Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Aston Martin AMB 001 Pro, Superbike Berbanderol Setara Mercy EQS 450+ AMG Line

by Ivan
Spesifikasi Aston Martin AMB 001 Pro

Tidak banyak pabrikan otomotif roda empat dunia yang bisa menciptakan versi motor seeksotis mobil-mobil buatannya. Namun Aston Martin terbukti mematahkan hal tersebut. Ini dia spesifikasi Aston Martin AMB 001 Pro yang hadir dalam kesempurnaan di setiap detailnya.

Kehadiran Aston Martin AMB 001 Pro telah menarik perhatian para antusias roda dua di seluruh dunia sejak debut perdana tahun 2019. Penampilan keduanya yang lebih megah ialah pada event EICMA 2022 di Milan, Italia.

Kini, mahakarya yang legendaris ini telah mendarat di Indonesia, edisi ke 88 dari 88 unit yang dibuat secara eksklusif di seluruh dunia. Dipamerkan oleh showroom motor mewah 2Wheelers yang bermarkas di Jalan Arteri Pondok Indah, Kebayayoran Lama, Jakarta Selatan.

Aston Martin AMB 001 Pro bukanlah sekadar motor biasa. Dibuat oleh perusahaan legendaris Aston Martin yang dikenal karena prestise dan kualitasnya dalam dunia mobil mewah dan balap, motor ini merupakan kolaborasi yang luar biasa antara Aston Martin dan Brough Superior, produsen legendaris sepeda motor dari Inggris. Kolaborasi ini membawa pengalaman luar biasa dari dua dunia, dengan hasil yang memukau: Aston Martin AMB 001 Pro.

Spesifikasi Aston Martin AMB 001 Pro adalah perpaduan antara keahlian teknis dan desain khas Aston Martin dan pahatan tradisional besutan Brough Superior. Sebagai warisan desain dan DNA balap dari hypercar Aston Martin Valkyrie AMR Pro.

Desain Aston Martin AMB 001 Pro

Desain Aston Martin AMB 001 Pro terlihat eksotis
Desain Aston Martin AMB 001 Pro terlihat eksotis pakai pelek serat karbon

Tak butuh banyak pengakuan, garis bodi superbike Aston Martin AMB 001 Pro mudah bikin mata terbelalak. Terlebih yang satu ini hadir dalam balutan warna hijau metalik yang identik dengan warna jubah sang hypercar.

Motor ini menggunakan suspensi depan model garpu aluminium tipe Fior dan lengan ayun aluminium die-cast di bagian belakang. Sementara urusan velg pakai velg khusus berbahan serat karbon, dan untuk meredam laju menggunakan cakram depan ganda 320 mm dan rem cakram tunggal berdiameter 230 mm di belakang.

Desain fairing depan tetap yang terbuat dari serat karbon dan komposit lainnya. Alhasil bobot keringnya tetaplah ringan hanya 175 kg. Dengan garis-garis aerodinamis yang khas, bahan-bahan premium, dan detail-detail mewah, AMB 001 Pro memancarkan keanggunan dan sekaligus kekuatan.

Spesifikasi Mesin Aston Martin AMB 001 Pro

Mesin V-twin 997cc
Mesin V-twin 997cc

Ditenagai oleh mesin V-twin 997cc dengan kemampuan mencapai 225 tenaga kuda. Mesin ini dikawinkan dengan girboks 6 percepatan melalui slipper clutch sehingga membuat siapapun yang menungganginya mampu merasakan akselerasi yang luar biasa dengan handling yang presisi.

Urusan mesin ini ditawarkan dalam spesifikasi tunggal. Seperti inspirasinya, AMB 001 Pro menghadirkan performa di trek yang ekstrem, menawarkan peningkatan tenaga sebesar 25% dibandingkan pendahulunya, dengan tenaga 225 hp yang menghasilkan rasio tenaga terhadap berat sebesar 1,28 hp/kg, mirip dengan mobil Formula One.

Didukung sasis karbon yang ringan, suspensi adjustable, serta rem karbon keramik menjadikan pengalaman berkendara dengan AMB 001 Pro sangatlah istimewa. Sebab setiap elemen dirancang dengan cermat untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara, tanpa mengorbankan performa.

Berapa Harga Superbike Aston Martin AMB 001 Pro?

Banderol motor ini tembus Rp 3 miliar
Banderol motor ini tembus Rp 3 miliar

Dengan sederet keunggulan dan eksklusivitas yang ditawarkan, Aston Martin AMB 001 Pro dijual dengan kisaran harga 200.000 Euro (Rp 3,4 miliar). Angka ini terbilang fantastis karena bisa dipakai untuk menebus 9 unit Mitsubishi Xpander tipe Ultimate CVT berbanderol 315,9 juta.

Sementara jika dibanding dengan salah satu mobil listrik mewah saat ini. Harga Aston Martin AMB 001 Pro cukup setara jika dibandingkan dengan harga Mercedes-Benz EQS 450+ AMG Line yang diniagakan Rp 3,41 miliar. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika