by

5 Penyebab RX King Kurang Tenaga

Jika kamu pengguna Yamaha RX King dan mengalami drop tenaganya, kamu perlu membaca ulasan penyebab RX King kurang tenaga ini.

Sepeda motor yang mengalami masalah teknis itu sudah biasa, biar bagaimanapun sepeda motor juga merupakan buatan manusia yang punya usia masa pakai.

Ada kalanya mesin motor akan mengalami masalah. Seperti Yamaha RX King yang usianya juga sudah lumayan tua.

“Yang namanya motor sudah berusia tua, pasti ada saja gangguannya. Umur setiap komponen juga mesti jadi perhatian penggunanya. Ya setidaknya dalam jangka waktu tertentu ya pasti harus ada penggantian,” ujar Rudi Setiawan penggawa dari Speed of King.

Tidak hanya soal usia, perawatan komponen yang kurang perhatian juga bisa menyebabkan motor akan bermasalah. Untuk itu, guna mendapatkan performa motor yang baik harus dilakukan perawatan pada sekua komponen motor.

Dalam kesempatan ini, Rudi menyampaikan ada 5 hal yang jadi penyebab RX King kurang tenaga yang harus kamu ketahui.

1. Busi kotor jadi penyebab RX King kurang tenaga

Penyebab RX King Kurang Tenaga
Busi kotor bikin tarikan loyo

Busi merupakan komponen penting bagi setiap motor. Komponen ini bekerja sebagai pemantik api untuk pembakaran di ruang mesin sebuah sepeda motor.

Ketika busi ini kotor atau bahkan sudah rusak, tentunya pembakaran di ruang mesin Yamaha RX King tidak akan berjalan dengan maksimal.

Baca juga  7 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Mio M3

“Ketika pembakaran kurang maksimal, maka tarikan motor bakal berkurang. Gejalanya tarikan brebet karena api yang dihasilkan enggak maksimal,” ujar Rudi.

Untuk itu, Rudi menyarankan agar saat melakukan servis motor komponen busi jadi hal yang penting untuk dilakukan pengecekan dan lakukan penggantian jika sudah rusak.

2. Karburator bermasalah

Penyebab RX King Kurang Tenaga
Karburator yang bermasalah bikin RX King kurang bertenaga

Selain kondisi busi, kondisi karburator yang mengalami masalah bisa jadi penyebab RX King kurang tenaga atau loss power.

Masalah pada karburator ini biasanya disebabkan oleh kondisi piston karbu yang sudah baret atau jarum skep karbu yang bengkok. Kondisi ini akan membuat tenaga motor 2-tak seperti RX King jadi loyo.

“karbu kan fungsinya memasok bahan bakar yang sudah dicampur dengan udara ke ruang pembakaran. Kalau karbu bermasalah, pasokan bahan bakar ke ruang bakar enggak bakalan maksimal. Jadi tenaga ngelos,” ujar Rudi.

Untuk masalah ini, Rudi menyarankan sebaiknya pada bagian komponen karburator yang rentan bermasalah harus dilakukan pengecekan secara berkala dan teliti. Sebab, jika satu komponen saja bermasalah akan menyebabkan masalah pada komponen lainnya.

3. Campuran oli dan bahan bakar tidak tepat

Penyebab RX King Kurang Tenaga
jarang ganti oli bikin tenaga sang raja jadi drop

Untuk sepeda motor dengan jenis mesin 2 tak, dibutuhkan bahan bakar yang dicampur dengan oli khusus. Jika pencampuran oli dan bahan bakar ini tidak sesuai, maka dapat menyebabkan tenaga mesin motor berkurang.

Baca juga  Yamaha MT-09 Terbaru, Semakin Buas!

“Banyak motor RX King yang sudah tidak menggunakan tabung oli untuk pencampuran bahan bakar. Kondisi seperti ini jelas merugikan bagi pemilik motor. Sebab jika pencampuran oli tidak sesuai akan menimbulkan berkurangnya tenaga dari mesin motor,” imbuh Rudi.

Sementara, untuk ganti oli mesin juga mesti diperhatikan. Rudi menyampaikan, penggantian oli mesin harus secara berkala. Jika penggantian tidak dilakukan secara tepat maka bisa menyebabkan tenaga motor jadi berkurang.

Sebab, ketika oli motor tidak diganti bisa saja volumenya sudah berkurang atau kotor akibat residu bekas gesekan komponen mesin. Tentu ini akan menghambat kinerja pada sektor mesin.

4. Filter udara kotor

Penyebab RX King Kurang Tenaga
kalau filter udara kotor tenaga jadi tidak maksimal

Kondisi filter udara yang kotor juga dapat menimbulkan berkurangnya tenaga pada mesin sepeda motor.

Tugas dari filter udara adalah udara yang bersih ke karburator dan menyuplai kembali ke ruang pembakaran.

“Jelas kalau filter udara tidak bersih maka akan mengirimkan udara kotor ke bagian karburator. Ya tentu saja, bakalan menyebabkan udara yang dicampur dengan bahan bakar ke ruang pembakaran tidak maksimal akhirnya akan menyebabkan tenaga mesin motor nge-drop,” pungkas Rudi.

Baca juga  Suzuki GSX-S1000 Terbaru, Ini Bocoran Ubahannya!

5. Setelan rantai kendor

Penyebab RX King Kurang Tenaga
pastikan setelan rantai sudah pas supaya performa motor tetap baik

Tidak cuma masalah pada komponen bagian area mesin saja, yang menyebabkan tenaga motor berkurang. Setelan rantai yang kendor juga bisa jadi penyebab RX King kurang tenaga.

Setelan rantai motor harus benar-benar pas karena selain dapat membuat tenaga motor berkurang akan menyusahkan pengguna motor itu sendiri di jalan.

“Rantai juga penting diperhatikan kalau setelannya enggak pas atau kendor maka tenaga motor bakalan berkurang. Selain itu bisa nyusahin juga di jalan. Bayangin kalau tiba tiba rantai lepas atau malah putus di jalan pasti nyusahin banget deh,” papar Rudi.

Dalam hal ini, Rudi menyarankan kepada pengguna Yamaha RX King untuk memperhatikan setiap komponen motor. Baik dari sisi perawatan dan penggantian komponen yang telah rusak.

“Ya lebih diperhatikan saja deh untuk beberapa kom[ponen yang sudah mulai ada gejala rusak. Mending secepatnya dilakukan penggantian supaya enggak merembet ke komponen lainnya,” pungkas Rudi.

Nah itu tadi 5 hal yang jadi penyebab RX King kurang tenaga. Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru