by

Review Yamaha Xmax, Motor Matik 250 cc Termurah

Review Yamaha Xmax – Motor memang jadi tunggangan andalan bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Terlebih untuk motor matik, kepraktisannya disebut paling pas dalam menembus padatnya lalu lintas.

Pabrikan roda dua di Indonesia pun berlomba-lomba menghadirkan motor matik dengan kualitas terbaik untuk para pengendara di tanah air. Salah satu pabrikan motor yang disukai penduduk Indonesia adalah Yamaha.

Merek garputala hadir dengan berbagai pilihan motor matik untuk memenuhi keinginan pasar. Salah yang paling banyak digemari adalah segmen Maxi. Kenapa? 

Selain praktis, motor Maxi dianggap punya kebanggaan tersendiri saat ditunggangi. Bodi bongsor, performa mantap, dan fitur modern jadi alasannya. Di antara produk Maxi Yamaha yang dijual di Indonesia,  Xmax 250 termasuk menarik untuk dilirik.

Harga Yamaha Xmax 250 termasuk paling murah, cuma Rp61 jutaan. Bandingkan dengan Honda Forza yang dijual Rp83 jutaan. Gapnya sangat jauh bukan?

Dengan Yamaha Xmax 250 yang terjangkau itu, apakah motor matik ini layak dibeli? Untuk jawabannya, simak review Yamaha Xmax 250:

Review Harga Yamaha XMax 250

Harga Yamaha Xmax 250 paling terjangkau
Harga yamaha xmax 250 paling terjangkau di Indonesia, dilihat pula dari spesifikasi, performa mesin, dan fitur

Kenapa harga Yamaha Xmax 250 pabrikan garputala bisa murah? Bahkan lebih terjangkau dibanding produk Tiongkok sekalipun. Tidak percaya?

Coba cek harga Kymco Downtown 250i dan SYM GTS 250i. Harga keduanya ada di kisaran Rp67 jutaan. Sementara Yamaha Xmax 250 cuma Rp61 jutaan. Apa sih yang membuatnya murah?

Bila melihat dari lokasi produksi, Xmax 250 merupakan produk yang dibuat lokal di Indonesia. Jadi tidak perlu ada ongkos kirim, pajak impor, dan lain-lain. Oleh karenanya, banderolnya bisa sangat murah.

Para kompetitor di kelas motor matik 250 cc, hampir semuanya produk impor. Jadi, itulah keunggulan paling besar dari Xmax 250.

Sebenarnya ada rival yang lebih murah, Benelli Zafferano 250. Hanya saja, kalau melihat performa dan fiturnya kalah jauh dari motor Yamaha.

Baca juga  Komparasi Motor Matik Murah; Suzuki Nex II Cross vs Honda BeAT eSP

Performa Mesin Istimewa, Torsi Paling Besar dan Irit

review yamaha xmax 250
Yamaha Xmax sudah dilengkapi fitur keyless untuk menyulitkan maling membobol kendaraan

Review mesin Yamaha Xmax 250, di atas kertas memang istimewa. Jantung mekanisnya pakai teknologi Blue Core 250 cc. Kelengkapan lain adalah Liquid Cooled 4 Valve yang telah dikembangkan untuk akselerasi yang lebih ultimate. Diklaim pula lebih awet dan memiliki daya tahan kuat, lantaran pakai Forged Piston & DiASil Cylinder.

Segudang teknologi canggih itu, mampu membuat performa mesinnya istimewa. Torsi puncak yang dihasilkan 24,3 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 22,5 hp pada 7.000 rpm. Padanannya sistem transmisi CVT.

Khusus torsi, performa mesin Xmax paling hebat dari kompetitor. Bandingkan saja dengan lawan-lawannya, seperti Kymco Downtow 250i yang cuma mampu menghasilkan 23,14 Nm pada 6.000 rpm. SYM GTS 250i bahkan hanya sanggup menggelontorkan 22,7 Nm.

Torsi Benelli Zafferano dan Honda Forza 250 juga tidak sanggup mengalahkan kuda besi Yamaha. Masing-masing cuma bisa memuntahkan 20,83 Nm dan 24 Nm.

Walau punya torsi besar, Xmax tetap nyaman diajak berkendara. Review Yamaha Xmax 250 membuktikan bahwa akselerasinya sangat halus. Alhasil mampu memberikan relaksasi tersendiri untuk penunggangnya.

Meski demikian, ada  yang menganggap akselerasi halus tersebut sebagai kekurangan. Terutama buat mereka yang menginginkan jambakan performa saat selongsong gas diputar!

Soal konsumsi bahan bakar, Xmax terbilang irit untuk kelas matik 250 cc. Melewati kondisi jalan yang bervariasi, mesinnya bisa menghemat hingga 28 Kpl.

Spesifikasi Mesin Yamaha Xmax 250

SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Single Dry Clutch
TIPE TRANSMISI Full Automatic
TIPE MESIN Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
JUMLAH / POSISI SILINDER Single Cylinder
DIAMETER X LANGKAH 70,0 x 64,9 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 10.5±0.4 : 1
DAYA MAKSIMUM 16,8 Kw/7000rpm
TORSI MAKSIMUM 24,3 Nm/5500rpm
SISTEM STARTER Electric Starter
SISTEM PELUMASAN Wet Sump
KAPASITAS OLI MESIN Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L
Baca juga  3 Kelebihan Yamaha Aerox 155 S Version

Fitur Modern yang Cukup

Yamaha Xmax 250
Pilihan warna motor ini ada empat: merah, hitam, silver, dan biru

Yamaha XMax juga mengutamakan keselamatan karena menggunakan teknologi TCS atau (Traction Control System). Fitur ini dirancang untuk mengurangi risiko ban anti selip di semua kondisi jalan saat akselerasi.

Dilengkapi juga dengan hazard lamp yang berfungsi untuk memberikan tanda kendaraan darurat. Lampu depan dan belakangnya pun sudah pakai LED yang hemat daya, serta membuat visibilitas berkendara lebih baik di malam hari. Makin aman karena menggunakan sistem pengereman cakram di roda depan dan belakang.

Kenyamanan pengendara pun menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Motor ini juga dilengkapi dengan windshield yang dapat disesuaikan oleh pengendara secara manual. Ini tentu mampu memberikan kenyamanan berkendara optimal, terlebih untuk menghalau terjangan angin depan saat riding.

Belum selesai, Maxi scooter yang satu ini punya Electric Power Socket. Fitur tersebut berguna mengisi daya gadget pengendara. Jadi tidak perlu bingung lagi kalau smartphone kehabisan daya. Electric power socket juga bisa dijadikan sumber daya untuk peranti navigasi.

Yamaha XMax ini juga memiliki bagasi yang ekstra luas serta dilengkapi dengan lampu LED. Bagasi ini mampu menyimpan hingga 2 helm full face ukuran XL.

Review fitur Yamaha Xmax 250 selanjutnya membahas soal kemanan dari maling. Kamu tidak perlu khawatir, lantaran sudah ada sistem keyless lengkap dengan immobilizer. Terutama immobilizer, fitur tersebut memastikan hanya remote bawaan pabrik yang bisa dipakai mengaktifkan mesin.

Ada pula Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi motor yang diparkir. Speedometernya analog yang dikombinasikan  dengan MID (Multi Information Display) yang sangat informatif untuk pengendara.

Review Desain Yamaha Xmax 250

spesifikasi xmax 250
Yamaha Nmax merupakan rival dari Honda Forza 250

Siapa yang tidak tergiur dengan tampilan motor ini. Desainnya bongsor dan sportif. Lihat saja penggunaan lampu depan pipih, lekuk-lekuk tubuh yang menyerupai otot, dan ban lebar.

Baca juga  Yamaha XMAX Roma Edition Dijual Rp97 Jutaan, Rayakan Bebas Korona

Khusus kaki-kaki, pakai ban tubeless. Ukuran depan 120/70-15 inci dan belakang 140/70-14 inci. Lalu suspensi depan berukuran besar hadir dengan desain layaknya motor sport. Efeknya diklaim mampu memberikan manuver yang menyenangkan ketika diajak meliak-liuk dalam kecepatan tinggi.

Posisi berkendaranya juga tidak kalah istimewa. Motor ini begitu rileks untuk pengendara. Tubuh dipaksa tegak untuk meningkatkan kontrol dan juga pandangan luas.

Hadir pula dua posisi pijakan kaki yang bisa dimanfaatkan tergantung preferensi pengendara. Ditambah desain jok yang luas dengan kontur ganda pun mampu memberikan kenyamanan maksimal, bukan cuma untuk pengendara tapi pembonceng.

Yamaha XMax 250 memiliki empat pilihan warna: Matte Red, Matte Black, Matte Silver, dan Matte Blue. 

Spesifikasi Dimensi Yamaha Xmax 250

P X L X T 2185mm X 775mm X 1465
JARAK SUMBU RODA 1540mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 135mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 795mm
BERAT ISI 179 KG
KAPASITAS TANGKI BENSIN 13 Liter

Kesimpulan, Layak Dibeli?

yamaha xmax
pilihan warna yamaha xmax

Tentu selain kelebihan, kekurangan Yamaha Xmax 250 juga ada. Sebut saja desain yang bongsor dan bobot berat, membuat kuda besi ini sulit dikendalikan oleh pemula. Terutama saat berada di kemacetan jalan.

Kekurangan lain, posisi joknya juga tinggi yaitu 790 mm. Lebih tinggi dari Honda Forza 250 yang memiliki tinggi jok 780 mm. Hal tersebut membuat pemilik postur 168 cm terpaksa jinjit saat duduk di bangkunya. 

Akselerasinya yang tidak terlalu mengentak juga disebut-sebut jadi kekurangan Xmax 250. Meski demikian, kuda besi ini tetaplah layak untuk dibeli. Terutama karena punya fitur-fitur yang fungsional dalam menunjang kenyamanan berkendara.

Harga motor ini juga murah, bahkan salah satu yang termurah di Indonesia untuk kelas matik 250 cc. Kalau kamu tertarik membeli Yamaha Xmax 250 dengan DP ringan dan berbagai promo menarik lain, langsung klik di sini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru