Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Kelebihan Neta V 2023 Dibanding Citroen e-C3, Cek Sebelum Beli!

by Firdaus Ali
penjualan neta

Ada beberapa kelebihan Neta V dibanding Citroen e-C3. Salah satunya adalah jarak tempuh yang lebih jauh, yaitu mencapai 401 kilometer. Sementara Citroen e-C3 hanya punya jangkauan 320 kilometer.

Kenapa kami bandingkan keduanya? Neta V dan Citroen e-C3 merupakan mobil listrik yang dibanderol di bawah Rp 400 juta. Keduanya meluncur perdana pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Di GIIAS 2023, kedua mobil listrik tersebut menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung diantara mobil yang tampil. Bukan tanpa alasan, desain eksterior keduanya mirip dengan mobil bensin pada umumnya.

Hal ini menjadi kelebihan karena masih banyak masyarakat Indonesia yang ‘alergi’ dengan mobil berdesain terlalu futuristik. Di mana kalau kita lihat contohnya seperti Wuling Air EV, Seres E1 atau bahkan Ioniq 5 yang tongkrongannya masih asing bagi sebagian orang. Namun sekali lagi, jika bicara desain memang soal selera.

Mau tahu lebih detail soal kelebihan Neta V 2023 dibandingkan Citroen e-C3? Ini penting terutama buat kamu yang ingin meminang mobil listrik:

1. Jarak Tempuh Neta V dari Jakarta hingga Jawa Tengah, 1 Kali Cas Baterai 

Kelebihan Neta V

Jarak tempuh Neta V capai 401 km

Kelebihan Neta V 2023 dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh dengan teknologi HEPT 3.0. Di atas kertas, jarak tempuhnya mencapai 401 Km dalam kondisi baterai penuh. Ini setara perjalanan Jakarta ke Banjarnegara, Jawa Tengah.

Lalu untuk menggerakkan roda, ada motor elektrik di roda depan yang bisa menghasilkan tenaga hingga 70 kW atau setara 93 hp dan torsi puncak 150 Nm. Soal performa akselerasi, mobil listrik ini diklaim bisa melesat dari 0-50 Km/jam hanya dalam 3,9 detik. Sementara kecepatan maksimalnya dibatasi cuma 120 km/jam.

Baca juga  Wuling 4x4 EV Mirip Jimny, Meluncur 2023!

Jarak tempuh serta performa Neta V ini disebut sebagai keunggulan, lantaran lebih baik dari kompetitornya yaitu Citroen e-C3. Bagaimana tidak? Mobil listrik merek Prancis tapi produksi India ini cuma pakai baterai dengan kapasitas 29,2 kWh, sehingga jarak tempuh maksimal cuma 320 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Kemudian motor elektriknya hanya punya tenaga 57 hp atau 43 kW serta torsi puncak mencapai 143 Nm. Selanjutnya, untuk akselerasinya dari 0-60 km/jam, kemungkinan bisa diraih dengan waktu 6,8 detik. Kecepatan tertingginya dibatasi hingga 107 km/jam.

Di samping itu, Neta V juga punya kelebihan lain yaitu waktu cas baterainya cukup cepat. Jika pakai charger type AC dengan kekuatan 6,6 kW, untuk mengisi baterai dari kosong ke penuh, memerlukan waktu 8 jam. Sementara bila menggunakan chrager type DC atau fast charging 100 kW, efeknya pengisian daya baterai mobil listrik ini bisa lebih cepat, dari 30 hingga 80 persen cukup waktu 30 menit.

2. Neta V Sudah Dilengkapi Fitur V2L

Kelebihan Neta V

Sudah dilengkapi fitur V2L

Ada lagi kelebihan Neta V yang tidak dipunya oleh Citroen e-C3, yaitu adanya fitur V2L (Vehicle to Load). Dengan V2L, otomatis bisa menjadikan mobil listrik ini sebagai generator berjalan.

Baca juga  Tesla Model 3 Facelift 2024, Jakarta Sampai Jawa Timur Cuma 1 Kali Cas Baterai!

Hadirnya V2L penting, terutama ketika kamu sedang melakoni road trip ke alam bebas dan camping. Teknologi tersebut bisa membuat Neta V jadi sumber listrik bagi berbagai peralatan elektronik seperti lampu, laptop, dan lain-lain. Total energi listrik yang bisa disuplai oleh mobil listrik merek Cina ini mencapai 3.300 watts.

Mobil listrik dari merek lain yang punya fitur V2L antara lain MG 4 EV dan Hyundai Ioniq 5. Walau demikian, semuanya punya harga di atas Rp 600 jutaan. Sementara Neta V cuma Rp 379 juta (OTR Jakarta).

3. Head Unit Besar Mirip Tesla

Kelebihan Neta V

Head unit berukuran besar

Kelebihan Neta V 2023, punya head unit ukuran besar ukuran 14,6 inci dengan model vertikal mirip kepunyaan Tesla. Jadi ketika masuk interiornya, mobil ini terasa begitu modern.

Menariknya, head unit tersebut juga sudah bisa terintegrasi dengan smarphone baik OS android dan iOS. Ada pula fitur kamera parkir di sana. Kemudian yang tidak kalah istimewa, Neta memberi produknya ini instrumen digital untuk penunjuk kecepatan yang hadir hadir bergaya horizontal berukuran 12 inci.

Bila dibandingkan dengan Citroen e-C3, tentu mobil merek Cina ini jauh lebih modern. Pasalnya SUV listrik asal Prancis cuma memiliki head unit ukuran 10 inci serta berdesain horizontal. Alhasil kurang ada efek kejut, dibanding tampilan interior dari Neta V.

4. Fitur Keselamatan Neta V Lebih Lengkap

kelebihan neta v 2023

Neta V punya fitur keselamatan HSC, ESC, dan AVH

Selanjutnya yang jadi kelebihan Neta V ada di kelengkapan fitur keselamatan. Baik Neta V maupun Citroen e-C3 memang sama-sama sudah dilengkapi fitur keselamatan ABS, EBD, BA, serta ISOFIX. Lalu hadir dua airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama.

Baca juga  Insentif Mobil Listrik Tidak Berlaku di PEVS 2023?

Namun begitu, mobil listrik Neta ini punya tambahan fitur lain yang tidak dimiliki oleh Citroen e-C3. Sebut saja kontrol traksi, electronic stability controler (ESC), auto vehicle hold (AVH), hill start assist control (HSC).

5. Harga Neta V Lebih Murah

Kelebihan Neta V

Neta V dibanderol Rp 379 juta (OTR Jakarta)

Harga Neta V lebih murah jika dibandingkan dengan Citroen e-C3. Saat ini, Neta V dibanderol harga Rp 379 juta. Sementara Citroen e-C3 tembus Rp 395 juta.

Walau demikian, tetap saja sesungguhnya mobil listrik dengan banderol hampir Rp 400 juta sepertinya tetap akan sulit untuk bisa menggantikan mobil bensin. Apalagi saat ini pilihan mobil dengan mesin konvensional masih sangat banyak, sebut saja ada Honda Brio, Toyota Avanza, hingga Daihatsu Sigra yang notabene produk terlaris di Indonesia.

Tapi tetap saja, kehadiran Neta V dengan harga di bawah Rp 400 juta sudah jadi terobosan tersendiri di Indonesia. Utamanya karena memiliki fitur-fitur modern yang jadi kelebihannya seperti sudah disebutkan di atas.

Jika kamu membelinya sekarang, maka Neta mengatakan bakal mengirimkan mobil listriknya ke rumah konsumen paling cepat pada akhir 2023. Jadi harus bersabar ya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika