Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Komparasi BAIC X55-II vs Hyundai Creta Alpha, Mending Mana?

by Tigor Sihombing
Komparasi BAIC X55-II vs Hyundai Creta Alpha

Kali ini Moladin akan mengulas komparasi BAIC X55-II vs Hyundai Creta Alpha. Sebagaimana kita letahui, kedua model ini sama-sama menempati kelas compact SUV.

BAIC Sendiri merupakan produsen mobil asal Cina yang masuk ke Indonesia pada 28 Maret 2024 lalu melalui PT JIO Distribusi Indonesia.

Beijing Automotive Group Co., Ltd. alias BAIC sudah berdiri di Cina sejak tahun 1958, bermarkas di kota Beijing. Produsen mobil ini yang terbesar ke-lima di Cina.

BAIC di Indonesia akan membawa dua line up kendaraan mereka yaitu BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X55-II. Nah model yang terdekat dengan kompak SUV Hyundai Creta adalah model BAIC X55-II.

Hyundai sendiri baru saja merilis model terbaru untuk Creta yakni varian Aplha. Model ini diperkanalkan perdana di ajang International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Februari lalu. Berikut ulasan lengkap komparasi BAIC X55-II vs Hyundai Creta Alpha

Dimensi BAIC X55 II Lebih Besar

BAIC X55 II hadir dengan desain yang stylish dam modern. Mngusung model lampu LED berdesain tajam dengangaris body yang aerodinamis. Pada Gril BAIC X55-II menggunakan desain Crystal Diamond Interstellar yang tampilannya menarik di tambah aksen krom menambahkan sentuhan elegan pada keseluruhan desain.

Tidak hanya itu desain mewah juga terpancar dari handle pintu yang mengusung konsep hidden door handles, gagang pintu ini berkonsep automatically pop out ice break mode, dimana gagang akan masuk rata body jika mobil tidak beroprasi.

Secara global BAIC X55 II memiliki tiga type yakni Fashion, Honor, dan Luxury. Fashion dan Honor menggunakan kaki-kaki ukuran 225/60 R18, sedangkan Luxury 225/55 ring 19.

Baca juga  Tekan Dampak Covid-19, Hyundai Produksi Oksigen di Indonesia

Sedangkan Hyundai Creta Alpha berdesain khas layaknya Hyundai Creta lain yang hadir mengusung desain gagah dan elegan, dengan kaki-kaki memakai velg alloy ukuran 17 inci.

Karena sudah hadir lebih dulu, Hyundai Creta Alpha dibekali dengan pilihan warna yang komplet yaitu Optic White Matte, Magnetic Silver Matte, dan Midnight Black Matte.

mobil baru januari - maret untuk lebaran 2024
Hyundai Creta Alpha

Pilihan warna baru ini pun menjadikan Creta Alpha sebagai SUV pertama di kelasnya yang menggunakan warna matte.

Setiap pilihan warna punya tampilan luar kendaraan yang seragam, jadi seluruh elemen eksterior mulai dari atap, roof rail, door handle, skid plate, c-pillar garnish, hingga body kit bagian depan, samping, dan belakang, mengusung konsep monokrom.

Secara dimensi BAIC X55 II memilioki Panjang 4.620mm, Lebar 1.886mm, dan Tinggi 1.680 mm serta jarak sumbu roda 2.735 mm. Sedangkan Hyundai Creta jauh lebih ringkas yakni panjang 4315 mm, lebar 1790 mm dan tinggi 1630 mm, serta sumbu rodanya 2.610 mm.

Interior

Pada interior BAIC X55 II dijejali dengan kabin modern yang futuristik dan berkelas.

Terlihat adanya panoramic roof yang sangat besar mencakup dari kabin depan sampai belakang.

Model ini juga menggunakan first class cabin seats yang memiliki fitur pemanas, ventilation, dan electric lumbar support yang memberikan pengalaman kemewahan dengan penggunaan kursi berkelas.

Sedangkan pada Hyundai Creta Alpha terbaru di bagian interior, headlining atau plafonnya menggunakan warna hitam. Lantas di bagian jahitan dan piping dari jok, setir dan doortrim diberi warna merah untuk memberikan kesan dinamis.

Baca juga  Hyundai Resmi Jual All New Palisade di Indonesia

Ketika membuka pintu, Creta Alpha menghadirkan door spot lamp dengan logo Creta Alpha yang menyorot ke bagian bawah pintu.

Di bagian jok dan karpet juga diberi aksen bordiran ciri khas Creta Alpha. Model ini juga terdapat panoramic roof yang membentang dari pilar depan hingga belakang.

Fitur

Creta Alpha juga dilengkapi fitur canggih Hyundai SmartSense untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi pengguna dalam menjalani mobilitas. Fitur Hyundai SmartSense di CRETA Alpha meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat memberi peringatan jika ada potensi tabrakan dari depan.

Lalu, ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang memonitor dan memperingati pengendara akan bahaya benturan di blind spot area yang berguna saat parkir paralel. Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) turut hadir membantu pengguna untuk mendeteksi objek atau kendaraan lain yang mendekat ketika mobil akan melaju mundur.

Ada juga Lane Following Assist (LFA) yang membantu pengendara untuk tetap berada di jalur aman dan Lane Keeping Assist (LKA) yang memberi peringatan ketika kendaraan melenceng dari jalur yang seharusnya.
Creta Alpha juga dilengkapi Driver Attention Warning (DAW) yang mampu menilai dan menganalisa cara mengemudi pengguna, dan Safe Exit Warning (SEW) untuk memonitor area blind spot agar penumpang bisa turun dengan lebih aman.

Sedangkan BAIC X55 II juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan modern seperti airbag, ABS+EBD, TPMS, radar belakang, dan masih banyak lagi. Selain fitur keamanan, X55 II juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti panoramic sunroof, head unit layar sentuh, serta Keyless entry & push start button untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan sehari-hari.

Baca juga  Ini Cara Hyundai Tingkatkan Kandungan Lokal Mobil Listrik di Indonesia

Performa BAIC X55 II Lebih Unggul

Soal mesin dan harga, Harga Hyundai Creta Alpha tembus Rp 421.800.000 (OTR Jakarta). Sedangkan BAIC X55 II meski belum diumumkan secara pasti, dari rumor yang beredar mobil China ini akan dipasarkan dengan rentang harga Rp 300-500 jutaan.

Terkait mesinnya, Hyundai Creta Alpha mengadopsi teknologi Smartstream 1.5L yang dilengkapi Intelligent Variable Transmission (IVT). Di atas kertas tenaga maksimum hingga 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi puncak mencapai 143,8 Nm/4.500 rpm.

Sedangkan performa BAIC X55 II jauh lebih unggul mobil berpenggerak roda depan (FWD) ini disokong mesin yang disebut MAGIC-CORE, dengan konfigurasi 4 silinder, 16 valve, 1500cc DOHC Turbocharger.

Mesin tersebut merupakan buah kerjasama BAIC Motor dengan META Engineering dari Jerman, yang terkenal sebagai pemasok mesin dan teknologi tinggi lainnya kepada merk-merk otomotif ternama di dunia.

BAIC X55-II dilengkapi dengan transmisi 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) yang mendapatkan penghargaan sebagai China Top-Ten Transmission. BAIC X-55 II memiliki kemampuan 175 Hp dan tenaga 300 Nm, sehingga mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 7 detik.

Demikian ulasan Komparasi BAIC X55-II vs Hyundai Creta Alpha. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika