11 Helm Termahal di Dunia, Gaji UMR Mending Ingat Cicilan!

by Firdaus Ali
helm termahal di dunia

Helm termahal di dunia hadir mungkin bukan untuk dikenakan, apalagi buat kita yang masih gaji sebatas UMR (upah minimum regional). Pasalnya kalau melihat harga, sungguh mahal. Banderol helm motor ini mencapai puluhan juta.

Uniknya lagi, bukan tidak mungkin harga helm tersebut lebih mahal dari motor yang kita tunggangi. Tentu saja helm dengan harga tinggi kebanyakan berasal dari merek kenamaan. Beberapa bahkan sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia, seperti AGV, Shoei, hingga Arai. Selain itu ada pula merek yang agak asing di telinga, sebut saja Hedon, Ruby, sampai dengan Veldt.

Mau tahu tujuh pilihan helm termahal di dunia? Apa kelebihannya sampai punya banderol selangit? Simak bahasan berikut:

1. Veldt X Berluti

helm veldt x berluti
Diproduksi pada 2018, banderol helm motor Veldt X Berluti mencapai Rp 55 jutaan

Helm termahal di dunia yang pertama berasal dari merek Veldt. Ada yang tahu? Ini merupakan brand asal Perancis yang banderolnya tinggi karena buatan tangan. Salah satu produknya yang paling fenomenal adalah Veldt X Berluti seharga 3.735 USD atau setara Rp 55 jutaan.

Padahal helm tersebut tidak punya visor. Kelebihannya ada di material yang dipakai, mengombinasikan carbon fiber dan kulit venezia. Terkait desain, sama seperti helm Veldt yang lain. Ciri khasnya bergaya full face, bagian bawah bisa dicopot sehingga berubah jadi gaya half face.

Kemudian hal yang menjadikan helm motor Veldt X Berluti istimewa kehadiran Pet sehingga terkesan klasik. Bila melihat wujudnya sekilas, pelindung kepala ini cocok untuk dipakai berkendara offroad atau melakukan petualangan.

2. Ruby Castel Shibuya

helm motor termahal
Helm Ruby Castel Shibuya dijual Rp 23 jutaan.

Lagi-lagi dari Perancis, helm motor termahal di dunia selanjutnya merupakan Ruby Castel Shibuya. Tampilannya half face, layaknya helm retro. Hanya saja kalau kamu tahu, harganya mencapai 1.599 USD setara Rp 23 jutaan.

Kelebihan helm Ruby Castel Shibuya adalah bobotnya ringan, karena terbuat dari material carbon fiber. Lalu sektor interior pakai kulit domba yang sangat lembut. Alhasil ketika mengenakannya terasa begitu nyaman. Ada pula ventilasi di sisi mulut yang menjadikannya sejuk saat dipakai berkendara pada siang hari.

3. Shoei X-14 Marquez America TC2 

helm shoei x marquez
Shoei X Marquez merupakan kolaborasi yang istimewa terutama buat para pecinta motor sport.

Buat para penggemar MotoGP, tentu sudah tahu helm Shoei dan Marc Marquez. Keduanya berkolaborasi untuk mengeluarkan grafis istimewa ini. Tampilannya persis dengan helm balap milik Baby Alien yang dipakai saat memacu motor di GP COTA 2019.

Meski Marquez kalah di balapan tersebut, namun grafis helm Shoei X-14 Marquez America TC2 tetap menawan. Ada bendera Amerika dengan grafis seperti kulit kayu.

Baca juga  15 Rekomendasi Helm Half face Murah Terbaik dan Paling Laris!

Bicara soal fitur kenyamanan, tidak perlu khawatir. Salah satu helm termahal di dunia ini telah dilengkapi ventilasi atas, sistem pendingin pipi, dan pelindung pernapasan. Soal keselamatan pun jangan ragu. Spesifikasinya sudah memenuhi standar balapan. Jika kamu tertarik membeli, harga helm motor Shoei X-14 Marquez ini 890 USD atau sekitar Rp 13 jutaan. Cocok sekali untuk dipakai sambil menunggang Honda CBR150R dan CBR250RR SP.

4. Arai Corsair-X RC

Arai Crossair-X RC
Mahal karena helm Arai ini menggunakan teknologi dari balapan Formula 1.

Helm motor Arai Corsair-X merupakan salah satu pelindung kepala paling nyaman. Salah satu kelebihannya adalah ventilasi yang baik, meski berjenis helm full face. Oleh karena itu, harga Arai Corsair-X tidak murah.

Apalagi ketika ada embel-embel RC di belakang namanya, tentu membuatnya semakin istimewa. Hal tersebut berarti inilah helm motor yang menggunakan basis teknologi dari helm pembalap Formula 1.

Salah satu yang membedakan Arai Corsair-X RC adalah penggunaan material carbon fiber dan sabuk peripheral. Efeknya bukan cuma ringan, tapi helm ini sangat kokoh sehinga mampu melindungi kepala ketika terjadi benturan.

Kalau kamu tertarik memiliki helm mahal ini, harga Arai Crossair-X RC mencapai 3.995 USD atau Rp 59 jutaan.

5. AGV Pista GP RR Limited Edition Speciale

AGV Pista GP RR
Harga Helm AGV Pista GP RR Rp 25 jutaan.

Para penikmat motor sport pasti tahu helm AGV Pista GP RR. Ini merupakan replika pelindung kepala yang banyak dipakai oleh para pembalap MotoGP dan mendapat homologasi dari FIM, sehingga soal fitur keselamatan jangan ragu.

Material yang dipakai adalah 100 persen carbon fiber sehingga bobotnya sangat ringan. Kemudian tersedia pula desain aerodinamis, menjadikannya sangat pas untuk melaju pada kecepatan tinggi. AGV juga memberi komponen sedotan yang bisa terintegrasi botol minum untuk mencegah dehidrasi ketika berkendara jarak jauh.

Terkait pewarnaan AGV Pista GP RR Edition Speciale sangat unik. Dominasi warna hitam, namun ada kombinasi oranye di beberapa bagian, termasuk visor. Soal harga, salah satu helm termahal di dunia ini dijual 1.699 USD atau setara Rp 25 jutaan.

6. Hedon Heroine Racer Metallic Python

helm termahal di dunia hedon racer
Pewarnaan di Helm Hedon ini begitu unik seperti kulit ular.

Buat kamu yang belum tahu, Hedon terkenal dengan gaya klasiknya. Desain helm motor ini begitu licin dan tanpa sudut. Khusus versi Heroine Racer Metallic Pythone, tampilannya sangat pas untuk kuda besi cafe racer seperti Kawasaki W175 Cafe. Meski berjenis Full face dengan visor, tapi kesan retro sangat terpancar.

Baca juga  7 Helm Retro Terbaik di Bawah Rp 300 Ribuan

Pewarnaan yang dipakai juga sangat beda, menyerupai kulit ular piton. Bicara banderol, Hedon Heroine Racer Metallic Pyhtone masuk ke dalam helm termahal di dunia yang dijual 839 Euro, kalau dikurs ke mata uang Indonesia menjadi Rp 14 jutaan.

7. Schuberth C4 Pro Carbon

helm schuberth c4 pro carbon
Penunggang motor banyak tidak mengenalnya, lantaran helm ini lebih populer untuk pembalap Formula 1.

Helm Schuberth memang dikenal untuk Formula 1, namun mereka juga memproduksi buat naik motor. Walau demikian teknologi balap mobil tetap diterapkan sehingga dari sisi kenyamanan dan keselamatan, salah satu helm termahal di dunia ini sungguh terjamin.

Salah satu buktinya, kamu bisa lihat di Schuberth C4 Pro Carbon. Helm motor ini menggunakan material carbon fiber yang sangat ringan. Ada pula antikabut dan sirkulasi udara terbaik.

Kemudian Schuberth mengklaim C4 Pro Carbon merupakan satu-satunya helm berbahan carbon fiber yang sudah dilengkapi sistem komunikasi sebagai opsi. Dengan demikian sangat mudah berinteraksi dengan pengendara lain ketika touring. Bicara harga, Schuberth C4 Pro Carbon dijual 829 Euro atau setara Rp 14 jutaan.

8. BMW Heads Up Helmet

P90206808 bmw motorrad concept helmet with head up display

Helm termahal di dunia berikutnya ada BMW Heads Up Helmet dengan badnerol kisaran Rp 25 jutaan. Yang membuat harga helm ini tergolong mahal adalah desain dari helm ini memiliki sistem HUD (Head Up Display), yang mampu menampilkan informasi kepada pengendaranya.

Selain itu, pengendara juga dapat memantau kamera depan maupun belakang secara mudah dengan menggunakan HUD yang terdapat pada helm ini. Kalau bicara desain, tentu BMW HEads Up Helmet ini terlihat kokoh dan elegan.

9. Shark Race-R Pro GP

Berikutnya ada helm Shark Race-R Pro GP dengan harga Rp 15 jutaan. Selain kualitas dan desain, yang memb uat helm ini mahal adalah pernah digunakan oleh pembalap MotoGP Jorge Lorenzo saat ajang MotoGP.

Keunggulan helm ini terletak pada desain yang memaksimalkan aerodinamika dari pengendara, yang tidak akan menghambat ketika pengendara sedang balapan. Selain itu, helm ini dibuat dari bahan carbon dan anti pecah sehingga akan ringan ketika digunakan oleh pengendara.

10. Shoei X-12 Daijiro

m84678287829 1

Shoei X-12 Daijiro juga bisa menjadi salah satu kategori helm yang banderolnya cukup mahal di kantong, yaitu kisaran Rp 14 jutaan.

Baca juga  Shark EVO GT Helm Touring Anti Gerah

Shoei X-12 Daijiro merupakan seri dari Shoei yang diluncurkan untuk memperingati 10 tahun kematian Daijiro Kato. Desain helm ini memiliki motif yang menarik.

Helm yang dengan harga Rp 15 jutaan ini dibekali dengan berbagai fitur seperti auto release ketika sedang darurat, dry 3D mx, sirkulasi aero edge, serta perlindungan untuk CW-1.

11. Schuberth SR1

image 9 1

Schuberth SR1 dijual dengan harga kisaran Rp 12 jutaan. Helm ini memiliki tampilan gagah dengan carbon fiber dengan balutan kelir hitam.

Bagian dalam pada helm ini memakai bahan coolmax serta busa EPS yang bekerja maksimal meredam suara. Sirkulasi udara pada helm ini juga sangat optimal bagi para pengendara.

Helm Termahal di Dunia Seharga Miliaran Rupiah

helm lelang motogp
Istimewa karena helm AGV ini ditandatangani 12 pembalap MotoGP

Kalau bahasan sebelumnya tentang helm termahal di dunia yang harganya puluhan juta, kini kami bakal membeberkan helm seharga miliaran. Apakah ada?

Jika cuma helm baru yang dijual bebas, tentu puluhan juta sudah mahal. Namun kalau bicara helm spesial dengan jumlah cuma satu unit dan dijual untuk acara tertentu, maka miliaran rupiah sangat mungkin.

Contohnya helm lelang pada tahun 2014 yang diinisiasi oleh Asosiasi Antikanker Spanyol atau AECC dan Riders For Health sukses terjual 278.000 USD atau setara Rp 3,8 miliar. Kenapa bisa mahal?

Pertama basisnya adalah helm AGV, kemudian dibubuhi tanda tangan 12 pembalap MotoGP. Ada Giacomo Agostini, Angel Nieto, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Márquez, Dani Pedrosa, Wayne Rainey, Loris Capirossi, Alex Criville, Wayne Gardner, Scott Russell, dan Randy Mamola. Ditambah lagi ada lisensi dari CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. Orang yang beruntung bisa membeli helm tersebut adalah CEO CWM FX yaitu Anthony Constantinou.

Helm termahal di dunia selanjutnya datang dari ajang Formula 1. Lagi-lagi dari hasil lelang pada tahun 2013, namun kali ini milik Sebastian Vettel. Helm pembalap Finlandia tersebut sukses terjual 118 ribu USD, setara Rp 1,4 miliar. Dana yang terkumpul digunakan untuk lembaga amal yang meneliti cedera tulang belakang.

Itulah tadi bahasan tentang helm paling mahal yang ada di muka bumi. Tertarik punya? Atau jangan-jangan mendengar harganya saja bikin kamu mengelus dada?

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika