by

Yamaha Tracer 9 GT Meluncur, Buat Penggila Touring!

Motor touring, Yamaha Tracer 9 GT resmi meluncur di Jepang. Produk ini sesungguhnya berbagi basis dengan MT-09. Hanya saja mendapat berbagai revisi, sehingga lebih pas untuk perjalanan jauh. Banderolnya 1.452.000 yen atau setara Rp 190 jutaan.

Kalau melihat di atas kertas, dimensinya lebih bongsor dari MT-09 terbaru. Spesifikasi panjangnya 2.175 mm, lebar 885 mm, dan tinggi 1.430 mm. Walau demikian yang menarik, jok Tracer 9 GT sama tingginya dengan versi telanjang yaitu 825 mm. Bahkan Yamaha memberi pilihan jok rendah dengan spesifikasi cuma 810 mm.

Ubahan lain, jarak sumbu roda dibuat lebih panjang dengan 1.500 mm. Hal ini untuk membuat manuver saat menikung pada kecepatan tinggi semakin menyenangkan.

Pembeda berikutnya dari MT-09 adalah panel instrumen full-colour TFT berukuran 3,5 inci yang ada di sisi kiri dan kanan. Tampilannya jadi seperti terbagi dua. Panel instrumen unik itu mampu menampilkan tachometer, konsumsi BBM, suhu mesin, suhu udara, dan posisi gigi transmisi.

Tidak cuma itu, berbagai fitur spesial touring juga dihadirkan untuk Yamaha Tracer 9 GT. Sebut saja cornering lamp, dudukan untuk boks samping, hingga windshield yang bisa diatur ketinggiannya dengan jarak hingga 5 mm.

Baca juga  Yamaha Aerox 155 Vs Honda Vario 150, Mana Lebih Baik?

Mau tahu spesifikasi lengkap dari motor touring ini? Simak tulisan dibawah:

Aksesori Khas Touring Menempel di Yamaha Tracer 9 GT

yamaha tracer 9 gt 001
Motor touring, Tracer 9 GT ini memiliki berbagai aksesori dan fitur yang nyaman untuk perjalanan jauh

Salah satu yang membuat spesifikasi Yamaha Tracer 9 GT sungguh mumpuni untuk touring adalah kemunculan berbagai aksesori. Ambil contoh windshield depan tinggi yang mencegah angin depan menerpa langsung tubuh pengendara.

Kemudian Yamaha juga menyediakan opsi pijakan kaki, setang, hingga jok dalam posisi berbeda. Semua itu bisa disesuaikan dengan tinggi badan serta kenyamanan berkendara dari pemiliknya.

Tambahan lain, setang motor touring ini memiliki penghangat yang bisa diatur dalam 10 tahap. Alhasil mampu membuat tangan tetap hangat di musim dingin.

Yamaha Tracer 9 GT juga dilengkapi cornering light. “Kami memberikan cornering lamp terbaru yang bisa menyala ketika ada titik buta 7 derajat saat kecepatan berkendara minimal 5 km/jam. Cornering lamp akan bersinar semakin terang ketika area yang dilewat semakin gelap, cocok untuk membantu pencahayaan saat berkendara malam hari,” seperti dikutip dari rilis resmi Yamaha Jepang.

Performa Mesin Buas Tiga Silinder 888 cc

yamaha tracer 9 gt 002
Tracer 9 GT pakai mesin yang serupa MT-09 terbaru

Walau tampilannya adalah motor touring, namun jangan remehkan performa mesin Yamaha Tracer 9 GT. Bagaimana tidak? Spesifikasi jantung mekanisnya persis dengan MT-09.

Baca juga  7 Kekurangan Yamaha XSR 155, Ketahui Sebelum Beli

Di atas kertas, motor yang nyaman untuk perjalanan jauh ini menggunakan kubikasi 888 cc dengan konfigurasi tiga silinder. Mesin itu mampu melontarkan torsi puncak 93 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 120 PS pada 10.000 rpm. Sementara transmisinya menggunakan 6-percepatan manual.

Hadir pula berbagai fitur menarik untuk menunjang kenyamanan berkendara, seperti mode berkendara atau D-Mode. Tersedia empat mode: 1,2,3,4 yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Yamaha juga memberi quick shifter yang memudahkan perpindahan gigi naik tanpa menekan kopling. Lalu hal menarik lain, muncul cruise control yang membuat pengendara bisa membuat motor melaju pada kecepatan tertentu tanpa perlu lelah menekan kopling dan putar selongsong gas.

“(Cruise control) ini bisa diatur saat melaju dalam gigi 4 dan kecepatan 50 Km/jam atau lebh tinggi,” beber laman resmi Yamaha Jepang.

Fitur cruise control tersebut juga menyediakan tombol yang bisa ditekan untuk meningkatkan kecepatan atau mengurangi kecepatan. Bila kamu ingin menonaktifkan, cukup putar gas, injak rem, atau tekan kopling.

Baca juga  7 Kekurangan Yamaha Nmax Terbaru, Cek Sebelum Beli

Istimewa bukan? Hanya saja jangan terlalu berharap Yamaha Tracer 9 GT masuk Indonesia dalam waktu dekat. Pasalnya MT-09 versi terbaru yang ada di pasar otomotif global saja belum muncul di Tanah Air. Jadi harus bersabar!

Terbaru