuk menyejukkan kabin.

Baca juga  Mengenal Sosok Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited

Bicara fitur keselamatan, Toyota Raize GR Sport pun lebih istimewa. Ada Toyota Safety Sense yang terintegrasi adaptive cruise control. Fungsinya untuk membuat mobil SUV ringkas tersebut melaju secara otomatis mengikutik kecepatan kendaran yang ada di depan.

Adaptive cruise control, paddle shift, dan Auto AC tersebut jadi kelebihan Toyota Raize, karena Daihatsu Rocky selaku kembarannya tidak memiliki fitur tersebut. Lalu apakah mobil berlogo D tidak punya keistimewaan?

Kelebihan Daihatsu Rocky justru ada di kehadiran speaker subwoofer 8 inci khusus varian ADS. Fitur tersebut dikombinasikan dengan empat speaker dan dua tweeter, tentunya semakin memanjakan telinga pengemudi serta penumpang saat mendengar musik.

Soal fitur lain, Raize dan Rocky hampir sama. Sudah ada engine start & stop button, power charger, audio steering switch, panel instrumen TFT warna-warni, serta penggunaan head unit layar sentuh 9 inci untuk varian tertinggi.

Beda Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

beda toyota raize dan daihatsu rocky
Daihatsu Rocky memiliki harga yang lebih murah dibanding Toyota Raize

Terakhir yang juga menarik adalah mengetahui beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dari sisi harga. Sebagaimana mobil kembar sebelumnya, harga produk Toyota pasti dibanderol lebih mahal. Hal tersebut juga berlaku untuk Raize.

Harga Toyota Raize mulai dari Rp 219,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.0T G M/T ONE TONE. Lalu varian tertinggi dari Raize atau GR Sport CVT TSS Two Tone tembus Rp 265,9 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Bocoran Harga Toyota Raize 1.2 Liter, Semurah Apa?

Sementara Daihatsu Rocky dijual mulai Rp 214,2 juta (OTR Jakarta) sampai Rp 236,1 juta (OTR Jakarta). Menariknya lagi, Rocky punya dua varian tertinggi yaitu ADS dan ASA.

Kelebihan Daihatsu Rocky ADS ada di sisi tampilan, karena sudah dilengkapi dengan berbagai bodi kit dari Astra Daihatsu Styling (ADS). Kemudian speaker subwoofer juga ada di varian ini. Harganya Rp 222,2 juta (OTR Jakarta) untuk versi transmisi manual dan Rp 235,4 juta (OTR Jakarta) buat yang versi CVT.

Kemudian khusus Daihatsu Rocky ASA, unggul dari sisi sistem keselamatan lantaran sudah memiliki fitur advance safety assist (ASA). Fitur itu layaknya TSS di Raize. Harga Rocky ASA mencapai Rp 236,1 juta (OTR Jakarta) serta cuma ada dalam versi CVT.

Itulah tadi beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Setelah tahu, kira-kira kamu mau pilih yang mana? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru