Perbedaan Cuci Mobil Premium dan Biasa, Treatment Enggak Bisa Bohong

by Tigor Sihombing
Cuci mobil premium bikin kilau lebih optimal?

Cuci mobil premium adalah layanan pencucian kendaraan yang menawarkan tingkat perawatan dan detail yang tinggi, melebihi cuci mobil biasa.

Proses cuci mobil premium dirancang untuk memberikan hasil yang lebih memuaskan serta mempertahankan kebersihan juga estetika kendaraan dalam kondisi optimal.

Beberapa ciri utama dari cuci mobil premium melibatkan penggunaan alat dan bahan berkualitas tinggi, serta proses pembersihan yang lebih detail, tidak hanya pada bagian eksterior tetapi juga pada interior kendaraan.

cuci mobil otomatis

Tempat cuci mobil manual

Sedangkan cuci mobil biasa umumnya mencakup langkah-langkah dasar seperti mencuci, semprot, penggunaan sampo khusus, dan pengeringan.

Rahmat, pemilik cuci mobil Rumah Motor di bilangan Pramuka Jakarta Selatan menjelaskan salah satu langkah kunci dalam cuci mobil premium adalah penggunaan chemical khusus saat melakukan polesan.

“Karena chemical ini dirancang untuk meningkatkan kilau tanpa merusak baret kasar atau membuat swirl pada permukaan bodi. Meskipun proses ini memakan waktu lebih lama, sekitar empat jam, hasilnya jauh lebih memuaskan dan mobil terlihat lebih bersinar dibandingkan dengan cuci mobil biasa,” katanya.

Baca juga  9 Tempat Cuci Mobil 24 Jam Terdekat di Jakarta Barat

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa perbedaan kunci antara cuci mobil premium dan biasa:

1. Menggunakan Alat dan Bahan Berkualitas Tinggi

cuci mobil

Di pasaran banyak dijual merek-merek kompon untuk poles mobil

Cuci mobil premium menggunakan alat dan bahan yang berkualitas tinggi dalam proses pembersihannya. Air yang digunakan telah melalui proses penyaringan untuk menghindari bahan yang dapat menyebabkan karat.

Selain itu shampo yang digunakan juga dirancang khusus untuk membersihkan berbagai bagian mobil, termasuk roda, kolong mobil, dan bodi mobil.

2. Detail Pengerjaan Banyak

cuci mobil

Pada cuci mobil premium, mobil dibilas dengan air bertekanan tinggi dan dilakukan perlakuan khusus seperti pemberian lapisan wax instan untuk melindungi cat mobil lebih lama dan menghilangkan goresan halus.

Proses pembersihan dalam cuci mobil premium melibatkan lebih banyak tahap dan detail.

Setelah mencuci dengan air bersih, mobil diberi shampo dari atap hingga kaki-kaki, dengan proses perendaman untuk melarutkan debu dan kotoran.

Setelah itu, mobil dibilas dengan air bertekanan tinggi dan dilakukan perlakuan khusus seperti pemberian lapisan wax instan untuk melindungi cat mobil lebih lama dan menghilangkan goresan halus.

Baca juga  Sistem Kerja Turbo Wash Layanan Cuci Mobil 3-9 Menit Dari Autoglaze

Pada cuci mobil biasa, proses pembersihan ini umumnya dilakukan hanya sekedar bersih.

3. Pembersihan Interior yang Lebih Mendalam

cucin mobil

Proses detailing mobil

Cuci mobil premium tidak hanya fokus pada pembersihan eksterior, tetapi juga mencakup pembersihan interior yang lebih mendalam. Interior mobil dilap dan di vacuum, dan dilakukan proses ionisasi pada ruang kabin untuk membersihkan bakteri. Hasilnya, kabin mobil tercium lebih harum, bersih, dan menyegarkan.

Meskipun biaya cuci mobil premium lebih tinggi dibandingkan dengan cuci mobil biasa, banyak pemilik mobil yang menganggapnya sebagai investasi yang sepadan.

Kebersihan dan perawatan yang cermat tidak hanya membuat mobil terlihat lebih baik tetapi juga dapat meningkatkan umur kendaraan. Untuk membuat proses cuci mobil premium lebih terjangkau, beberapa workshop menawarkan diskon khusus bagi anggota komunitas atau klub mobil tertentu.

Dengan melakukan cuci mobil premium, pemilik tidak hanya mendapatkan kendaraan yang bersih dan berkilau, tetapi juga dapat memastikan keamanan dan kebersihan mobil tetap terjaga dalam kondisi optimal.

Perbandingan harga cuci mobil premium dan biasa

cuci mobil

Cuci mobil biasa juga ada yang menggunakan hidrolik, biayanya mulai Rp 45 ribu – Rp 75 ribu, menggunakan alat hidrolik untuk memudahkan cuci bagian kolong.

Cuci mobil biasa memiliki opsi yang beragam, dari cuci manual hingga teknologi robotik.

Baca juga  6 Cara Cuci Mobil Yang Benar, Jangan Salah Langkah

Cuci mobil biasa yang dilakukan manual, umumnya dipatok dengan biaya Rp 25 ribu – Rp 50 ribu, terdapat berbagai pilihan layanan, mulai dari cuci body hingga paket lengkap dengan cuci kolong dan mesin.

Kelebihannya, konsumen bisa request area yang perlu diperhatikan. Namun, menggunakan tenaga manusia, terkadang hasilnya kurang optimal.

Cuci mobil biasa juga ada yang menggunakan hidrolik, biayanya mulai Rp 45 ribu – Rp 75 ribu, menggunakan alat hidrolik untuk memudahkan cuci bagian kolong.

Selain itu juga ada cuci mobil robotik, biayanya Rp 80 ribu – Rp 150 ribu, cepat namun kurang detail.

Sedangkan untuk cuci mobil premium, umumnya berkisar antara Rp 150-350 ribu tergantung paket yang ditawarkan.

Demikian ulasan terkait beda cuci mobil premium dan biasa, Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika